Renovasi 2 Lantai Tanpa Membongkar Rumah Lama

Melakukan renovasi 2 lantai tanpa membongkar rumah lama membutuhkan banyak keperluan yang harus diperhatikan. Khususnya dalam hal biaya serta bagaimana desain dan denah lantai kedua yang mau Anda bangun tersebut. Jadi, sebaiknya Anda mencari tahu dan ikut memperkirakan biayanya terlebih dahulu. Jangan hanya semua diserahkan pada kontraktor.

Berikut kami bagikan langkah dan juga tips merenovasi rumah menjadi 2 lantai yang bisa Anda ikuti.

Begini Langkah Renovasi 2 Lantai Tanpa Membongkar Rumah Lama

  1. Melakukan perincian biaya

Sebelum melakukan renovasi, Anda perlu melakukan perincian biaya dengan matang dan rinci. Hitung berapa luas bangunan agar bisa menentukan harga material. Anda juga perlu memikirkan biaya di luar material bangunan.

Biaya tambahan seperti cat tembok dan furniture baru juga perlu dipikirkan. Perincian biaya ini harus dilakukan secara detail dan disertai dengan target pembangunan. Pastikan jumlah material yang digunakan sudah mencukup target pembangunan.

  1. Hancurkan atap

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merenovasi tanpa membongkar bangunan lama adalah dengan menghancurkan atap rumah. Dengan menghancurkan atap rumah terlebih dulu, Anda bisa membuat fondasi bangunan baru di atasnya.

Dengan metode ini, pembangunan lantai 2 akan menjadi lebih efisien. Anda hanya perlu membangun fondasi baru di atas rumah. Diskusikan dulu hal ini dengan kontraktor yang memegang proyek renovasi rumah Anda.

  1. Lakukan perluasan

Lakukan perluasan di bagian atas rumah. Anda tak harus membuat fondasi rumah yang luasnya sesuai dengan bangunan di bawahnya. Anda dapat menambah struktur bangunan tambahan di depan halaman untuk melakukan perluasan.

Setelah itu, baru buat ruangan baru di lantai 2. Ukur luas tiap ruangan dan sesuaikan dengan luas bangunan yang baru. Pastikan luas ruangan tak melebihi total luas fondasi bangunan baru di lantai 2.

  1. Desain ulang atap rumah

Setelah menentukan luas bangunan di lantai 2, buat ulang desain atap rumah. Desain atap rumah ini harus sesuai dengan ukuran fondasi yang baru. Cara renovasi 2 lantai tanpa membongkar rumah lama ini adalah salah satu yang paling efektif.

Sesuaikan desain atap dengan bentuk rumah. Untuk daerah di Indonesia, desain atap yang paling cocok adalah dengan membuat atap berbentuk segitiga. Atap dengan bentuk ini tidak akan menampung beban air hujan di atas rumah.

  1. Memasang kembali atap rumah

Pasang kembali atap rumah yang sudah didesain ulang. Pemasangan atap ini harus dilakukan oleh tukang bangunan yang sudah ahli. Oleh karena itu, pantau terus pemasangan atap agar sesuai dengan ekspektasi.

(Baca juga: 6 Tips Membeli Rumah KPR Agar Tidak Tertipu)

  1. Menerapkan teknik desain modular

Anda juga bisa menggunakan teknik modular. Teknik ini adalah teknik membangun rumah di lokasi lain dan memasangnya di rumah Anda. Teknik ini dianggap lebih hemat dan efisien. Namun, teknik ini kurang cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Pasalnya, kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan rangka beton. Oleh karena itu, teknik ini dianggap kurang cocok diaplikasikan di Indonesia. Selain itu, teknik ini juga membutuhkan ruang yang luas.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Rumah Jadi 2 Lantai

Jika Anda bertanya apakah bisa renovasi 2 lantai tanpa membongkar rumah lama, maka jawabannya bisa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi. Berikut kami berikan 6 tips yang bisa diikuti sebelum renovasi rumah:

  1. Periksa kekuatan konstruksi bangunan

Sebelum merenovasi menjadi rumah 2 lantai, Anda harus mengecek dulu kekuatan konstruksi bangunan rumah. Pastikan rumah Anda memiliki konstruksi yang kuat dan bisa menahan bangunan baru di atasnya.

Jangan sampai sudah terlanjur membangun fondasi baru, tetapi konstruksi di bawahnya tidak kuat. Ini akan menimbulkan masalah baru ke depannya. Jika tak mempertimbangkan hal ini, Anda mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kerusakan.

  1. Sesuaikan tata ruang

Sesuaikan tata ruang dengan luas bangunan yang baru. Pastikan penataan ruang ini tidak melebihi ukuran luas bangunan. Anda bisa berkonsultasi dengan kontraktor ataupun arsitek yang menangani proyek renovasi.

Sebaiknya, sesuaikan juga tata letak ruangan dengan di lantai 1. Terutama untuk kamar mandi. Buat kamar mandi di lantai 2 yang berada tepat di atas kamar mandi lantai 1. Ini akan memudahkan Anda dalam pembuatan aliran air dan juga listrik.

  1. Tentukan penambahan ruang

Buat ruang yang memiliki fungsi berbeda dengan ruangan di lantai 1. Utamakan kebutuhan ruang yang menjadi prioritas. Misalnya, Anda ingin membuat ruang kerja, walk in closet, dan kamar tidur.

Namun, ternyata luasnya hanya cukup untuk membangun 2 ruang tambahan. Anda bisa membuat skala prioritas ruang mana yang paling dibutuhkan. Jangan memaksakan kehendak yang nantinya akan menyulitkan Anda.

  1. Tentukan posisi tangga

Tentukan posisi dan bentuk tangga yang akan dibangun. Jangan membangun tangga di posisi yang akan mempersempit ruang gerak. Anda harus mmperhatikan tata letak tangga agar sesuai dengan luas bangunan.

Buat tangga yang aman dan tidak terlalu curam. Pastikan tangga yang dibangun memiliki pegangan di sampingnya. Ingat agar selalu mempertimbangkan keamanan serta keselamatan ketika melakukan renovasi rumah.

  1. Perhatikan sirkulasi udara

Ada 3 aspek penting yang harus diperhatikan ketika merenovasi rumah. Ketiga hal ini adalah sirkulasi udara, kekuatan konstruksi, dan estetika ruangan. Anda harus memprioritaskan ketiga hal ini ketika membangun atau merenovasi rumah.

Jangan membuat rumah yang tak memiliki sirkulasi yang baik. Rumah dengan atap yang terlalu rendah akan memiliki sirkulasi yang sempit sehingga ruangan akan terasa pengap. Selain itu, rumah dengan atap rendah juga menimbulkan kesan ruang gerak yang sempit.

  1. Siapkan dana darurat

Biaya renovasi 2 lantai tanpa membongkar rumah lama harus menggunakan uang yang terpisah dari tabungan. Anda harus menyiapkan dana lain yang terpisah dari dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Siapkan juga dana darurat ketika akan melakukan renovasi rumah. Dana ini nantinya akan berguna jika ada keperluan mendadak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan dana darurat khusus ketika akan merenovasi rumah.

Rumah 2 Lantai Modern Minimalis di Graha Taruma

GRAHA TARUMA
Download Pricelist GRAHA TARUMA Di sini

Merenovasi rumah menjadi 2 lantai bukanlah hal yang mudah dilakukan. Selain itu, merenovasi juga memakan biaya yang tak sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, memilih rumah yang sejak awal sudah berbentuk 2 lantai bisa menjadi solusi.

Salah satu rumah dengan dua lantai dengan konsep menarik bisa ditemukan di Graha Taruma. Perumahan ini menghadirkan konsep modern minimalis dengan desain khusus iklim tropis. Eksterior rumah ini menyesuaikan dengan kondisi iklim dan cuaca di Indonesia.

Terdapat 63 unit rumah di Graha Taruma per tahun 2023 ini. 63 unit rumah tersebut terbagi ke dalam dua tipe, yaitu Tipe Saga dan Nara. Tipe Saga dijual mulai dari 1,9M dengan luas tanah 78m² dan luas bangunan 110m².

Tipe Nara dijulai mulai dari 1,7M dengan luas tanah 60m² dan luas bangunan 100m². Setiap tipe di Graha Taruma sudah dilengkapi oleh fitur smart home dan juga panel surya. Tersedia juga rooftop di setiap unit rumah Graha Taruma.

Anda sudah bisa mendapatkan hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran tahun 2023 ini. Untuk info harganya silakan kontak CS kami di nomor yang tersedia atau klik langsung opsi dapatkan pricelist yang ada di website ini.

Setelah membaca artikel di atas, kini Anda sudah mengetahui tips renovasi 2 lantai tanpa membongkar rumah lama. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya agar renovasi berjalan lancar.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *