tips membeli rumah untuk pasangan muda

Banyak hal penting dan tips membeli rumah untuk pasangan muda yang perlu Anda tahu. Berikut ini kami sajikan 10 tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersama pasangan.

10 Tips Membeli Rumah untuk Pasangan Muda

  1. Pahami kondisi keuangan
1. Pahami kondisi keuangan
1. Pahami kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, kenali dan pahami terlebih dahulu kondisi keuangan Anda dan pasangan. Hitung pengeluaran yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Hitung juga pengeluaran untuk keperluan lainnya.

Setelah mengetahui pengeluaran pokok, Anda akan bisa menghitung berapa biaya yang diperlukan untuk membeli rumah. Gunakanlah prinsip 50, 30, 20. 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk total cicilan, dan 20% untuk tabungan.

30% tersebut adalah total keseluruhan yang dimiliki oleh Anda dan pasangan. Misal, jika mempunyai cicilan mobil sebesar 10% maka biaya untuk cicilan rumah menjadi 20% dari penghasilan. Jangan sampai cicilan yang dimiliki melebihi batas 30% tersebut.

  1. Pilih sistem pembayaran
2. Pilih Sistem Pembayaran
2. Pilih Sistem Pembayaran

Cari sistem pembayaran yang paling sesuai dengan kondisi. Tersedia begitu banyak jenis pembayaran untuk membeli rumah. Salah satunya yaitu dengan sistem KPR. Bahkan, KPR pun tersedia dalam berbagai macam jenis.

Pilih jenis KPR yang uang mukanya dan bunganya tidak terlalu besar. Sesuaikan biaya cicilan rumah dengan kondisi dan kemampuan. Pastikan cicilan yang akan dibayarkan tidak akan membebani Anda dan pasangan ke depannya.

  1. Sesuaikan tipe rumah dengan kemampuan
3. Sesuaikan tipe rumah dengan kemampuan
3. Sesuaikan tipe rumah dengan kemampuan

Tips membeli rumah untuk pasangan muda yang baru menikah adalah dengan memilih tipe rumah sesuai kemampuan. Jangan memaksakan kehendak dengan memilih tipe rumah yang di luar kemampuan ekonomi Anda dan pasangan.

Namun, terkadang sulit untuk menentukan tipe rumah ketika sudah memiliki bayangan tentang bagaimana rumah impian yang ideal. Solusinya adalah menjadi realistis dan pikirkan pengeluaran untuk kebutuhan lain.

Jangan sampai nantinya keuangan menjadi hancur berantakan karena terbebani cicilan rumah. Ingat, bagi pasangan muda yang paling penting adalah memiliki hunian terlebih dahulu.

(Baca juga: Ikuti 8 Tips Membeli Rumah Bekas Ini Agar Tidak Rugi)

  1. Riset developer
4. Riset Developer
4. Riset Developer

Setelah menentukan tipe rumah seperti apa yang akan dibeli, lakukanlah riset terhadap developer. Cari tahu developer mana yang memberikan penawaran terbaik untuk Anda dan pasangan.

Ketahui juga riwayat developer dalam menangani klien sebelumnya. Anda bisa mencari referensi atau meminta rekomendasi dari orang-orang terdekat. Pastikan tak ada riwayat buruk yang dimiliki oleh developer pilihan Anda dan pasangan.

  1. Review lagi keuangan
5. Review lagi keuangan
5. Review lagi keuangan

Review ulang kondisi keuangan Anda dan pasangan. Ketika membeli rumah, tak hanya biaya uang muka dan cicilan saja yang diperlukan. Namun, muncul biaya-biaya lain yang biasanya tak terpikirkan.

Siapkan dana untuk membeli perabotan rumah, perawatan rumah, atau bahkan biaya untuk renovasi. Pikirkan juga dana untuk biaya administrasi dan pembayaran pajak ketika akan membeli rumah.

Hitung berapa biaya keseluruhan yang dibutuhkan dan sesuaikan dengan penghasilan Anda. Pastikan jumlahnya sudah sesuai dan tak melebihi budget yang sudah disiapkan.

  1. Komitmen
6. Komitmen
6. Komitmen

Hal yang paling penting dalam membeli rumah untuk pasangan baru adalah membuat serta menjaga komitmen antara Anda dan pasangan. Pastikan semua keputusan yang diambil sejak awal merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Bangun komitmen sejak awal untuk saling bekerja sama agar bisa membeli rumah impian. Jangan sampai hanya satu pihak saja yang bekerja keras. Misalnya Anda sudah susah payah menabung, tetapi pasangan Anda foya-foya setiap bulan.

Jika hal ini terjadi maka target membeli rumah tak akan bisa tercapai. Pastikan kedua belah pihak menjalani komitmen dengan baik. Trik dan tips membeli rumah untuk pasangan muda ini harus dijadikan catatan penting.

  1. Selalu menyiapkan dana darurat
7. Selalu menyiapkan dana darurat
7. Selalu menyiapkan dana darurat

Selalu siapkan dana darurat dalam mengatur keuangan. Tak akan pernah ada yang tahu musibah atau situasi tak terduga seperti apa yang akan menimpa Anda. Selalu waspada dengan menyiapkan dana darurat bersama pasangan.

Dana darurat bisa disisihkan sedikit dari uang tabungan. Misalnya dana untuk tabungan sebesar 20% dari penghasilan, maka ambil 3-5% dari jumlah tersebut untuk dana darurat. Pastikan dana darurat selalu disisihkan setiap bulan dari penghasilan yang diperoleh.

  1. Investasi
8. Investasi
8. Investasi

Selain merupakan kebutuhan primer, rumah juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang aman. Harga properti setiap tahunnya cenderung selalu mengalami kenaikan. Oleh karena itu, pastikan rumah yang dibeli memiliki prospek sebagai instrumen investasi.

Pertimbangkan kondisi lingkungan hingga kekuatan bangunan ketika akan membeli rumah. Rumah dengan kondisi yang baik dan berada di kawasan yang strategis akan memiliki nilai jual tinggi ke depannya.

  1. Pertimbangkan kondisi lingkungan
9. Pertimbangkan kondisi lingkungan
9. Pertimbangkan kondisi lingkungan

Cari rumah dengan kondisi lingkungan yang nyaman dan ramah anak. Kondisi lingkungan ini akan sangat berpengaruh pada kehidupan Anda. Jangan sampai membeli rumah di lingkungan yang membuat hidup menjadi tak nyaman.

Selain itu, kondisi lingkungan sekitar juga dapat menentukan harga jual rumah sebagai alat investasi. Agar memiliki nilai jual yang tinggi, pastikan keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar rumah Anda.

  1. Pilih rumah yang berada di kawasan strategis
10. Pilih rumah yang berada di kawasan strategis
10. Pilih rumah yang berada di kawasan strategis

Tak hanya kondisi lingkungan, letak lokasi rumah pun menjadi pertimbangan penting. Carilah rumah yang terletak di kawasan strategis. Kawasan strategis di sini maksudnya adalah yang memiliki akses transportasi mudah dan tak jauh dari perkotaan.

Hal ini bisa berpengaruh terhadap nilai jual rumah ke depannya. Tips membeli rumah untuk pasangan muda yang aman adalah dengan mempertimbangkan keinginan, kebutuhan, juga masa depan.

Contoh Rumah yang Cocok untuk Pasangan

CASA DE RAMOS
CASA DE RAMOS

Casa De Ramos adalah solusi bagi pasangan muda yang ingin membeli rumah pertamanya. Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal saja, perumahan ini memiliki prospek yang bagus sebagai instrumen investasi.

Lokasi rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran ini berada di lingkungan yang aman, nyaman, dan bebas banjir. Akses transportasi menuju perumahan ini pun sangat mudah. Tak jauh dari Casa De Ramos terdapat jalan tol dan juga stasiun MRT.

Setiap unitnya pun sudah dilengkapi oleh fitur smart home dan panel surya. Ditambah lagi dengan halaman yang luas, menjadikan rumah ini sebagai rumah ideal bagi pasangan muda. Untuk saat ini, perumahan Casa De Ramos menawarkan 2 tipe yang bisa dipilih.

Kedua tipe tersebut adalah Tipe Jazmin dan La Rosa. Kedua tipe tersebut sama-sama mengusung konsep mewah dan klasik, tetapi tetap terasa modern dan tak ketinggalan zaman.

Memilih rumah tak melulu bicara soal keinginan dan kenyamanan. Jika rumah bisa dijadikan sebagai alat investasi, maka manfaatkan peluang tersebut. Dengan membeli rumah seharga 2 milyaran di Casa De Ramos, Anda sudah berinvestasi jangka panjang secara tak langsung.

Rumah ini sangat mungkin untuk memiliki nilai jual yang lebih dalam 3-5 tahun ke depan. Ingat, tips membeli rumah untuk pasangan muda adalah dengan memikirkan kenyamanan, keamanan, dan juga masa depan. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan dapatkan rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran disini!

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *