Housing Development Tangerang Selatan

Housing development Tangerang Selatan belakangan ini berkembang secara drastis. Ini terjadi karena ada faktor-faktor pendorong. Salah satunya yaitu faktor urbanisasi dan digitalisasi. Simak artikel berikut untuk mengetahui faktor pendorong pembangunan perumahan secara lebih lanjut.

Faktor Pendorong Housing Development Tangerang Selatan

  1. Sifat konsumtif masyarakat

Sifat konsumerisme yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia menjadi salah satu faktor berkembangnya pembangunan perumahan. Masyarakat yang konsumtif merasa bahwa hunian satu saja tidak cukup, mereka membutuhkan hunian lain dengan dalih investasi.

Mereka bisa membeli rumah dengan sistem angsuran agar tidak terlalu terbebani. Hal ini tentu berdampak pada kemajuan industri perumahan. Setiap developer berbondong-bondong menciptakan perumahan dengan fasilitas dan harga bersaing.

  1. Gaya hidup masyarakat

Perubahan gaya hidup dari masyarakat desa menjadi masyarakat kota turut menjadi penyebab kemajuan pembangunan perumahan. Perubahan ini mengharuskan mereka untuk memiliki rumah yang layak dihuni.

Oleh sebab itu, biasanya perumahan sangat menjamur di daerah-daerah yang ramai pendatang. Developer memanfaatkan hal ini sebagai celah untuk menarik masyarakat yang memang membutuhkan hunian karena tuntutan gaya hidup.

  1. Digitalisasi

Digitalisasi merupakan salah satu faktor housing development Tangerang Selatan. Melalui internet orang-orang bisa mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Salah satunya informasi mengenai perumahan yang dijual di berbagai daerah.

Orang-orang bisa membeli hunian di Tangerang Selatan meskipun mereka bukan penduduk asli sana. Faktor digitalisasi ini menjadi salah satu faktor terkuat mengapa bisa terjadi housing development yang berkembang pesat di daerah tertentu.

  1. Arus globalisasi

Arus globalisasi memaksa masyarakat untuk bersaing di dalam dunia industri. Di Indonesia sendiri, kehadiran MEA menjadi salah satu penyebab mengapa pembangunan perumahan menjadi sangat pesat. Hal ini disebabkan oleh pasar yang semakin luas.

Tak hanya orang Indonesia, banyak pendatang luar dari area Asia Tenggara yang juga membutuhkan hunian. Ini menjadi keuntungan besar bagi developer karena berarti pasarnya bisa semakin luas lagi.

  1. Urbanisasi

Tingkat perpindahan penduduk yang diperkirakan melonjak dalam 10 tahun ke depan turut menjadi alasan mengapa hal ini terjadi. Developer berbondong-bondong membangun perumahan terutama di daerah industri.

Penyebab perpindahan penduduk yang paling besar adalah faktor ekonomi. Masyarakat banyak yang mengadu nasib di daerah Jabodetabek karena di situlah perputaran ekonomi paling besar terjadi.

  1. Kegiatan industri

Kegiatan industri di sebuah daerah juga bisa menjadi faktor pendorong terjadinya housing development. Semakin banyak kegiatan industri, maka peluang akan hadirnya perumahan di daerah sekitar akan semakin besar.

Para pekerja industri tersebut tentu mengincar hunian yang memiliki jarak dekat dengan tempat kerja. Hal ini yang kemudian dimanfaatkan oleh para pengusaha properti untuk membangun perumahan di daerah tersebut.

Baca Juga: (Aturan Menjaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Terawat)

Efek Housing Development

Ada banyak dampak housing development Tangerang Selatan baik yang negatif maupun positif. Berikut kami hadirkan 6 dampak pembangunan perumahan terhadap masyarakat, lingkungan, dan ekonomi di Indonesia.

  1. Peningkatan stratifikasi sosial

Pembangunan perumahan dapat turut andil dalam meningkatkan stratifikasi sosial. Munculnya banyak perumahan akan membuat developer mematok harga yang bisa bersaing.

Semakin tinggi harga rumah di sebuah daerah maka akan semakin kecil kesempatan rakyat kecil untuk membeli rumah. Akibatnya akan ada banyak orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal.

  1. Harga lahan semakin mahal

Harga lahan milik rakyat biasa akan menjadi semakin mahal karena harus bersaing dengan harga perumahan sekitar. Hal ini tentu mempersempit kesempatan orang-orang untuk bisa memiliki hunian dan lahan yang layak.

Selain itu, ada beberapa developer nakal yang membeli harga lahan milik warga dengan harga rendah tetapi dijual kembali dengan harga tinggi. Hal ini yang menjadi penyebab utama mengapa harga lahan bisa menjadi semakin mahal.

  1. Kerusakan lingkungan

Tak hanya berdampak pada masyarakat, pembangunan perumaha juga memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap lingkungan. Jika pembangunan ini tidak mempertimbangkan lingkungan, maka akan terjadi kerusakan secara masif.

Mulai dari drainase yang buruk, daerah serapan air berkurang, penebangan pohon untuk pembukaan lahan, dll. Semua hal ini berdampak buruk bagi kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, pemerintah perlu menetapkan aturan ketat terkait pembangunan perumahan ini.

  1. Tersedianya lapangan kerja

Tak hanya dampak negatif, pembangunan perumahan juga tentu memiliki dampak positif. Salah satunya yaitu ketersediaan lapangan kerja. Contohnya seperti menjadi staff marketing perumahan di daerah tersebut.

Ini tentu menjadi angin segar terutama bagi orang-orang yang masih sulit mencari kerja. Kesempatan akan terbuka semakin luas seiring dengan berjalannya proses pembangunan di sebuah daerah.

  1. Menambah pendapatan daerah

Pembangunan perumahan akan menambah pendapatan kapita per daerah. Semakin tinggi pendapatan sebuah daerah, maka kesempatan untuk berkembangnya semakin besar pula. Hal ini nantinya akan berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu pemerintah terkadang sangat menggebu-gebu dalam melaksanakan pembangunan. Kesempatan untuk membuat sebuah daerah menjadi lebih maju lagi tentu adalah peluang emas yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Ketersediaan rumah layak huni

Salah satu contoh housing development Tangerang Selatan adalah membangun rumah KPR. Pembangunan rumah KPR ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam membeli rumah dengan harga terjangkau.

Semakin banyak masyarakat yang memiliki rumah layak huni, maka semakin menurun juga tingkat kemiskinan di daerah tersebut. Oleh karena itu, kini tersedia banyak perumahan yang bisa dibeli dengan KPR di Tangsel. Salah satunya adalah Casa De Ramos.

Perumahan Mewah di Tangerang Selatan

Casa De Ramos merupakan salah satu perumahan mewah yang ada di Tangerang Selatan. Perumahan ini mengusung tema modern klasik yang cocok untuk milenial. Lokasi perumahan Casa De Ramos berjarak 15 menit dari gerbang Tol Cinere.

Di tahun 2023 ini, PT Multiguna Cipta Mandiri selaku developer menyediakan dua tipe rumah yang ada di Casa De Ramos. Kedua tipe ini adalah Tipe Jazmin dan Tipe La Rosa. Harga kedua tipe ini dibandrol mulai dari 2 milyaran saja.

Fasilitas yang ditawarkan pun terbilang sangar lengkap. Anda sudah bisa mendapatkan rumah lengkap dengan fasilitas seperti panel surya dan smart home di sini. Tak hanya itu, halaman di rumah ini juga sangat luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk menanam tumbuhan di depan rumah.

Yang paling penting, Casa De Ramos berada di kawasan bebas banjir. Lingkungan sekitarnya sanga kondusif dan juga nyaman. Anda bisa mendapatkan rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran dengan lingkungan nyaman serta fasilitas yang mumpuni di tahun 2023.

Perumahan ini menjadi salah satu bukti betapa pesatnya housing development di area Jabodetabek. Mengingat area ini adalah kawasan industri yang ramai pendatang dari berbagai daerah, tak heran mengapa perumahan sangat menjamur di ini.

Housing development Tangerang Selatan adalah salah satu bentuk upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Harapannya dengan adanya hal ini, akan semakin banyak masyarakat yang memiliki rumah layak huni di masa mendatang.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *