Manajemen pemasaran digunakan oleh organisasi ataupun perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tugas dari marketing manajemen ini untuk memberikan kontribusi terhadap perusahaan dalam melancarkan kegiatan pemasaran atas produk jual. Sehingga nantinya bisa mencapai target pasar sesuai keinginan untuk mendapat keuntungan bagi perusahaan.
Pengertian dan fungsi dari manajemen pemasaran
Manajemen pemasaran (marketing management) yaitu analisis perencanaan, implementasi serta pengendalian kegiatan pemasaran di dalam sebuah perusahaan. Bisa juga dengan melakukan pengawasan, pengarahan serta pengorganisasian supaya tujuan dan fungsi dari pemasaran tersebut berjalan secara efisien dan efektif.
Setelah mengetahui apa itu marketing management, maka berikut fungsinya:
- Segmentasi Pasar
Manajemen pemasaran memiliki fungsi dalam membuat segmentasi pasar sebagai kegiatan untuk membagi pasar pada beberapa kelompok berbeda. Dari setiap kelompok yang dimiliki tersebut telah mempunyai ciri-ciri yang tidak terlalu berbeda.
Pada saat sudah membuat segmentasi pasar, kegiatan pemasaran produk menjadi lebih terarah. Selain itu, ketersediaan sumber daya pada bidang pemasaran dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien.
- Analisis Pasar
Tidak semua dari perusahaan telah memiliki bagian pemasaran serta penjualan secara formal. Namun, dari masing-masing perusahaan tentunya juga memiliki dan melakukan berbagai jenis elemen yang sangat penting guna menunjang kegiatan pemasaran dan penjualan.
Tujuan utama dilakukannya kegiatan ini untuk membuat para konsumen lama ataupun baru mendapatkan daya tarik dalam penggunaan produk. Bahkan, dari analisis pasar yang dilakukan bisa membuat perusahaan menawarkan fasilitas secara terus-menerus.
- Penempatan Pasar
Perusahaan yang baru memulai bisa melakukan identifikasi terlebih dahulu terkait terhadap posisi kompetitor. Sebelum nantinya bisa menentukan penempatan yang tepat atas pasar untuk berbisnis.
Dalam menempatkan pasar bisa berdekatan dengan sebelah kompetitor supaya bisa memperoleh bagian pasarnya. Perusahaan harus menawarkan produk unggulan yang nantinya memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen.
Selain itu, dibutuhkan pengembangan atas produk yang memang belum ditawarkan oleh kompetitor di pasar. Pada proses pengambilan keputusan ini perlu diketahui teknis yang harus dilakukan pada produk. Sehingga memiliki nilai ekonomis dan unggulan melalui pemasaran yang cepat.
(Baca juga: Isi dan Kelengkapan Surat Saat Jual Beli Properti)
- Penetapan Sasaran Pasar
Fungsi manajemen pemasaran salah satunya harus menetapkan sasaran pasar. Hal ini dapat memberikan nilai untuk melihat keaktifan dari bagian pasar itu sendiri.
Kegiatan yang dilakukan dalam menetapkan sasaran pasar berupa evaluasi setiap bagian pasar yang meliputi pertumbuhan serta ukuran bagian yang berhubungan dengan pendapatan, segmen ataupun jenis kelamin. Selain itu, juga harus melihat struktural dari segi profitabilitas, sumber daya dan sasaran yang telah dimiliki oleh perusahaan.
- Merencanakan Marketing
Kegiatan pemasaran harus dilakukan oleh perusahaan supaya dapat mengarahkan dan mengkoordinasi dalam pencapaian tujuan. Pengarahan beserta alat koordinasi untuk melakukan pemasaran yaitu planning yang harus dibuat secara matang.
Terlepas dari perusahaan menggunakan jenis gaya manajemen seperti apa tentunya sangat penting dalam pembuatan perencanaan. Tahapan untuk perencanaan pemasaran ini meliputi penetapan misi, mengenal unit bisnis pada strategi perusahaan dan mengenali arena bisnis terbaru.
Tujuan marketing manajemen
- Mencari Keuntungan
Tim pemasaran menjadi sebuah tim di dalam perusahaan yang bisa bergerak untuk meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Pendapatan yang diperoleh berasal dari hasil penjualan baik itu barang ataupun jasa yang terus mengalami peningkatan.
Jika dari perusahaan tidak bisa memperoleh keuntungan secara signifikan dan justru merosot. Sudah dipastikan bahwasanya perusahaan tersebut tidak akan mampu lagi untuk bertahan dalam waktu lama.
Selain itu, saat perusahaan mendapat keuntungan tentunya lebih mudah dalam bertumbuh dan berkembang ke depannya. Hal ini memberikan dampak baik untuk menganekaragamkan perusahaan bisnis.
- Meningkatkan Permintaan
Marketing management memiliki tujuan dalam menciptakan permintaan dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan. Bagian marketing ini harus memiliki cara yang tepat dengan hubungannya bisa disesuaikan terhadap selera dari konsumen.
Sehingga perlu diketahui bagaimana preferensi konsumen atas barang ataupun jasa yang telah ditawarkan oleh perusahaan. Dengan begitu, dapat diketahui hasil produksi perusahaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan dari para konsumen ataupun tidak.
- Memberikan Kepuasan Pelanggan
Tujuan manajemen pemasaran tidak hanya menciptakan konsumen baru saja. Bagi perusahaan yang harus melakukan pengembangan serta menjalankan proses distribusi. Pastinya harus mampu memenuhi ekspektasi dari setiap konsumen dalam memberikan kepuasan atas pembelian produk ataupun jasa.
Pada saat konsumen merasa tidak puas, bisnis yang dijalankan tidak mampu menghasilkan keuntungan dalam memenuhi biaya lainnya. Bahkan, adanya penilaian yang buruk membuat perusahaan tidak balik modal.
- Membuat Citra Baik Terhadap Produk
Dalam membangun citra baik terhadap produk di mata masyarakat umum menjadi tujuan yang perlu dilakukan dalam marketing manajemen. Pada saat tim marketing ini telah menyediakan barang ataupun jasa berkualitas pada konsumen dengan penawaran harga yang sangat wajar. Tentunya bisa membangun citra positif pada konsumen yang telah membelinya.
Citra baik perusahaan menjadi suatu hal yang sangat penting karena memberikan nilai terhadap kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Ketika perusahaan menawarkan produk atau jasa berkualitas dan unggulan tentunya memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membelinya.
- Menciptakan Konsumen Baru
Perusahaan yang baru berdiri dalam melakukan penjualan produk atau jasa akan ditentukan pada konsumen. Oleh karena itu, konsumen merupakan dasar dalam menjalankan bisnis pada sebuah perusahaan.
Dalam hal ini, konsumen memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kenaikan pendapatan perusahaan. Selain itu, peranan dari konsumen sebagai penentu produk yang nantinya bisa dijual oleh perusahaan untuk ditawarkan kembali.
Menciptakan konsumen baru tentunya harus melakukan identifikasi dan eksplorer terhadap kebutuhan para konsumen secara lebih luas lagi. Apabila dari sebuah perusahaan ingin berkembang dan tumbuh dalam menjalankan bisnisnya.
Tentunya untuk menciptakan konsumen baru bisa dilakukan meskipun memang menjadi suatu hal yang sangat krusial. Maka, perlu dilakukan analisis terlebih dahulu untuk memahami keinginan dan kebutuhan dari para konsumen. Apa itu manajemen pemasaran memiliki tugas baru dengan tujuannya dalam mendatangkan konsumen baru.
Perumahan Candela Residence pilihan cocok untuk keluarga
Mendapatkan rumah impian untuk masa depan memang perlu dipertimbangkan secara matang supaya memberikan kenyamanan lebih di dalamnya. Tidak jarang, bagi para developer menyediakan fasilitas hingga fitur lengkap yang menawarkan kenyamanan.
Salah satunya perumahan Candela Residence dari developer perumahan PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan ini membawa konsep mewah klasik dan tetap mengutamakan sisi modern. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal bagi Anda yang menyukai nuansa klasik dan terlihat mewah.
Hunian juga berada di lokasi kawasan bebas banjir yang sangat menguntungkan saat musim hujan tiba. Keberadaan perumahan Candela Residence berada di lokasi strategis yang berdekatan dengan jalan tol dan MRT.
Hunian ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas mumpuni di antaranya halaman yang luas, panel surya dan smart home. Ketersediaan fasilitas lengkap di dalam setiap unit rumah memberikan penawaran menarik untuk menunjang kegiatan sehari-hari bagi penghuni.
Rumah minimalis modern ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai hunian untuk masa depan. Candela Residence menawarkan hunian premium dengan konsep mewah minimalis tidak hanya unggul dari segi desain, namun juga menawarkan kenyamanan.
Rumah nempel Jakarta harga 1 milyaran ini menjadi referensi menarik dalam mendapat rumah dengan konsep mewah klasik di selatan Jakarta. Dengan begitu, bisa mengklaim promo yang ditawarkan oleh Candela Residence dalam mendapatkan unit sesuai keinginan. Download Pricelist Candela Residence di Sini.
Itulah fungsi dan tujuan dari kegiatan manajemen pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan bisnis pasti menjalankan kegiatan pemasaran untuk mendukung pengenalan produk dan meningkatkan penjualan.