Tips Membeli Rumah Bekas

Beberapa tips membeli rumah bekas berikut dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan. Ikuti tips-tips di bawah ini agar bisa membeli rumah bekas dengan harga sesuai, aman, dan terhindar dari kerugian.

Ini Dia Tips Membeli Rumah Bekas Ini Agar Tidak Rugi

  1. Cari tahu keunggulan dan kekurangan
1. Cari tahu keunggulan dan kekurangan
A model house on a blue background has many for sale signs laying around in front of it.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah bekas, cari tahu terlebih dahulu apa saja keunggulannya. Terutama jika dibandingkan dengan rumah baru. Selain dari faktor harga, pikirkan juga faktor lain seperti kepraktisan dan lingkungan sekitar.

Dari faktor harga, rumah bekas biasanya tak selalu mengikuti harga pasaran. Namun, jika Anda membeli rumah bekas maka harus menyediakan anggaran tambahan lain. Anggaran tersebut nantinya akan dibutuhkan untuk melakukan renovasi.

Mengingat tak semua rumah bekas dijual dalam kondisi yang siap huni. Oleh karena itu pastikan rumah yang dibeli berada dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk menghindari pembengkakan biaya renovasi nantinya.

  1. Cek legalitas dan kelengkapan surat
2. Cek legalitas dan kelengkapan surat
2. Cek legalitas dan kelengkapan surat

Minta penjual untuk menunjukkan kelengkapan surat-surat yang dimiliki. Mulai dari sertifikat rumah dan tanah, Surat Hak Milik, dan juga IMB. Pastikan nama yang tertera sesuai dengan nama penjual.

Tips membeli rumah bekas agar tidak tertipu adalah dengan memastikan status rumah tersebut. Pastikan status rumah yang akan dibeli tidak berada dalam status sengketa. Hindari membeli rumah yang sedang berada dalam status tersebut.

Selain itu, hindari juga membeli rumah yang surat-suratnya tidak lengkap. Cek dengan cermat dan teliti status serta kelengkapan surat untuk menghindari masalah ke depannya.

(Baca juga: Tips Cara Beli Tanah Agar Tidak Tertipu)

  1. Cek kondisi lingkungan dan fisik bangunan
3. Cek kondisi lingkungan dan fisik bangunan
3. Cek kondisi lingkungan dan fisik bangunan

Periksa kondisi fisik, usia, serta lingkungan rumah. Perhatikan dengan cermat bagaimana layout rumah tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan ada sirkulasi serta pencahayaan matahari yang baik.

Selain itu perhitungkan juga usia efektif bangunan. Bangunan yang sudah terlalu tua akan membutuhkan banyak biaya renovasi karena kekuatannya sudah berkurang. Cek juga kondisi listrik serta sumber air di rumah tersebut.

Pastikan akses air bersih mudah untuk didapatkan. Selain aspek tersebut, aspek lingkungan juga tak kalah penting. Pastikan keamanan dan perilaku warga sekitar. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan ketenteraman hidup Anda di rumah tersebut.

  1. Bandingkan harga
4. Bandingkan harga
4. Bandingkan harga

Bandingkan harga rumah tersebut dengan harga di pasaran. Catat apa saja plus minus rumah dan pikirkan apakah harganya sesuai dengan kondisi yang ditawarkan. Bandingkan juga harga rumah tersebut dengan rumah di lokasi lain yang memiliki karakter serupa.

Pastikan harga rumah yang akan dibeli sebanding dengan apa yang ditawarkan. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Hal ini penting untuk dilakukan untuk minimalisir risiko kerugian.

Cermati harga rumah dengan karakter serupa di pasaran. Lalu bandingkan dengan rumah tersebut. Jika ada rumah lain yang memiliki penawaran lebih menarik dengan harga yang serupa, maka lakukan survei ke lokasi rumah tersebut.

  1. Lakukan survei lapangan
5. Lakukan survei lapangan
5. Lakukan survei lapangan

Lakukanlah survei langsung ke lokasi secara mandiri. Dengan melakukan survei langsung, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi nyata rumah yang akan dibeli. Ini dilakukan untuk menghindari penipuan.

Tips membeli rumah bekas yang aman adalah dengan memastikan sendiri kondisi rumah secara langsung. Buatlah janji dengan penjual untuk melakukan survei. Pastikan survei tak hanya dilakukan dari luar rumah.

Mintalah penjual untuk membawa kunci rumah sehingga Anda bisa masuk ke dalam. Tanyakan beberapa pertanyaan yang dianggap penting. Jika perlu, tanya juga ke warga sekitar untuk memastikan kondisi lingkungan rumah tersebut.

  1. Buat anggaran
6. Buat anggaran
6. Buat anggaran

Setelah mengetahui bagaimana kondisi rumah secara langsung, kini saatnya untuk membuat anggaran. Buatlah anggaran dengan memperhatikan biaya apa saja yang diperlukan. Misalnya biaya renovasi dan biaya pembelian furnitur rumah tangga.

Pastikan anggaran yang dibuat ini tidak melebihi budget yang sebelumnya ditentukan. Tanyakan juga sistem pembayaran rumah seperti apa yang ditawarkan. Jika sistem pembayarannya menggunakan KPR, maka perhitungkan berapa cicilan yang harus dibayar.

Hitung berapa pengeluaran yang dibutuhkan dengan penghasilan yang masuk. Jangan sampai ada pembengkakan biaya yang bisa membuat kondisi keuangan Anda berantakan. Uang yang dikeluarkan harus sebanding dengan apa yang akan didapatkan.

  1. Minta jeda waktu sebelum memutuskan
7. Minta jeda waktu sebelum memutuskan
7. Minta jeda waktu sebelum memutuskan

Jangan membeli rumah dalam kondisi emosional. Ini akan menyulitkan Anda untuk berpikir rasional. Hindari membeli rumah hanya dengan satu kali survei saja. Lakukan survei di lokasi lain sebagai pembanding.

Jangan mudah terbuai dengan tampilan eksterior rumah. Lakukanlah survei bersama teman atau kerabat yang paham mengenai kelayakan hunian. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk meminimalisir kerugian.

Mintalah jeda waktu kepada penjual untuk berpikir. Buat keputusan setelah mempertimbangkan plus minus yang akan didapatkan. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan seperti ini.

  1. Beli di perumahan
8. Beli di perumahan
8. Beli di perumahan

Untuk minimalisir kerugian, beli rumah bekas yang ada di dalam perumahan. Tips membeli rumah bekas di perumahan adalah dengan memastikan lingkungan sekitar dan kondisi rumah.

Rumah yang dijual di perumahan biasanya memiliki kondisi lingkungan yang baik, dan juga tak memiliki masalah di akses air serta listrik. Selain itu, kondisi fisik rumah bekas di perumahan pun kebanyakan sudah layak huni. Hanya perlu beberapa renovasi minor saja.

Pastikan perumahan tersebut berada di lokasi yang strategis dan memiliki akses transportasi yang mudah. Contohnya seperti di Candela Residence.

Rumah Candela Residence Terbaru dari MCM

CANDELA RESIDENCE
CANDELA RESIDENCE

Candela Residence merupakan perumahan dari PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan ini berada di kawasan Tangerang Selatan yang tak jauh dari stasiun MRT. Rumah ini mengusung tema klasik dengan sentuhan modern yang terkesan mewah.

Rumah di Candela Residence sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti halaman yang luas, panel surya, dan juga fitur smart home. Perumahan ini juga letaknya sangat dekat dengan tol. Waktu yang diperlukan untuk menuju ke tol adalah 10 menit saja.

Ketika akan membeli rumah, yang paling penting adalah kondisi lingkungannya. Kondisi lingkungan di perumahan ini sangat nyaman, kondusif, dan bebas banjir. Karena berada di kawasan yang bebas banjir, kondisi bangunan di perumahan ini pun sangat terjaga.

Dengan fasilitas yang ditawarkan, harga rumah minimalis modern Candela Residence sangatlah masuk akal. Hanya perlu merogoh kocek 1 milyaran saja untuk mendapatkan rumah ini. Anda tak perlu lagi repot memikirkan biaya renovasi karena rumah di Candela Residence sudah layak huni.

Rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran bisa Anda dapatkan di Candela Residence. Setelah mengetahui apa saja yang harus dilakukan, kini saatnya mempertimbangkan dan membuat perbandingan. Bandingkanlah keuntungan yang akan diperoleh dengan membeli rumah baru. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk info lebih detail disini!

Mana yang lebih menguntungkan dan mana yang paling sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan mengikuti tips membeli rumah bekas yang sudah kami paparkan di atas. Dengan tips tersebut, Anda pasti akan terhindar dari kerugian.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *