Marketing Mix

Marketing mix merupakan bentuk strategi pemasaran yang bisa digunakan dalam meningkatkan profit secara maksimal. Strategi yang diterapkan pada konsep marketing ini dikenal dengan sebutan 7P yakni products, price, promotions, place, people, process dan physical evidence.

Konsep dari marketing mix strategy

  1. Products

Produk menjadi hasil dari sebuah usaha yang dipromosikan pada konsumen di lingkup pasar untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Kesuksesan dengan menggunakan strategi marketing ini bisa diterapkan dalam pengenalan produk yang ditawarkan.

Penting bagi pihak produsen untuk meningkatkan kualitas produk ataupun jasa yang memiliki keunikan berbeda dengan produk lain. Sehingga, nantinya bisa meningkatkan daya saing yang ada di pasaran secara otomatis untuk dikenali oleh kalangan konsumen.

Pada umumnya, produk memiliki dua unsur yaitu dari segi visual dan kualitas. Pastikan dalam menghadirkan produk telah melihat kualitas yang ditawarkan secara baik pada konsumen. Dengan begitu, konsumen tidak hanya tertarik atas produk tersebut, namun juga memiliki manfaat sesuai kebutuhannya.

(Baca juga: Benarkah Digital Marketing Cara Pemasaran yang Paling Efektif?)

  1. Price

Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen dalam memperoleh produk sesuai keinginannya. Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan sebuah produk dari tawaran promosi. Pastinya terdapat pengorbanan untuk mengeluarkan sejumlah uang supaya bisa memanfaatkan produk yang didapatkan.

Penting untuk mengetahui cara supaya bisa mendapatkan konsumen potensial yang merasa bahwa apa yang dibeli sesuai dengan yang diinginkannya. Dengan demikian, penerapan strategi marketing ini bisa menjadi optimal apabila sesuai dengan tujuan utama dilakukan penawaran produk.

Penentuan harga produk harus disesuaikan dengan harga pasaran supaya tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah adanya perbedaan harga yang terlihat mencolok.

  1. Place
marketing mix - location
Location

Tempat yang digunakan dalam menjalankan kegiatan usaha berada di lingkup perusahaan. Apa itu marketing mix dalam konsep tempat harus memilih lokasi bisnis yang strategis. Sehingga makin besar keuntungan yang nantinya bisa diraih oleh perusahaan atas penjualan produk yang dilakukan.

Keberadaan lokasi yang strategis membuat para konsumen lebih mudah saat ingin menemukan lokasi bisnis sebagai transaksi dalam penjualan. Penentuan lokasi dapat disesuaikan dengan target sasaran pasar atas produk yang dijual. Perusahaan bisa memilih kalangan bawah, menengah, atau atas.

Tempat penjualan produk bisa secara offline ataupun online. Perusahaan bisnis bisa dengan melalui direct selling bertemu secara langsung pada konsumen yang ingin membeli produk.

Selain itu, bisa memilih medium secara tepat dalam proses promosi produk yang dilakukan secara online. Perusahaan bisa membeli beberapa media yang dapat digunakan dalam beriklan untuk menawarkan produk unggulannya.

  1. Promotions
Marketing Mix Apple di Social Media

Strategi yang diterapkan dalam marketing salah satunya adalah kegiatan promosi dari bisnis yang dijalankan. Kegiatan promosi ini berhubungan dengan pemasaran produk yang menggunakan media sesuai dengan target sasaran. Contoh di atas menonjolkan hasil dari kamera iPhone dari beragam jenis.

Promosi menjadi bagian dari kegiatan strategi marketing yang memiliki tujuan dalam mengkomunikasikan keluaran produk terbarunya. Dengan adanya kegiatan promosi lebih mudah untuk memberikan daya tarik pada konsumen dan melakukan identifikasi atas ketertarikannya.

Promosi juga memiliki tujuan untuk memberikan persuasif terhadap konsumen supaya bisa datang ke lokasi penjualan. Sehingga nantinya bisa dilakukan pemberian motivasi agar konsumen melanjutkan untuk ke tahap pembelian produk.

Melakukan promosi sebenarnya menjadi bentuk bagian dalam penyebaran informasi yang sifatnya membujuk, memberikan pengaruh dan mengingatkan target pasar. Salah satunya dengan pemasangan iklan supaya bisa dilihat oleh kalangan umum.

(Baca juga: 12 Ide kontent bisnis properti untuk digital marketing)

  1. People

SDM sebagai komponen yang sangat penting dalam konsep marketing mix 7P. Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya harus memiliki SDM yang mumpuni untuk meningkatkan kemajuan bisnis.

SDM merupakan faktor yang cukup berperan dalam menentukan kemajuan ataupun kemunduran dari bisnis sebuah perusahaan. Sehingga tidak heran banyak perusahaan yang mencari SDM dengan kualitas terbaik dan rela membayar gaji sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

Selain itu, dalam memilih SDM tidak hanya yang berkualitas terbaik, kamu juga memiliki motivasi dan attitude sebagai karyawan pada industri jasa. Attitude tersebut dapat diaplikasikan dalam berbagai hal dan motivasi sebagai penentu seorang pekerja dalam memberikan loyalitasnya terhadap perusahaan.

  1. Process

Proses masuk dalam strategi marketing melalui serangkaian kegiatan pemasaran dalam bisnis. Pada unsur yang satu ini meliputi layanan serta proses kegiatan transaksi yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen.

Konsep ini harus memastikan bahwa sebagai konsumen telah memperoleh pengalaman baru yang lebih memuaskan atas transaksi pembelian produk. Setelah itu, perusahaan juga harus melakukan kegiatan evaluasi dari setiap tahap yang dilakukan.

Dengan begitu, mampu meningkatkan brand awareness terhadap penjualan produk yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan evaluasi salah satunya bisa dengan melakukan survei terhadap konsumen yang sudah membeli produk.

(Baca juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan PPh 21 Orang Pribadi)

  1. Physical Evidence 

Tampilan fisik dari sebuah usaha yang dijalankan oleh perusahaan mampu menjelaskan tata kelola bangunan. Unsur yang satu ini merupakan bagian dari strategi penerapan marketing mix sebagai bentuk fisik dari perusahaan yang bersangkutan.

Pada proses penjualan produk ataupun jasa, sebagai konsumen tentunya ingin mengetahui bukti fisik dari bisnis yang dijalankan perusahaan. Dari perusahaan sendiri tentunya juga harus memperhatikan penataan terhadap bangunan karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap mood para konsumen.

Tampilan desain interior yang mengesankan tentunya memberikan kepercayaan lebih terhadap konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Konsumen merasa mendapatkan kenyamanan lebih ketika berada di perusahaan.

Sehingga pastikan telah menciptakan suasana yang nyaman dan mengesankan pada perusahaan bisnis yang saat ini dikelola. Bisnis tersebut bisa memberikan pengalaman baru terhadap konsumen yang nantinya dapat memberi nilai tambah.

Perumahan Graha Taruma lokasi strategis di Tangerang

GRAHA TARUMA
GRAHA TARUMA

PT Multiguna Cipta Mandiri merupakan salah satu developer perumahan yang berada di kawasan Tangerang Selatan. Salah satu proyek yang telah dijalankan yaitu perumahan Graha Taruma dengan membawa konsep hunian minimalis modern menggunakan desain modern tropic.

Perumahan elite ini berada di kawasan lokasi strategis yang menawarkan aksesibilitas sangat mudah untuk menuju ke fasilitas publik. Graha Taruma memiliki lokasi yang berdekatan dengan tol dan Stasiun MRT.

Selain itu, untuk fasilitas yang ditawarkan oleh Graha Taruma di antaranya fitur smart home, rooftop dan panel surya. Perumahan ini menawarkan efisiensi sebagai hunian yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mumpuni di dalamnya.

Graha Taruma juga menyediakan 63 unit tipe Saga dan Nara untuk dijadikan hunian yang menarik bagi kaum milenial.

Unit dengan tipe Nara memberikan penawaran harga unit kisaran 1,7 M yang memiliki luas bangunan 100 m2 serta luas tanah 60 m2. Sedangkan, pada tipe Saga memberikan penawaran harga 1,9 M yang luas bangunannya 110 m2 serta luas tanah 78 m2.

Rumah di Jakarta cuman 1 milyaran ini bisa menjadi pilihan untuk memperoleh hunian impian masa depan dengan konsep minimalis modern. Download Pricelist Graha Taruma di Sini.

Ternyata konsep dari strategi marketing mix dikenal dengan 7P yang telah banyak diterapkan dalam menjalankan bisnis. Penggunaan strategi marketing menjadi jalan yang tepat untuk mendatangkan banyak konsumen.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *