Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu

Ada beberapa tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu yang harus Anda tahu. Demi memudahkan masyarakat membeli rumah, maka banyak Lembaga keuangan serta developer properti menawarkan sistem beli rumah dengan menyicil. Cara kredit rumah ini memang menggiurkan, tapi Anda tetap harus hati-hati saat memilih KPR yang tepat.

Berikut kami hadirkan 6 tips apa saja yang harus diikuti dan dipahami sebelum membeli rumah KPR.

Ini Dia Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu

  1. Jangan mudah tergiur

Jangan mudah tergiur oleh penawaran yang dilihat. Ada banyak penawaran dengan harga tak masuk akal. Cari tahu terlebih dahulu harga rata-rata rumah di pasaran. Jika penawaran dari pihak developer berada jauh di bawah harga, maka hal ini patut diwaspadai.

Anda harus berpikir dengan rasional. Terutama pada penawaran bunga KPR yang terlampau kecil jumlahnya. Hal ini bisa dijadikan indikator apakah hal tersebut penipuan atau bukan. Hendaknya selalu berpikir logis dan waswas sebelum membeli rumah.

2. Garansi booking fee

Ketersediaan garansi pembayaran uang muka juga perlu diperhatikan. Tak semua developer menyediakan garansi ini. Anda perlu menanyakan apakah DP akan hangus jika KPR tidak disetujui. Jika iya maka sebaiknya hindari membeli rumah di developer tersebut.

Cari developer yang menawarkan garansi pembayaran uang muka atau DP. Hal ini perlu dilakukan karena tak semua nasabah yang mengajukan KPR akan disetujui oleh bank. Oleh karena itu perlu memastikan apakah KPR Anda disetujui atau tidak.

  1. Survei langsung ke lokasi

Survei langsung ke lokasi perumahan. Kemudian lihat progres pembangunannya. Nilai apakah pembangunan berjalan dengan lancar atau tidak. Dengan survei langsung, Anda bisa melihat bahwa perumahan ini benar ada dan nyata wujudnya.

Anda juga bisa melihat apakah kondisi rumah yang sudah jadi sesuai dengan yang ditawarkan. Tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu dan rugi adalah dengan melihat langsung bagaimana kondisi di lapangan.

4. Selalu pantau prosesnya

Selalu pantau proses pembangunan rumah. Pastikan pembangunan tidak mangkrak di tengah jalan. Anda harus mengecek secara berkala ke lokasi untuk melihat progres pembangunan.

Jangan hanya terima jadi saja karena ada banyak faktor yang bisa membuat pembangunan mangkrak. Dengan sering memantau, Anda jadi tahu kendala dan alasan sebenarnya mengapa pembangunan menjadi terhambat.

(Baca juga: Kenali Tenor KPR Sebelum Membeli Rumah)

  1. Jangan lakukan transaksi ilegal

Jangan melakukan transaksi bawah tangan. Selalu lakukan transaksi yang sah dan mengikuti prosedur hukum. Hal ini perlu dilakukan agar menghindari kecurangan di kemudian hari. Tolak penawaran untuk melakukan transaksi yang tidak sah.

Pastikan segala macam perjanjian dan transaksi ada hitam di atas putihnya. Ini dilakukan agar jika suatu saat ada pihak yang melanggar, maka bisa diproses hukum. Pastikan melakukan transaksi di hadapan saksi hukum yang sah seperti notaris.

6. Cari tahu reputasi developer

Riset mengenai reputasi developer. Ketahui bagaimana sepak terjangnya, background, dan juga riwayatnya dalam menangani klien. Jangan sampai developer yang Anda pilih ini ternyata adalah developer bodong dan penipu.

Anda bisa mencari developer yang memiliki reputasi baik dari rekomendasi kerabat. Ketahui juga ciri-ciri developer bodong yang patut diwaspadai. Selalu teliti dan cermat ketika memilih developer.

Ketahui 6 Ciri Developer Penipu

Setelah mengetahui apa saja tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu, Anda juga harus tahu hal ini. Pahami ciri-ciri developer bodong melalui artikel berikut:

  1. Penawaran tak masuk akal
Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu - Penawaran tidak masuk akal
Penawaran Tidak Masuk Akal

Hindari developer yang menawarkan harga tak masuk akal. Jika Anda melihat rumah dengan harga yang terlalu murah, maka sebaiknya hal ini dihindari. Penawaran tak masuk akal seperti ini biasanya tak sesuai dengan kenyataan yang ada.

  1. Izin tak jelas

Tanyakan izin mendirikan bangunan ke developer terkait. Jika developer tak memiliki surat IMB dan dokumen serupa maka hindari membeli rumah dari mereka. Izin yang tak jelas ini akan menimbulkan masalah baru ke depannya.

Anda tak tahu apakah bisnis yang mereka lakukan ini legal atau tidak. Kemungkinan paling buruknya adalah jika nanti ada penggusuran, rumah Anda bisa menjadi korban. Karena izin yang tak jelas ini bisa berpengaruh pada proses pengurusan sertifikat rumah.

3. Hanya ada pembayaran tunai

Jika developer hanya memberikan opsi pembayaran tunai, maka sebaiknya dihindari. Tidak adanya opsi pembayaran lain seperti KPR bisa menjadi indikasi bahwa mereka melakukan penipuan. Uang milik Anda bisa saja dibawa kabur oleh pihak lain nantinya.

  1. Meminta DP sebelum KPR disetujui

Jangan mengiyakan penawaran dari developer yang meminta uang muka sebelum KPR disetujui. Apalagi jika mereka tak memberikan garansi uang muka. KPR yang diajukan belum tentu akan disetujui oleh bank.

Pastikan status KPR sudah disetujui baru membayar DP. Jika Anda membayar DP terlebih dahulu dan ternyata KPR ditolak, maka DP akan hangus. Tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu developer ini adalah yang paling penting untuk diikuti.

(Baca juga: 10 Inspirasi Denah Rumah 4 Kamar Tidur untuk Satu Keluarga)

  1. Kepemilikan lahan tidak jelas
Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu - Kepemilikan lahan tidak jelas
Kepemilikan lahan tidak jelas

Tanyakan bukti kepemilikan lahan. Ketahui apakah lahan tersebut memang milik developer atau bukan. Lalu tanyakan status lahan apakah memang ada izin pembangunan atau tidak. Pastikan lahan tersebut bukan dalam status sengketa.

Jika lahan dalam status sengketa, Anda tidak bisa mengurus sertifikat rumah nantinya. Hal ini tentu saja akan merugikan Anda sebagai klien. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui status kepemilikan lahan milik developer.

  1. Progres pembangunan mangkrak

Cari tahu proses pembangunan yang sedang berlangsung. Tanyakan sejak kapan pembangunan tersebut dimulai. Jika jangka waktu sudah lama dan tak ada progres yang berarti, maka waspadalah. Sebaiknya hindari hal ini agar hal serupa tak menimpa Anda.

Beli Rumah Aman di Developer Terpercaya

CASA DE RAMOS
Download Pricelist CASA DE RAMOS Di Sini

Begitu banyak developer perumahan yang menggunakan cara nakal untuk meraih keuntungan. Anda harus memilih dengan cermat developer sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Pilih developer yang terpercaya, seperti PT Multiguna Cipta Mandiri.

Developer ini sudah terjun di bidang real estate sejak tahun 2011an. Salah satu perumahan andalan milik mereka adalah Casa De Ramos. Perumahan ini terletak di daerah Tangerang Selatan yang tak jauh dari Jakarta.

Casa De Ramos menawarkan rumah dengan gaya modern klasik yang mewah. Konsep perumahan ini terbagi menjadi 2 tipe. Yang pertama adalah tipe La Rosa dan yang kedua adalah Tipe Jazmin. Keduanya memiliki fasilitas yang sama-sama menarik.

Fasilitas yang ditawarkan berupa fitur smart home dan juga panel surya. Selain itu, terdapat juga halaman yang luas untuk setiap tipe rumah. Seluruh fasilitas ini akan didapatkan jika membeli rumah di Casa De Ramos.

Lokasi perumahan terletak di daerah yang bebas dari banjir. Baik itu banjir besar maupun banjir berupa air menggenang tak akan dijumpai di sini. Perumahan ini juga berdekatan dengan jalan tol serta stasiun MRT.

Tips membeli rumah KPR agar tidak tertipu yang paling penting adalah membeli di developer terpercaya, seperti perumahan Casa De Ramos. Rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran beserta fasilitasnya bisa Anda dapatkan segera di tahun 2023.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *