Tips Bisnis Properti

Terdapat beberapa tips bisnis properti yang bisa diterapkan oleh para pemula. Bisnis properti memang terkesan harus menghabiskan modal yang sangat besar. Namun faktanya, terdapat beberapa developer properti yang tetap berdiri tegak dengan modal yang sangat minim. Hal tersebut tentu saja dapat dilakukan dengan keyakinan tinggi dan tekun dalam menjalaninya. 

Tips Bisnis Properti untuk Pemula Anti Gagal

  1. Kesempatan dari Lingkungan Sekitar

Bisnis properti bisa dimulai dengan mudah. Salah satu caranya adalah mengintip kesempatan sekecil-kecilnya dari lingkungan terdekat. Anda harus melacak apakah ada rumah atau ruko di lingkungan dekat rumah yang sedang dijual.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menawarkan diri kepada si pemilik rumah atau ruko yang dijual tersebut. Tujuannya adalah untuk menjadi makelar. Sangat penting untuk menentukan berapa komisi yang akan diterima apabila sukses mendatangkan pembeli. Hal tersebut sangat penting agar tidak mendapatkan kerugian. Jangan sampai hanya mendapatkan komisi sedikit setelah menghabiskan tenaga dan waktu untuk mencari konsumen.

  1. Bertindak Sebagai Makelar Lepas

Tips bisnis properti terbaik selanjutnya bagi para pemula ini hampir sama dengan tips yang pertama. Namun marketing lepas tidak melulu soal memasarkan hunian atau ruko yang hanya di lingkungan sekitar saja.

Langkah yang harus ditempuh adalah dengan mencari tahu soal properti terbaik dari media sosial, surat kabar hingga iklan. Tahapannya hampir mirip dengan cara yang pertama. Hubungi si pemilik untuk menawarkan diri agar dapat membantunya untuk memasarkan propertinya.

Pemilik properti mungkin pada awalnya akan merasa curiga. Namun hal tersebut sangat wajar untuk terjadi karena Ana dan pembeli tidak saling mengenal. Oleh karena itu, di saat itu, Anda dituntut untuk dapat meyakinkan si pemilik. Apabila Anda dapat mendapatkan kepercayaan dari si pemilik, bukan tidak mungkin peluang kerja sama akan terbuka lebar.

  1. Membuat Website Pemasaran

Internet adalah wadah dimana banyak orang mencari informasi. Dewasa ini, informasi yang dihadirkan media sosial pun saat ini lebih dipercaya dibandingkan iklan yang ada di media konvensional atau surat kabar.

Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang perlu dicoba adalah membuat website pribadi yang berkaitan soal properti yang sedang dijual. Cantumkan informasi lengkap antara lain, harga, peruntukan bangunan, deskripsi luas bangunan dan jenis propertinya.

Masukkan harga yang lumayan menjulang karena para calon pembeli biasanya akan melakukan penawaran harga. Anda juga dapat melihat beberapa website properti sebagai standar website agar terlihat lebih profesional.

Membuat website memang tidak menghabiskan dana yang terlalu besar dan menghabiskan banyak waktu. Terdapat beberapa jasa pembuat website yang bisa membuat website memiliki desain yang menarik dan kredibel.

(Baca juga: Bagaimana Cara Iklan Properti di Instagram? Begini Ulasannya)

  1. Merekrut Pegawai

Tips bisnis properti pemula berikutnya adalah merekrut pegawai tambahan apabila bisnis dirasa sudah stabil dan memiliki proyeksi ke depannya. Sangat penting untuk merekrut pegawai untuk membantu Anda menjalani bisnis ini. Rekrut satu hingga dua orang yang dapat meng-handle beberapa bidang. Pada umumnya, tenaga tambahan tersebut diperuntukkan di bidang administrasi.

Jangan terlalu tinggi dalam mencantumkan kualifikasi untuk tenaga tambahan. Namun, ketika mendapatkan sebuah proyek yang cukup besar, tak ada salahnya untuk mendatangkan tenaga ahli. Yang perlu dilakukan hanyalah menyiapkan dana untuk membayar mereka. Apabila akan merekrut tenaga baru yang kualifikasinya tinggi, maka dana untuk gaji yang harus dikeluarkan pun juga semakin besar.

  1. Melakukan Kerja Sama

Lakukanlah kerja sama dengan keluarga, kerabat atau teman yang bisa diajak untuk join bisnis properti. Langkah ini bisa diterapkan apabila telah memiliki modal yang besar. Kerja samanya pun bisa berbentuk apa saja.

Kerja sama bisa dilakukan dengan merintis bisnis properti dari awal, mulai dari merancang budget, mencari pengelola perumahan, melakukan pemasaran hingga mencoba pengembangan lainnya. Namun ada juga yang menanam modal secara bersama-sama hingga mencari pengelola properti baik online melalui marketplace maupun offline seperti event pameran properti.

Tips bisnis properti kerja sama ini memang membutuhkan komitmen dari berbagai pihak yang terkait. Apabila komitmen tidak dapat dijalani oleh seseorang, maka mungkin saja bisnis tersebut tak akan berjalan dengan baik.

Bahkan tidak bisa dipungkiri kerugian akan datang pada salah satu orang apabila kehilangan fokus dan komitmen. Oleh karena itu, pilihlah partner bisnis yang kredibel dan bisa dipercaya. Bekerja samalah dengan orang-orang yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

Bisnis Properti dan Keunggulannya

Bisnis memang menjadi salah satu lahan yang memiliki daya tarik tersendiri. Bisnis ini tentu saja memiliki risiko dan peluang yang bervariasi. Namun bisnis properti ini tentu saja memiliki sejumlah keunggulan:

  1. Nilai Jualnya Terus Naik

Bukan sebuah lelucon belaka apabila harga properti yang memang terus melonjak setiap tahunnya. Suplai properti memang tak selalu ada sedangkan kebutuhan cenderung naik. Hal itulah yang membuat harga properti selalu melonjak.

  1. Kebutuhan Utama

Ada tiga kebutuhan utama manusia yaitu sandang, pangan dan papan. Papan atau tempat tinggal adalah properti. Oleh karena itu, bisnis properti ini merupakan sebuah bisnis dengan cakupan yang cukup luas.

  1. Risiko Rugi Minim

Properti memang merupakan sebuah bisnis dengan risiko kerugian yang sangat rendah. Harga properti cenderung tak stabil seperti investasi lainnya antara lain valuta asing, komoditas atau saham.

  1. Terhindar dari Inflasi

Memang dibutuhkan perawatan ekstra ketika memiliki properti. Namun apabila aset disimpan dalam bentuk uang, maka inflasi akan menggerus aset Anda. Dalam satu dekade ke depan, uang dua juta akan semakin menurun nilainya. Namun properti yang senilai dua juta rupiah saat ini tentu saja akan semakin naik dalam satu dekade ke depan.

  1. Aset Masa Depan

Apabila harga properti sedang menukik tajam, jangan panik dan tak perlu terburu-buru untuk melepasnya. Harga yang ada di pasaran tentu saja akan mencari keseimbangan. Harga yang menukik deras dilanjutkan dengan demand pasar yang tinggi dan harga cenderung akan normal kembali. Untuk itu, properti adalah salah satu aset yang sangat cocok di masa depan.

Seputar Candela Residence yang Jadi Proyek MCM

Bagi Anda yang sedang mencari hunian dengan konsep klasik dan mewah namun tak hilang tampilan modernnya, Candela Residence adalah hunian yang dicari. Lokasi properti ini sangat strategis dan bisa diakses dari tol.

Candela Residence berada di lokasi dimana terletak berbagai macam fasilitas umum. Salah satu fasilitas umum yang bisa dirasakan dengan baik adalah MRT. Oleh karena itu, hunian ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktivitas tinggi.

Selain itu, hunian ini tak tersentuh oleh banjir dimana hal tersebut jadi salah satu keunggulan yang tidak dimiliki beberapa hunian di sekitarnya. Para penghuni pun tak perlu khawatir tinggal di daerah hunian ini apabila curah hujan sedang tinggi-tingginya.

Berbicara fasilitas, hunian ini menawarkan sejumlah fasilitas terbaik seperti halaman yang cukup luas, smart home dan panel surya. Properti dengan konsep rumah minimalis modern ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang cari rumah di Pondok Cabe.

Apalagi rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran ini sudah terjual banyak unitnya. Menjadi bukti bahwa rumah ini memang banyak diminati.

Demikian info tentang tips bisnis properti serta informasi perumahan yang ada di Tangerang Selatan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *