Cara Menjaga Lingkungan Rumah

Cara menjaga lingkungan rumah tidak cukup hanya dengan menjaga bagian dalamnya saja. Anda juga perlu memperhatikan bagian luar rumah dan sekitarnya. Berikut kami rangkumkan bagaimana menjaga lingkungan rumah agar senantiasa bersih dan terawat.

Ini Dia Cara Menjaga Lingkungan Rumah Tetap Bersih  

  1. Pisahkan jenis sampah
1. Pisahkan jenis sampah
1. Pisahkan jenis sampah

Untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terawat, Anda bisa memulainya dari memisahkan jenis sampah. Gunakan dua tempat sampah yang memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

Tujuan memisahkan dua jenis sampah ini adalah agar mempermudah proses daur ulang. Anda bisa memulai hal ini dengan memisahkan sampah di dalam rumah. Selain jenis sampah organik dan anorganik, pisahkan juga kedua sampah tersebut dengan sampah b3.

Sampah b3 adalah jenis sampah yang mengandung bahan beracun serta berbahaya. Salah satunya adalah sampah oli bekas, baterai bekas, atau charger dan kabel tak terpakai. Sampah ini harus dipisahkan dalam pembuangannya agar tidak berbahaya bagi lingkungan.

  1. Daur ulang sampah
2. Daur ulang sampah
2. Daur ulang sampah

Lakukan daur ulang sampah milik pribadi. Anda bisa melakukan hal ini di layanan daur ulang yang tersedia di internet. Ada beberapa opsi yang dapat dilakukan, mulai dari mengirim barang ke tempat daur ulang hingga mendatanginya langsung.

Pastikan Anda telah memisahkan sampah sebelum melakukan hal ini. Teknologi zaman ini memudahkan kita untuk semakin mudah mendaur ulang sampah. Dengan melakukan daur ulang, tidak akan ada sampah yang menumpuk di sekitar lingkungan.

Anda juga telah berkontribusi dalam menekan jumlah sampah di Indonesia dengan melakukan daur ulang. Daur ulang juga bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Contohnya seperti mendaur ulang sampah basah menjadi pupuk organik untuk tanaman.

  1. Tidak membuang sampah sembarangan
3. Tidak membuang sampah sembarangan
3. Tidak membuang sampah sembarangan

Cara menjaga lingkungan agar bersih adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini wajib dilakukan oleh Anda dan semua orang di lingkungan tersebut. Jangan pernah membuang sampah di saluran air maupun pinggir jalan.

Membuang sampah sembarangan hanya akan merusak lingkungan dan menyebabkan banjir. Jika perlu, terapkan aturan yang memberikan efek jera bagi pelaku pembuang sampah sembarangan di daerah rumah Anda.

Sebagai contoh, jika ada yang membuang sampah sembarangan maka kenakan denda dengan jumlah yang besar. Denda ini nantinya bisa masuk ke uang kas RT dan digunakan ketika ada acara-acara perayaan besar, seperti acara lomba 17-an.

(Baca juga: Tips Membangun Rumah Bertahap yang Nyaman Dihuni)

  1. Membersihkan selokan
4. Membersihkan selokan
4. Membersihkan selokan

Bersihkan selokan di area perumahan secara rutin. Dengan membersihkan selokan secara rutin, air akan berjalan dengan lancar dan tidak ada sumbatan. Hal ini akan mengurangi risiko penyebab banjir.

Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah Jabodetabek, masalah seperti banjir sangat sering ditemukan Saluran air yang bebas dari sampah akan mengurangi risiko penyebaran penyakit. . Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan selokan secara berkala.

Anda dapat memasukkan agenda pembersihan selokan ke dalam agenda kerja bakti. Dengan begitu, setiap orang akan berjibaku membersihkan selokan di daerah perumahan tersebut.

  1. Rutin menyapu halaman
5. Rutin menyapu halaman
5. Rutin menyapu halaman

Halaman rumah yang bersih berpengaruh pada bagaimana lingkungan sekitar terlihat. Dengan rutin membersihkan halaman rumah, Anda bisa berpartisipasi dalam menjaga keasrian lingkungan rumah.

Menyapu halaman ini sangat berpengaruh pada tampilan luar rumah. Jika ingin memiliki rumah yang terlihat bersih dan nyaman, maka hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya menyapu halaman dilakukan di pagi hari agar tidak terlalu panas.

Namun, Anda juga dapat melakukannya di sore hari ketika matahari akan mulai terbenam. Hindari menyapu halaman di siang hari agar tidak memperberat pekerjaan. Anda juga bisa menyewa orang lain untuk melakukan pekerjaan ini.

  1. Kerja bakti
6. Kerja bakti
6. Kerja bakti

Buat jadwal kerja bakti dengan tetangga sekitar. Anda bisa berkoordinasi dengan ketua RT untuk menentukan jadwal ini. Selain sebagai salah satu cara menjaga lingkungan rumah rapi dan terawat, kerja bakti juga dapat meningkatkan keakraban antar tetangga.

Oleh karena itu, buatlah jadwal kerja bakti rutin selama 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Kerja bakti ini akan membuat lingkungan rumah Anda menjadi bersih dan terawat. Pastikan seluruh orang yang tinggal di daerah tersebut ikut berpartisipasi

  1. Menggunakan tempat sampah dengan penutup
7. Menggunakan tempat sampah dengan penutup
7. Menggunakan tempat sampah dengan penutup

Gunakan tempat sampah yang memiliki penutup di luar rumah. Hal ini akan berpengaruh terhadap kebersihan dan kenyamanan orang sekitar. Tempat sampah dengan penutup membuat bau dari sampah di dalamnya tidak tercium ke luar.

Selain itu, tempat sampah seperti ini juga bisa mengurangi potensi datangnya serangga seperti lalat. Lingkungan rumah pun akan terlihat lebih bersih dan rapi jika menggunakan tempat sampah ini. Tidak akan ada sampah yang terlihat dan berserakan di pinggir jalan.

Tempat sampah yang tertutup memberikan kesan yang rapi. Ini adalah salah satu tips cara menjaga lingkungan rumah dengan mudah. Anda bisa mendapatkan rumah dengan lingkungan yang bersih, nyaman, dan bebas dari penyakit dengan cara ini.

Perumahan Lingkungan Nyaman di Casa De Ramos

CASA DE RAMOS
Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Memiliki hunian di lingkungan yang nyaman dan terawat adalah impian semua orang. Lingkungan rumah yang bersih dapat dijadikan indikator kesehatan. Anda bisa memilih rumah dengan lingkungan seperti ini di Tangerang Selatan. Salah satunya yaitu di perumahan Casa De Ramos.

Casa De Ramos menawarkan hunian mewah dengan lingkungan yang asri. Daerah di sekitar perumahan ini sangat terjaga kebersihannya. Anda tidak akan mendapatkan rumah dengan lingkungan yang kumuh dan tak terawat.

Konsep hunian di perumahan ini adalah rumah modern klasik yang tersedia dalam dua tipe. Kedua tipe ini adalah Tipe La Rosa dan Tipe Jazmin. Keduanya sama-sama memiliki konsep dan juga fasilitas yang sama. Tidak ada perbedaan signifikan kecuali dari segi luas bangunan dan tanah.

Anda bisa mendapatkan rumah dengan halaman yang luas dan juga fasilitas panel surya plus smart home. Seluruh fasilitas ini sudah disediakan dari pihak developer, yaitu PT Multiguna Cipta Mandiri. Pihak developer akan menginstal fasilitas tersebut di hunian milik Anda.

Lokasi perumahan ini juga sangat dekat dengan stasiun MRT Lebak Bulus serta gerbang Tol Cinere. Selain kemudahan akses transportasi, Casa De Ramos berada di kawasan bebas banjir. Anda tidak akan berada di bawah bayang-bayang banjir tahunan jika membeli hunian di sini.

Memiliki rumah yang nyaman, bersih, dan aman adalah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan lingkungan di sekitar rumah yang akan dibeli. Anda bisa membeli rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran di Casa De Ramos sebelum terlambat.

Anda harus menerapkan cara menjaga lingkungan rumah untuk menjaga kebersihan dan kerapiannya. Kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pribadi, tetapi juga tanggung jawab bersama. Partisipasi setiap orang sangat dibutuhkan untuk mencapai hal ini. 

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *