Cara Menentukan Harga Jual Rumah

Cara menentukan harga jual rumah bisa dengan berbagai metode. Berikut kami bagikan 7 cara menentukan harga penjualan rumah beserta tipsnya agar cepat laku. Simak lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Begini Cara Menentukan Harga Jual Rumah Agar Cepat Terjual

  1. Ketahui harga tanah dan bangunan

Sebelum menghitung harga jual rumah, Anda harus menghitung harga tanah dan bangunannya terlebih dahulu. Cara menghitung harga tanah adalah dengan melihat harga tanah per meter di daerah Anda. Kemudian kalikan harga tersebut dengan luas tanah.

Cara menghitung harga bangunan pun tak berbeda jauh. Anda bisa mencari tahu berapa harga bangunan per meter di daerah Anda. Informasi ini dapat diperoleh di bank ataupun kantor kecamatan. Hitung harga bangunan dengan dikalikan dengan luas bangunan.

  1. Membandingkan harga pasaran

Jika sejak awal Anda sudah memiliki harga yang akan ditetapkan, bandingkan harganya dengan di pasaran. Cari rumah lain yang memiliki luas sama dan lokasi tak berbeda jauh. Kemudian bandingkan apakah harga milik Anda ini mampu bersaing atau tidak.

Jangan menjual rumah dengan harga yang jauh di bawah atau di atas harga pasaran. Anda harus menetapkan harga yang bisa bersaing di pasaran. Hal ini dilakukan untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

  1. Berdasarkan NJOP

Cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP adalah dengan mendatangi kantor BPN langsung. NJOP di tiap daerah memang berbeda-beda, maka penting untuk mengetahui besaran NJOP daerah rumah milik Anda.

Layanan NJOP ini juga bisa diakses melalui website resmi milik pemerintah. NJOP ini berbeda dengan harga yang ada di pasaran. Semakin tinggi harga pasar maka akan semakin tinggi juga NJOP yang berlaku di daerah tersebut.

  1. Mempertimbangkan lokasi

Lokasi yang strategis membuat harga rumah menjadi semakin mahal. Dalam menentukan harga jual, Anda harus mempertimbangkan hal ini. Sebagai contoh, terdapat dua rumah dengan luas serta fasilitas yang sama dijual di lokasi A dan B.

Namun, lokasi A ini berada dekat dengan perkotaan dan layanan publik seperti rumah sakit, stasiun, dll. Sedangkan lokasi B letaknya agak jauh dari perkotaan dan tidak ada layanan publik di sekitarnya. Maka harga rumah di lokasi A sudah dipastikan lebih mahal.

Ini yang dimaksud dengan lokasi strategis. Jika rumah milik Anda berada di lokasi yang mirip dengan lokasi A, maka biasanya harga jual rumah bisa melambung tinggi.

  1. Melihat kondisi fisik rumah

Lihat kondisi fisik rumah ketika akan dijual. Jika kondisinya masih bagus dan terawat, maka kemungkinan harga jual lebih tinggi pun bisa terjadi. Namun, jika ada beberapa bagian yang rusak dan lapuk, harga jual rumah bisa ikut menurun.

Sebenarnya, Anda bisa melakukan renovasi terlebih dahulu jika kondisi rumah tidak terlalu baik. Namun, biaya renovasi ini harus dihitung dan dimasukkan juga ke harga jual rumah. Cara ini dilakukan agar Anda tidak rugi dalam menjual rumah.

(Baca juga: 7 Contoh Cara Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih)

  1. Lihat demand

Cara selanjutnya dalam menentukan harga jual rumah adalah dengan melihat permintaan pasar. Semakin banyak permintaan maka semakin banyak juga penawarannya. Semakin banyak penawaran maka harga yang ditetapkan pun akan semakin tinggi.

Jika banyak penawaran yang datang, Anda bisa mencoba untuk menaikkan harga sedikit lebih tinggi. Hal ini dilakukan agar keuntungan yang diperoleh bisa semakin besar. Pilih calon pembeli yang melakukan penawaran tertinggi jika hal ini terjadi.

Membuat Iklan Penjualan Rumah yang Menarik

Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan harga jual rumah, kini saatnya masuk ke dalam tahap pemasaran. Pemasaran biasanya dilakukan melalui iklan penjualan. Berikut kami sajikan beberapa tips membuat iklan penjualan rumah yang bisa menarik pembeli:

  1. Foto rumah aesthetic

Semakin baik kualitas foto dan sudut pengambilan foto, maka iklan Anda akan menjadi perhatian pembeli. Anda bisa memanfaatkan jasa fotografi jika memang tidak mengetahui bagaimana cara mengambil foto yang baik untuk penjualan.

Manfaatkan jasa tersebut agar semakin banyak orang tertarik melihat iklan. Cari jasa fotografi yang memang terpercaya kualitasnya, tetapi harganya masih masuk akal.

  1. Membuat poster

Buat poster digital yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Semakin berkembangnya zaman, tren warna dan pemilihan font untuk poster pun berubah. Hindari membuat poster yang terkesan monoton dan ketinggalan zaman.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi editing di PC ataupun smartphone. Biasanya ada beberapa template khusus untuk menjual properti. Poster ini berisikan foto, informasi singkat, dan juga kontak yang bisa dihubungi.

  1. Informasi lengkap

Cantumkan informasi yang lengkap ketika membuat iklan. Informasi biasanya meliputi luas rumah, harga, nomor telepon, dan lokasi. Empat hal ini merupakan informasi paling penting yang harus tersedia di dalam poster.

Untuk informasi tambahan lainnya bisa ditambahkan di bagian deskripsi situs penjualan. Anda juga bisa membuat pesan otomatis di WhatsApp bisnis untuk membalas pesan dari calon klien. Pesan otomatis ini dapat ditambah informasi tambahan mengenai rumah.

  1. Gunakan kalimat menarik perhatian

Gunakan kalimat yang bisa menarik perhatian pembeli di dalam poster ataupun judul iklan. Sebagai contoh, gunakan kata-kata yang bisa menarik pembeli seperti “harga murah”. Kata-kata seperti ini biasanya sangat berpengaruh pada engagement iklan.

Penggunaan kalimat sejenis ini sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Anda harus tetap menampilkan sisi objektif dan sesuai dengan fakta lapangan.

  1. Tampilkan plus minus rumah

Menampilkan plus minus rumah bisa dilakukan untuk menarik perhatian pembeli. Hal ini menunjukkan bahwa Anda memang objektif dan jujur sebagai penjual. Sebagai contoh, Anda ingin menjual rumah di perumahan tertentu.

Pertama cari tahu dulu cara menentukan harga jual rumah developer. Kemudian buat daftar apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada. Buat tulisan yang mendeskripsikan hal tersebut kemudian cantumkan di dalam iklan penjualan.

  1. Unggah di situs jual beli rumah

Manfaatkan situs jual beli rumah di internet. Situs ini sangat berpengaruh terhadap jangkauan iklan penjualan. Anda bisa berkesempatan bertemu dengan lebih banyak calon pembeli melalui situs seperti ini.

Rumah Mewah Harga Pas di Casa De Ramos

CASA DE RAMOS
Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Casa De Ramos merupakan salah satu properti milik PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan ini menawarkan hunian yang berkonsep mewah klasik dengan sentuhan modern. Lokasi perumahan ini berada di kawasan bebas banjir yang dekat dengan gerbang Tol Cinere.

Sekitar 5-10 menit dari perumahan ini, Anda bisa menjumpai Stasiun MRT Lebak Bulus. Selain lokasinya yang strategis, hunian di sini juga memiliki penawaran fasilitas yang menarik. Baik Tipe Jazmin ataupun Tipe La Rosa sama-sama dilengkapi dengan fitur smart home dan panel surya.

Setelah mengetahui cara menentukan harga jual rumah, Anda bisa mendapatkan rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran lengkap beserta seluruh keunggulan dan fasilitas yang diperoleh. Untuk daftar lengkap harganya silakan hubungi agen properti MCM kami.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *