Ide kontent bisnis properti di tahun 2023 pasti berbicara seputar digital marketing. Memang pemasaran dengan media online saat ini begitu efektif. Bahkan dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional seperti media offline. Ditambah lagi pemasaran online membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan pemasaran offline seperti pemasangan spanduk, poster hingga penyebaran brosur.
Karena itu, berikut kami sajikan ide yang bisa dijadikan inspirasi dalam dunia digital marketing di bidang properti.
Berbagai Ide Kontent Bisnis Properti untuk Digital Marketing
- Artikel SEO
Buat blog atau website khusus yang berisikan artikel mengenai review produk properti milik Anda. Gunakan jenis artikel SEO agar artikel bisa terlacak oleh search engine sistem di Google. Ini dilakukan agar artikel digital marketing Anda bisa masuk ke halaman pertama di Google.
Tentu saja Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana penulisan artikel SEO. Namun, Anda juga bisa menggunakan jasa penulisan artikel SEO untuk mempermudah pekerjaan.
- Foto Aesthetic
Posting foto-foto dari produk properti milik Anda di feeds atau story Instagram. Pastikan foto diambil dari angle yang baik dan memiliki pencahayaan yang bagus. Setelah itu gunakan filter tertentu agar keseluruhan feeds menjadi sepadan.
Caption bisa diisi dengan penjelasan singkat mengenai properti di dalam foto. Hindari untuk menulis caption yang terlalu panjang. Gunakan juga kata-kata yang menarik pembaca dan terkesan santai, tetapi tetap sopan dan formal.
- Short Video
Buat konten berupa video pendek. Video ini bisa membahas mengenai apa saja seputar bidang properti. Anda dapat mengikuti tren yang ada di TikTok ataupun Instagram Reels kemudian dipilah mana yang cocok untuk bidang properti.
Di era digital seperti sekarang, engagement yang dihasilkan dari konten berupa short video ini lebih besar daripada konten lainnya. Oleh karena itu, manfaatkanlah peluang ini untuk membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda.
- Review di YouTube
Salah satu ide kontent bisnis properti yang efektif untuk dilakukan adalah dengan membuat konten review properti di YouTube. Anda bisa membuat channel sendiri atau bekerja sama dengan channel lain yang bergerak di bidang serupa.
Misalnya seperti membuat review perumahan. Mulai dari isi rumah hingga lingkungan perumahan akan diliput untuk dimasukkan ke dalam YouTube. Konten seperti ini akan menarik klien yang sedang melakukan riset antara perumahan satu dengan perumahan lain.
- House tour
Konten house tour tak harus berupa video. Meskipun memang video adalah bentuk yang paling efektif, tetapi Anda juga bisa membuat konten house tour di postingan feed Instagram.
Belakangan ini, konten house tour tengah digandrungi di masyarakat. Konten ini menampilkan isi dan fasilitas rumah secara mendalam. Anda bisa menggunakan short video ataupun foto per ruangan.
Kelebihan dari konten ini adalah bisa diposting di berbagai platform media sosial. Mulai dari TikTok, Facebook, Instagram Reels, Youtube Shorts, atau bahkan video di Youtube. 1 konten ini bisa digunakan di 3 platform sekaligus. Ini akan lebih menghemat waktu dan juga biaya.
- Konten Profil Perusahaan
Agar terlihat profesional dan meyakinkan, sesekali postinglah konten yang berisi profil perusahaan. Konten ini dapat berupa video ataupun satu postingan foto. Profil berisikan pengenalan secara singkat mengenai perusahaan.
Namun, jangan terlalu sering membuat konten seperti ini. Cukup sekali atau dua kali saja agar klien mengetahui informasi penting seputar perusahaan. Pastikan informasi yang dibagikan tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak.
- Edukasi Seputar Properti
Ide kontent bisnis properti di era digital yang menarik perhatian tak hanya seputar promosi, tetapi juga edukasi. Misalnya edukasi seputar cara memilih tanah yang baik. Selingan konten seperti ini akan membuat konten menjadi lebih Insightful dan menarik.
Orang-orang akan terus memantau akun Anda untuk mengetahui informasi seputar properti. Semakin banyak interaksi dengan pengguna, maka engagement akan semakin besar. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat konten lain di luar konten promosi.
(Baca juga: Tips Jual Beli Tanah Sawah dan Untung Rugi Investasinya)
- Testimoni Klien
Anda bisa membuat postingan mengenai testimoni dari klien di Story Instagram. Nantinya story tersebut bisa dibuat menjadi Highlight dan akan bisa dilihat semua orang tanpa ada batasan waktu.
Konten berupa testimoni atau review dari klien ini penting untuk membangun kepercayaan publik. Dengan adanya testimoni dan review asli, kepercayaan publik terhadap Anda dan perusahaan akan semakin meningkat.
- Video Iklan di Youtube Ads
Anda bisa membuat video khusus untuk dimasukkan ke dalam Youtube Ads. Video ini dapat berupa iklan singkat yang menarik perhatian. Iklan ini nantinya akan dimuat oleh YouTube di dalam video-video yang relevan.
- Portofolio Keberhasilan
Tampilkan konten atau postingan yang berisi keberhasilan dan sepak terjang perusahaan dalam beberapa kurun waktu terakhir. Hal ini dilakukan untuk mengambil dan meningkatkan kepercayaan publik.
Namun, pastikan konten yang dibuat tetap relevan dan tidak mengganggu postingan lainnya. Anda bisa membuat postingan mengenai hal ini dalam bentuk Instastory lalu dimasukkan ke highlight profil perusahaan.
- Konten Strategi Membeli Properti untuk Investasi
Buat konten yang membahas mengenai strategi untuk membeli properti sebagai instrumen investasi. Konten investasi beberapa tahun belakangan ini sedang marak diperbincangkan oleh banyak orang.
Manfaatkanlah hal ini sebagai jalan untuk mempromosikan properti milik Anda. Untuk membuat ide kontent bisnis properti yang menjanjikan, Anda harus memaksimalkan isi konten yang dimuat di platform promosi.
Konten berisikan tips dan trik membeli rumah adalah salah satu konten yang paling diminati oleh banyak orang. Beberapa orang masih awam dan tak paham hal-hal apa saja yang perlu dilakukan sebelum membeli rumah.
Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan bahan konten di media sosial ataupun di dalam artikel. Lakukan riset pada hal-hal penting apa saja yang biasanya dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Misalnya seperti mempertimbangkan harga dan fasilitas.
Rumah Siap Huni Berfasilitas Lengkap di Graha Taruma
Graha Taruma menyediakan hunian siap huni dengan penawaran fasilitas yang sangat lengkap. Untuk Anda yang senang mengikuti teknologi, fasilitas smart home yang ada di tiap unit rumah pasti menjadi nilai plus tersendiri.
Anda tak perlu repot membeli panel surya ketika membeli rumah di Graha Taruma. Pihak developer sudah menyediakan panel surya untuk seluruh pembelinya. Selain itu, ada juga rooftop yang bisa digunakan untuk bersantai atau disulap menjadi roof garden.
Perumahan bergaya modern minimalis ini memiliki design tropis yang cocok untuk daerah di Indonesia. Tersedia dalam dua tipe sejumlah 63 unit rumah di tahun 2023. Pertama yaitu Tipe Nara dengan harga 1,7 milyar, tipe ini memiliki luas bangunan 100m² dan luas tanah 60m².
Kedua yaitu Tipe Saga dengan harga 1,9 milyar, tipe ini memiliki luas bangunan 110m² dan luas tanah 78m². Hunian di Graha Taruma merupakan hunian yang ideal karena selain fasilitas yang lengkap, lokasinya juga sangat strategis.
Berlokasi di Tangerang Selatan, dekat dengan stasiun MRT serta jalan tol. Anda bisa mendapatkan hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran di Graha Taruma sekarang juga. Ayo Pelajari lebih lanjut sekarang dan Download Pricelist Graha Taruma di Sini.
Ide kontent bisnis properti yang tadi dibahas bisa dijasdikan sebagai referensi untuk konten digital marketing. Ingat, kunci dari digital marketing adalah dengan selalu up to date dan mengikuti tren.