Tips Membeli Rumah Cash

Ada beberapa tips membeli rumah cash yang harus Anda ketahui agar terhindar dari penipuan. Karena memang membeli rumah langsung lunas secara cash punya risiko tersendiri dibandingkan beli rumah secara kredit atau menyicil sedikit demi sedikit. Pastikan Anda tidak tertipu developer bodong, karena itu berikut kami bagikan 5 tipsnya khusus untuk Anda.

Ini Dia Tips Membeli Rumah Cash Bebas Penipuan

  1. Riset developer
1. Riset developer
1. Riset developer

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset terhadap developer. Cari developer yang terpercaya dan memiliki penawaran paling menarik. Anda bisa mencari tahu sepak terjang dari beberapa kandidat developer yang menjadi pilihan.

Cari tahu bagaimana developer tersebut menangani klien dan juga prospek pembangunannya. Datangi langsung lokasi perumahan tersebut untuk melihat bagaimana pembangunan berjalan. Dengan begitu, Anda dapat menilai secara objektif dan langsung.

  1. Negosiasi dengan developer
2. Negosiasi dengan developer
2. Negosiasi dengan developer

Lakukan negosiasi harga dengan developer. Anda bisa melakukan riset harga pasaran terlebih dahulu sebelum melakukan negosiasi. Mintalah potongan harga sebesar 15% dengan alasan Anda akan membeli rumah secara cash.

Buat argumen yang mendukung tujuan negosiasi Anda. Namun, Anda harus mengingat bahwa negosiasi ini harus dilakukan secara rasional. Jangan meminta potongan dengan jumlah yang berlebihan. Tunjukkan rasa minat terhadap rumah yang akan dibeli.

  1. Buat perjanjian
3. Buat perjanjian
3. Buat perjanjian

Ketika sudah mencapai kesepakatan, tips membeli rumah cash keras yang aman adalah dengan membuat perjanjian. Perjanjian ini merupakan Pra Perjanjian Jual Beli yang dilakukan setelah Anda sudah membayar DP.

Isi dari perjanjian ini biasanya adalah peraturan mengenai perjanjian pembayaran. Fungsi dari dibuatnya perjanjian ini adalah agar tidak ada pihak yang melanggar. Nantinya jika ada salah satu pihak yang tidak menepati peraturan, proses hukum bisa berjalan mudah.

(Baca juga: 8 Contoh Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur dan Garasi)

  1. Jangan beli properti inden
4. Jangan beli properti inden
4. Jangan beli properti inden

Properti inden adalah properti yang harganya ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Biasanya karena hal ini, beberapa orang menjadi berani untuk membeli rumah dengan cash secara langsung. Namun, risikonya terhitung cukup tinggi.

Rumah ini biasanya menjadi lebih murah karena beberapa faktor. Mulai dari urusan dokumen, kegagalan pembangunan, hingga sengketa lahan. Bahkan tak menutup kemungkinan bahwa penjualan properti inden ini adalah modus penipuan.

  1. Budgeting
5. Budgeting
5. Budgeting

Budgeting adalah hal paling penting ketika akan membeli rumah baik secara kredit maupun cash. Anda perlu mengatur keuangan agar tidak berpengaruh dan berdampak pada kondisi keuangan pokok.

Anda harus menetapkan berapa uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah dari awal hingga proses pindahan. Buat dana khusus untuk membeli rumah dan  dana darurat. Dana darurat ini wajib untuk disiapkan untuk mencegah kemungkinan buruk yang terjadi.

Cara Mengatur Keuangan Agar Bisa Beli Rumah Cash

Sebelum membeli rumah Anda harus mengatur keuangan agar tidak boros. Berikut kami bagikan bagaimana cara mengatur keuangan dan tips membeli rumah cash dengan aman tanpa mengganggu kondisi finansial:

  1. Hitung pemasukan

Hitung penghasilan Anda dari sumber pemasukan utama. Anda harus mengetahui dengan pasti berapa jumlah yang masuk ke rekening setiap bulannya. Lalu pisahkan uang untuk kebutuhan pokok dan juga uang untuk membeli rumah.

Pastikan kebutuhan pokok Anda sudah dapat terpenuhi sebelum membuat anggaran membeli rumah. Jangan membuat anggaran yang melebihi jumlah akumulasi pemasukan Anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokok.

  1. Buat anggaran membeli rumah

Buat budget khusus untuk membeli rumah. Cari rumah dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Terapkan pola pikir yang rasional dan realistis. Anda harus ingat bahwa membeli rumah tak hanya membayar harga jualnya saja.

Masih ada dana lain yang harus dikeluarkan, mulai dari pengurusan dokumen, renovasi, pembelian furniture, dll. Oleh karena itu, menyiapkan anggaran khusus yang terpisah sangat penting untuk dilakukan agar kondisi finansial Anda tidak terpengaruh.

  1. Buat batas maksimal cicilan

Jika Anda memiliki cicilan lain selain rumah, alangkah baiknya untuk membatasi jumlah cicilan yang dikeluarkan. Misalnya, buat cicilan maksimal sebesar 20% dari pengeluaran. Jika ternyata cicilan di luar pembelian rumah sudah mencapai 15%, maka lakukan hal ini.

Ada dua opsi yang bisa dilakukan. Pertama adalah mencari rumah dengan harga yang murah dan sesuai kemampuan. Kedua menyelesaikan terlebih dahulu cicilan lain sebelum membuat anggaran untuk membeli rumah.

  1. Tentukan target

Tentukan target kapan Anda akan membeli rumah. Dengan menentukan target, pengumpulan dana untuk membeli rumah menjadi lebih mudah. Target ini mengharuskan Anda untuk disiplin agar bisa tercapai sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan.

Sebaiknya tentukan target menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Setiap orang memiliki kondisi finansial yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya buat target sendiri dan jangan mengikuti target orang lain.

  1. Menabung

Menabung adalah salah satu tips membeli rumah cash bertahap. Anda bisa memulai menabung dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan utama. Menabung untuk membeli rumah ini bisa dilakukan di bank atau di mana pun

Anda juga bisa menggunakan teknologi menabung di aplikasi digital khusus untuk memisahkan anggaran. Pastikan Anda memisahkan rekening untuk menabung dengan rekening untuk kebutuhan pokok agar dana tidak tercampur.

  1. Mencari penghasilan tambahan

Cari penghasilan tambahan jika Anda ingin membeli rumah. Mengandalkan penghasilan utama saja rasanya tidak akan cukup. Anda bisa mencari pekerjaan lain yang tidak terlalu memakan banyak waktu, tetapi hasilnya lumayan.

Contohnya seperti berdagang makanan, investasi, dll. Melalui penghasilan tambahan ini, Anda akan mendapatkan uang tambahan yang bisa ditabung. Anda harus memiliki tekad dan keyakinan yang kuat agar bisa mencari uang tambahan untuk membeli rumah.

Beli Rumah di Developer Terpercaya Candela Residence

Candela Residence merupakan salah satu perumahan milik pengembang PT Multiguna Cipta Mandiri. Hunian di perumahan ini hadir dalam konsep mewah klasik yang modern. Konsep seperti ini sedang digandrungi oleh masyarakat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Pengembang ini merupakan salah satu pengembang perumahan yang sudah terkenal sepak terjangnya. Anda tak perlu khawatir jika membeli hunian di sini.

Lokasi perumahan ini terletak di kawasan yang strategis dan bebas banjir. Anda dapat menuju Tol Cinere dalam kurun waktu 15 menit saja. Selain itu, Stasiun MRT Lebak Bulus ke perumahan ini juga memakan waktu sekitar 10 menit.

Rumah minimalis modern ini memiliki fasilitas yang lengkap dan juga menarik. Anda bisa mendapatkan rumah yang sudah terinstal fitur smart home di dalamnya. Selain itu, terdapat juga halaman yang luas serta panel surya gratis dari pihak pengembang.

Kini rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran saja di tahun 2023. Anda bisa mendapatkan rumah ini hanya di Candela Residence. Segera booking hunian Anda hanya di Candela Residence.

Artikel di atas membahas mengenai tips membeli rumah cash yang aman dan terpercaya. Untuk Anda yang sedang mencari tips tersebut, artikel di atas adalah pilihan yang tepat. Simak dan catat hal-hal penting apa saja yang bisa diterapkan oleh Anda.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *