Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Rumah

Pertanyaan seputar apa yang harus dilakukan setelah membeli rumah mulai menghantui beberapa orang. Berikut kami rangkumkan hal-hal penting apa saja yang dapat Anda ikuti setelah membeli rumah di developer.

Langkah Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Rumah?

  1. Buat skala prioritas

Anda bisa mengubah struktur bangunan setelah membeli rumah dari developer. Biasanya pihak developer akan memberi jangka waktu tertentu bagi klien jika ingin mengubah strukturnya. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membangun suasana baru.

Namun, sebaiknya buat skala prioritas mengenai bagian mana yang akan diubah. Hal ini harus dilakukan agar pengeluaran untuk biaya renovasi tidak terlalu besar. Sebaiknya utamakan kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan.

  1. Membuat schedule dengan target

Waktu yang diberikan developer kepada pembeli biasanya sangat terbatas. Oleh karena itu, buatlah schedule renovasi disertai dengan target waktunya. Anda harus menentukan waktu yang sesuai agar renovasi rampung sebelum waktu yang ditentukan.

Diskusikan hal ini dengan kontraktor atau pihak developer. Dengan begitu renovasi akan berjalan dengan lancar dan sesuai timeline. Pastikan Anda selalu mengawasi proses renovasi secara berkala dari awal hingga akhir.

  1. Menyiapkan anggaran

Siapkan anggaran khusus untuk melakukan renovasi. Anggaran ini harus dipisahkan dari anggaran untuk kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya lebihkan sedikit jumlah uang yang harus dikeluarkan dari perkiraan biaya.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi pengeluaran tambahan atau biaya yang tak sesuai perkiraan. Hal apa yang harus dilakukan setelah membeli rumah sesuai keinginan adalah mengatur keuangan dengan membuat budgeting.

  1. Modifikasi struktur

Anda bisa melakukan modifikasi dan perubahan pada struktur bangunan. Misalnya membuat rumah menjadi dua lantai. Namun, biasanya yang tidak boleh diubah adalah fasad rumah.

Peraturan ini merupakan hal yang lumrah di setiap perumahan. Developer melarang klien untuk mengubah bagian depan rumah dengan alasan tertentu. Salah satunya adalah demi menjaga keindahan dan tata ruang di dalam kompleks perumahan.

  1. Renovasi

Lakukan renovasi pada bagian-bagian yang memang penting saja. Contohnya seperti renovasi dapur dan septic tank. Bagian krusial seperti kedua hal tersebut adalah bagian paling penting di dalam rumah.

Biasanya mengubah dapur berarti akan mengubah tampilan rumah secara keseluruhan. Sebagai contoh, Anda bisa membuat dapur dengan konsep open space dari yang sebelumnya tertutup. Hal ini akan membuat rumah tampak lebih luas dan lega.

  1. Mencari vendor

Cari vendor terpercaya untuk menangani proyek tersebut. Anda bisa mencari rekomendasi vendor yang sudah terpercaya di bidangnya lewat kerabat ataupun internet. Pastikan vendor yang dipilih memang sudah memiliki pengalaman serupa.

Beberapa developer menyediakan vendor khusus dari pihak mereka untuk menangani proses renovasi. Anda bisa mempercayakan vendor tersebut untuk bekerja sama. Diskusikan semua hal yang ingin dilakukan bersama vendor tersebut.

(Baca juga: Apa yang Harus Ditanyakan Saat Membeli Rumah di Developer?)

Membangun Hunian Nyaman dan Aman

Langkah apa yang harus dilakukan setelah membeli rumah yang aman adalah dengan memastikan kenyamanan setiap penghuni rumah. Berikut kami bagikan tips membangun rumah yang nyaman dan aman untuk semua anggota keluarga:

  1. Membagi antara kebutuhan dan keinginan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Anda harus membuat daftar apa saja yang termasuk ke dalam kebutuhan dan keinginan dari seluruh penghuni rumah.

Utamakan memenuhi kebutuhan terlebih dahulu sebelum memenuhi keinginan. Jika seluruh kebutuhan sudah dapat terpenuhi, barulah mulai untuk memenuhi keinginan. Namun, Anda tak perlu melakukan semua hal ini sekaligus.

  1. Memahami fungsi rumah seutuhnya

Pahami fungsi rumah bagi diri sendiri dan penghuni lain. Rumah memiliki fungsi sebagai tempat berlindung dan beristirahat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengutamakan aspek kenyamanan di dalam rumah.

Ketika membeli rumah pastikan Anda bisa merasa nyaman dan terlindungi di dalamnya. Pilih rumah yang memiliki konsep modern tetapi tetap terasa hangat. Rumah dengan konsep ini akan menambah kesan nyaman dan aman bagi penghuninya.

  1. Membuat kesepakatan bersama

Selalu ambil keputusan berdasarkan kesepakatan penghuni lain di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi cekcok akibat perbedaan pendapat. Oleh karena itu, pastikan setiap keputusan dalam membangun rumah selalu melibatkan semua penghuni.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat kamar mandi dengan nuansa alam. Namun, pasangan Anda tak menyetujui hal tersebut. Cobalah untuk mencari jalan keluar lain agar bisa mencapai kesepakatan bersama.

  1. Pertimbangkan aspek keamanan

Keamanan adalah hal paling penting yang harus dipertimbangkan. Terutama jika Anda memiliki orang tua usia lanjut dan anak-anak yang tinggal di dalamnya. Pastikan setiap furniture dan tata letak ruang selalu aman bagi mereka.

Contohnya adalah dengan membuat tangga landai beserta pegangan di pinggirnya. Buat juga dapur lengkap dengan cooker hood untuk minimalisir potensi kebakaran. Hal-hal kecil seperti ini harus menjadi perhatian agar keamanan tetap terjaga.

  1. Membuat desain

Buat desain rumah yang tidak terlalu rumit. Anda bisa berdiskusi dengan kontraktor atau arsitek dalam membuat desain rumah. Sebaiknya bagian dalam rumah dibuat seminimalis mungkin untuk memudahkan ruang gerak.

Bagian luar rumah adalah bagian yang paling penting. Anda bebas mengeksplor bagian luar rumah agar terlihat menawan sesuai dengan impian. Diskusikan semua pendapat Anda dengan kontraktor yang menangani proyek pembangunan tersebut.

  1. Mengawasi proses pembangunan

Pantau terus bagaimana progres pembangunan berjalan. Anda bisa mengunjungi lokasi secara berkala agar tahu bagaimana kondisi di lapangan. Hal ini juga berlaku jika Anda membeli rumah di perumahan tertentu.

Anda harus tahu bagaimana developer menangani klien dari progres pembangunan unit rumah agar hasilnya sesuai harapan. Jika sudah selesai, Anda bisa memulai untuk memikirkan langkah apa yang harus dilakukan setelah membeli rumah sesuai harapan.

Hunian Nyaman dan Aman bagi Keluarga di Casa De Ramos

Perumahan Casa De Ramos menawarkan hunian yang berada di lingkungan aman serta nyaman bagi Anda. Perumahan ini terletak di kawasan bebas banjir di Kota Tangerang Selatan. Anda bisa memiliki hunian sesuai dengan impian di sini.

Tersedia dua tipe hunian di dalam perumahan ini. Yang pertama adalah Tipe Jazmin dan yang kedua adalah Tipe La Rosa. Kedua tipe ini mengusung konsep modern klasik yang mewah dan terkesan modern.

Di dalam setiap unit hunian di sini sudah terpasang panel surya dan juga fasilitas smart home. Anda dapat memiliki rumah yang canggih dan juga berhalaman luas dengan harga 2 milyaran saja. Selain itu, lokasi perumahan ini berada sangat dekat dari jalan tol serta stasiun MRT.

Rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran di tahun 2023 tak lagi banyak ditemukan. Hanya di Casa De Ramos, Anda bisa mendapat hunian mewah dengan harga serupa.

Jika sudah mengetahui apa yang harus dilakukan setelah membeli rumah, kini saatnya Anda mempertimbangkan untuk membeli hunian impian. Segera booking unit rumah impian Anda hanya di Casa De Ramos.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *