Rumah Kavling adalah

Memiliki rumah kavling adalah impian bagi generasi milenial, khususnya mereka yang baru saja mengarungi bahtera rumah tangga. Tentunya dengan memiliki hunian pribadi, hidup terasa lebih ringan dan leluasa ketimbang tinggal serumah dengan orang tua atau mertua. Bentuk kavlingan yang disediakan pun bermacam-macam, simak berikut ini!

Bentuk-bentuk rumah kavlingan adalah berbagai macam

Bentuk Interior Lot

Di Indonesia, bentuk interior lot kerap disebut sebagai klaster (cluster). Di mana posisi tanah berada pada deretan tengah kavling dalam posisi satu blok. Demi lebih menjaga privasi dan keamanan klaster, pengembang kerap menggunakan one gate sistem yakni gerbang masuk hanya melalui satu pintu saja.

Hal ini akan membuat tidak banyak kendaraan lewat berlalu-lalang karena tidak menjadikan jalan tersebut jalur alternatif tembusannya. Sehingga bentuk interior lot rumah kavling adalah untuk menjaga cluster tetap kondusif.

Tidak hanya alasan privasi yang lebih terjaga baik, dengan tinggal di hunian tipe ini perawatan bangunannya pun hanya sedikit. Namun yang harus diperhatikan ialah masalah pemandangan yang terpampang sangat terbatas yakni pada satu sisinya saja. Selain itu sirkulasi udara pun kerap tidak terlalu bagus.

Bentuk T-intersection Lot

Tipe ini lebih dikenal dengan sebutan tusuk sate. Di mana posisi hunian berada di tengah-tengah pertigaan jalan. Dibandingkan dipakai sebagai rumah tinggal, bentuk T-intersection Lot ini kerap dipakai untuk lokasi usaha karena sangat strategis.

Alasannya sederhana, bangunan akan lebih mudah terlihat oleh siapa pun. Dengan begitu ada banyak calon pembeli yang akan tertarik masuk dan mencoba. Sehingga usaha akan mudah dikenali dan lokasi mudah ditemukan.

Sedangkan jika dipakai sebagai rumah tinggal, penghuninya akan merasa bising karena setiap hari harus bersinggungan dengan kendaraan dari berbagai arus. Selain itu para pengendara jalan juga akan dapat melihat dengan jelas kondisi rumah dari luar apalagi jika gerbangnya pendek.

Bentuk Cul de Sac Lot

Selanjutnya ialah tipe Cul de Sac Lot. Nama unik ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti area kosong dan berlokasi di jalan buntu. Umumnya bentuk rumah kavling adalah memanjang lurus dengan satu jalan. Namun pada bentuk Cul de Sac Lot ini hunian berada di ujung jalan dengan pola seperti bunga melingkar.

Memiliki bagian depan sempit namun akan melebar di bagian belakangnya. Tetapi dari segi keamanan hal ini justru menguntungkan karena lebih tertutup.

Dikarenakan terletak di jalan buntu, otomatis tidak banyak kendaraan yang lewat berlalu-lalang. Tentunya hal ini akan menghadirkan suasana tenang dan jauh dari kata bising. Sehingga tipe Cul de Sac Lot sangat pas digunakan sebagai hunian tempat tinggal.

Tetapi biarpun begitu, tipe ini juga memiliki kelemahan. Bagian depan yang kecil menyebabkan penghuni sulit memarkir kendaraannya. Bahkan dengan lahan terbatas itu mereka juga sulit menempatkan satu atau dua mobil. Selain masalah parkir, pintu masuk depan hunian pun juga sangat kecil.

(Baca juga: Punya Mobil Tapi Tidak Punya Rumah, Baguskah?)

Kelebihan membeli rumah kavling dengan kredit bank

Surat sudah pasti lengkap

Tentunya pihak bank juga memiliki parameter tertentu untuk menentukan apakah sebuah kavlingan layak didanai atau tidak. Salah satunya tentu adalah kelengkapan surat-surat. Jadi pemohon dapat lebih meyakinkan bahwa legalitas rumah kavling pasti lengkap seperti SHM mau pun IMB.

Disertai asuransi kebakaran

Pihak bank tentunya tidak mau mengambil risiko atas kondisi masa depan bangunan tersebut. Dengan begitu biasanya mereka juga akan langsung menyertakan asuransi kebakaran yang sudah include pada pembayaran tiap bulan. Asuransi akan mengcover biaya perbaikan rumah jika terjadi insiden di luar dugaan tersebut.

Sudah termasuk asuransi jiwa

Selain asuransi kebakaran untuk gedung, selanjutnya ialah pemberian asuransi jiwa bagi pemohon. Sehingga apabila sewaktu-waktu kreditur meninggal, maka cicilan rumah kavling akan langsung dinyatakan lunas karena sudah tercover oleh asuransi. Dengan begitu keluarga kreditur tidak akan sampai diberatkan.

Keamanan surat terjamin

Keuntungan bank selanjutnya untuk pembiayaan kredit rumah kavling ialah keberadaan surat-surat rumah yang dijaminkan sudah pasti aman.

Bank akan menyimpan surat-surat kavlingan pemohon di brangkas khusus dengan penjagaan yang ketat. Sehingga kondisinya tentu baik dan aman meski dijaminkan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu jika sampai terjadi kerusakan atas surat-surat berharga selama disimpan di bank, maka pihak mereka akan bertanggung jawab.

Jangka waktu bisa disesuaikan

Biasanya bank menawarkan masa tenor pelunasan kredit yang bervariasi, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dengan begitu pemohon lebih bisa leluasa dalam menentukan sendiri jatuh temponya sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Untuk rumusan aman sebuah cicilan, idealnya tidak sampai melebihi 40persen dari pemasukan bulanan seseorang. Sehingga pastikan memilih tenor paling tepat agar tidak sampai keteteran untuk melakukan pembayaran.

Angsuran masih rendah

Pada bank yang biasa meluncurkan produk KPR, kerap menawarkan angsuran yang rendah. Dengan begitu nasabah akan lebih diringankan pada saat melakukan pencicilan. Selain itu untuk DP-nya sendiri pun tidak kalah kompetitif.

Untuk lebih jauh calon kreditur bisa mulai melakukan perbandingan produk KPR di tiap-tiap bank. Semakin banyak referensi, maka kita dapat menentukan mana pilihan terbaik.

Apakah sedang mencari hunian mewah dengan gaya klasik?

Casa De Ramos
Casa De Ramos

Mencari hunian yang memberikan konsep mewah klasik bukanlah sesuatu yang mudah. tetapi kini Anda sudah tidak perlu merasa khawatir. Hal tersebut dikarenakan saat ini PT Multiguna Cipta Mandiri telah menghadirkan perumahan premium Casa de Ramos.

Perumahan ini mengusung konsep mewah klasik yang diberikan sentuhan modern. Sehingga dengan begitu rumah ini begitu cocok dijadikan hunian masa depan bagi mereka yang menghendaki nuansa rumah klasik tetapi mewah.

Kelebihannya:

  • Didukung oleh lokasi yang begitu strategis dikarenakan dekat dengan jalan tol dan MRT. Sehingga sangat membantu mobilitas penghuninya melakukan akses ke mana pun dan kapan pun.
  • Casa de Ramos dibangun pada lokasi premium sehingga dijamin bebas dari banjir. Selain itu seluruh rumah juga sudah dilengkapi dengan smarthome system yang memakai panel surya. Dengan begitu penggunaan listrik untuk sistem tersebut tentunya bisa diupayakan lebih hemat.
  • Mendapat dukungan fasilitas yang amat lengkap tentunya hal ini akan sangat memudahkan kegiatan sehari-hari. Dengan begitu penghuni rumah akan sangat betah tinggal dalam perumahan mewah ini.

Casa de Ramos terdiri dari dua tipe yang bisa dipilih yakni tipe Jazmine dan La Rosa. Di mana keduanya sama-sama memiliki halaman luas serta nyaman. Dengan begitu Casa de Ramos sangat cocok bagi mereka yang tengah bingung mencari hunian mewah nan klasik di Jakarta Selatan.

Jadi jangan ragu lagi. Segera klaim promonya dan dapatkan unit Casa de Ramos sekarang juga!

Meskipun rumah kavling adalah hal yang diidamkan pasca menikah, namun pertimbangkan beberapa faktor lain sebelum membelinya. Salah satunya ialah jarak tempuh ke lokasi kerja agar tidak terlalu jauh. Berbagai akses ke fasilitas umum seperti sekolah anak, RS, dan lain-lain juga patut dipertimbangkan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *