Tenor KPR Adalah

Tenor KPR adalah waktu untuk mengambil pinjaman kredit dengan menggunakan satuan bulan. Apabila ingin melakukan pengambilan KPR Anda harus menentukan tenor kredit sesuai kondisi finansial. Dalam mengambil tenor biasanya akan disesuaikan dengan kemampuan dalam membayar cicilan secara rutin.

Mengenal Tenor KPR Adalah Penting  Untuk Mengetahui Keuntungan Tenor Panjang

  • DP terjangkau

Apabila menginginkan untuk pengambilan masa tenor yang lebih panjang tentunya uang muka yang harus disediakan dapat disesuaikan kebutuhan. Uang muka ini harus dibayarkan secara fleksibel ataupun terjangkau.

Hal ini dikarenakan, dari pihak bank akan menawarkan keringanan bagi setiap nasabah terkait pembayaran uang muka. Sehingga diberikan kemudahan dalam memperoleh pilihan tenar panjang. Penawaran untuk memperoleh keringanan tersebut dalam bentuk pengurangan nominal dari uang muka.

Baca Juga: (Cara Membuat AJB Yang Hilang)

  • Cicilan ringan

Keuntungan yang bisa dirasakan dengan memilih tenor panjang salah satunya pembayaran angsuran menjadi lebih ringan. Pada penerapan prinsip ini, semakin lama masa tenor yang dipilih oleh nasabah. Tentunya akan membuat pembayaran jumlah cicilannya semakin sedikit.

Sehingga tidak heran apabila jenis KPR ini lebih sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai media promosi oleh perbankan. Kegunaannya untuk mendapatkan dan meluaskan nasabah yang berada di kalangan menengah ke bawah.

  • Mudah dalam mengatur keuangan

Menggunakan tenor panjang dalam pengajuan pinjaman kredit akan menawarkan keuntungan berupa pengaturan yang lebih mudah dalam finansial yang dimiliki. Secara tidak langsung, ketika cicilan KPR tersebut lebih ringan, pastinya akan memberikan kemudahan untuk mengatur finansial secara.

Hal ini dikarenakan, jumlah nominal yang harus dibayarkan secara rutin untuk angsuran KPR tidak begitu. Oleh karena itu, sisanya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lain yang mendesak, ditabung ataupun sebagai dana investasi.

Kerugian Tenor Panjang

  • Pelunasan Saat Usia Telah Menua

Tenor KPR adalah waktu pinjaman yang bisa diambil oleh nasabah saat mengajukan KPR. Pada saat melakukan pengambilan pinjaman KPR masih usia 25 tahun. Pihak nasabah mengambil masa tenor 25 tahun tentunya untuk pelunasan yang dilakukan ketika usia sudah menua.

Dengan begitu, rumah yang nantinya akan dibeli tersebut bisa lunas ketika sudah memasuki usia 50 tahunan. Pada poin yang satu ini perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih masa tenor yang cukup lama.

  • Mempunyai Beban Psikologis

Pada pemilihan masa tenor KPR panjang, tentunya dari pihak nasabah akan tetap memiliki hutang sampai masa pelunasan. Jika memutuskan untuk memilih jangka waktu hingga puluhan tahun seperti 25 tahun.

Hal ini akan berdampak pada beban psikologis serta mental yang dialami oleh nasabah tersebut. Sehingga perlu mematangkan perencanaan ketika memutuskan dalam mengambil program KPR. Sebab, ini merupakan langkah yang sangat besar dengan tanggung jawab terhadap utang yang harus dibayarkan secara rutin.

  • Perubahan Ekonomi Tidak Bisa Diprediksi

Perubahan ekonomi yang terjadi ke depan tidak bisa diprediksi sebelumnya. Hal ini harus dicermati sebaik mungkin ketika nantinya akan mengalami gelombang PHK, kenaikan kredit bunga dan lain sebagainya. Apabila hal seperti ini terjadi tentunya akan berdampak terhadap pembayaran cicilan KPR secara rutin.

  • Bunga Lebih Besar

Kerugian lain yang bisa didapatkan ketika memilih masa tenor panjang salah satunya harus membayar bunga yang nilainya cukup besar. Pada kerugian yang satu ini akan menanggung beban bunga yang harus dibayarkan secara rutin. Semakin lama dalam memilih jangka waktu pelunasan, menjadikan bunga kredit semakin besar.

Tenor KPR adalah Penting Mengetahui Keuntungan Tenor Pendek

  • Kredit Bunga Kecil

Tenor KPR adalah waktu kredit yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya dengan memilih masa tenar pendek dalam pembayaran angsuran KPR. Keuntungan yang bisa didapatkan adalah penawaran kredit bunga yang lebih kecil.

Semakin pendek pembayaran angsuran, akan menjadikan kredit bunga lebih kecil. Sehingga bisa dipertimbangkan untuk pemilihan tenor pendek supaya lebih cepat dalam pembayaran angsuran.

  • Pelunasan Pada Waktu yang Lebih Pendek

Keuntungan lain yang bisa dirasakan ketika memilih masa tender pendek yaitu bisa membayar pelunasan cicilan untuk waktu yang relatif pendek. Faktor inilah yang menjadikan setiap nasabah akan terhindar dari tagihan hutang hingga puluhan tahun. Selain itu, juga terhindar dari beban psikologis yang mengganggu mental apabila membutuhkan waktu lama untuk pelunasan.

  • Tepat Dijadikan Investasi

Jika memiliki uang lebih tentunya bisa memilih masa tenor KPR pendek. Apabila kondisi finansial dalam keadaan baik tentunya akan mempercepat proses pelunasan pinjaman KPR.

Sehingga akan mendapatkan hunian tersebut secara penuh dan tidak perlu menanggung beban pembayaran cicilan. Secara tidak langsung menjadi tips yang tepat dalam menjalankan kegiatan investasi properti.

Kerugian Tenor Pendek

  • Uang Muka Lebih Besar

Jika telah memutuskan untuk memilih cicilan dengan masa tenor pendek. Nasabah harus menyediakan uang muka dengan jumlah yang lebih besar. Beban ini harus ditanggung oleh nasabah sebagai debiturnya.

  • Sulit Mendapat Persetujuan Bank

Perlu disadari dengan memilih tenor pendek memiliki kerugian karena sulit mendapatkan persetujuan dari bank. Dari pihak bank akan melakukan seleksi terlebih dahulu bagi nasabah yang menggunakan tenor.

Hal ini dikarenakan, beban cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan menjadi lebih besar. Sehingga harus siap dari segi finansial supaya lebih mumpuni dan kuat.

  • Keuangan Tidak Stabil

Tenor KPR adalah jangka waktu yang bisa diambil oleh nasabah untuk pengajuan pinjaman kredit. Apabila memilih tenor pendek memang perlu dipertimbangkan atas kerugian yang dirasakan menjadikan keuangan tidak lagi stabil.

Faktor ini harus menjadi pemikiran yang matang supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Alasannya supaya bisa terhindar dari kredit macet yang dialami nasabah.

Candela Residence Tempat Tinggal Yang Nyaman

CANDELA RESIDENCE
CANDELA RESIDENCE

Upaya yang bisa dilakukan dalam memperoleh tempat tinggal yang nyaman memang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Sehingga dapat menempati hunian sesuai keinginan dengan ketersediaan fasilitas dan fitur memadai.

Hadirnya pilihan menarik dari perumahan Candela Residence merupakan hunian yang tepat jika ingin tinggal di kawasan Tangerang Selatan. Hasil pembangunan ini merupakan proyek yang dilakukan oleh developer PT Multiguna Cipta Mandiri.

Pada pembangunan perumahan Candela Residence memilih lokasi yang sangat strategis sehingga dapat dipertimbangkan untuk dijadikan hunian. Keberadaan perumahan premium ini memiliki kedekatan untuk menuju ke stasiun MRT dan pintu tol.

Candela Residence sebagai salah satu hunian yang berada di lokasi bebas banjir. Sehingga tidak heran jika menawarkan kenyamanan dan keamanan ketika sudah masuk musim hujan. Penghuni rumah tidak perlu khawatir lagi untuk meninggalkan tempat tinggalnya karena tidak akan terjadi banjir.

Rumah minimalis modern yang ditawarkan oleh Candela Residence ini membawa konsep mewah klasik dan tetap memiliki unsur modern. Hal ini ditunjang dengan ketersediaan teknologi canggih di setiap unit rumah.

Candela Residence telah dilengkapi dengan fasilitas mumpuni seperti halaman yang luas, fitur smart home dan panel surya. Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran yang menawarkan banyak keuntungan bagi setiap penghuni untuk memperoleh tempat tinggal yang layak. Hunian ini bisa menjadi referensi menarik untuk tinggal di rumah yang membawa konsep sangat unik. Ayo Download Pricelist Candela Residence di Sini.

Itulah beberapa keuntungan serta kerugian dari tenor KPR adalah masa pengambilan waktu pelunasan. Tenor KPR terdapat dua pilihan yaitu tenor panjang dan tenor pendek yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *