Asuransi Apartemen

Asuransi apartemen kini banyak diminati oleh masyarakat. Namun, sebelum menjadi nasabah asuransi ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan pahami. Berikut ini kami bagikan fungsi, manfaat, dan juga tips memilih asuransi yang tepat.

Ini Dia Fungsi Asuransi Apartemen yang Wajib Anda Tahu

  1. Perlindungan bencana

Asuransi untuk properti dapat memberikan Anda perlindungan dari bencana alam. Contohnya jika apartemen Anda rusak karena terjadi gempa. Anda bisa melakukan klaim asuransi untuk apartemen jika hal-hal seperti ini terjadi.

Ini adalah salah satu bentuk perlindungan terbaik yang dapat dilakukan. Pihak asuransi akan membantu dalam menanggung biaya renovasi apartemen. Hal ini menjadikan asuransi sangat penting untuk dimiliki agar Anda tidak kehilangan tempat tinggal.

  1. Manajemen risiko

Membeli asuransi adalah salah satu bentuk manajemen risiko yang bisa Anda lakukan. Risiko ini meliputi unit apartemen yang rusak akibat bencana, kebakaran, dll. Anda akan tetap memiliki tempat tinggal yang layak jika hal-hal tersebut terjadi.

Bayangkan jika Anda tak memiliki asuransi kemudian terjadi kecelakaan seperti kebakaran yang memakan habis hunian Anda. Oleh karena itu, lebih baik mencegah kemungkinan terburuk dari awal dengan membeli asuransi.

  1. Perlindungan hukum

Membeli asuransi juga memberikan Anda perlindungan hukum. Ini merupakan salah satu manfaat asuransi apartemen yang paling penting. Perlindungan hukum yang dimaksud adalah perlindungan berupa perlindungan kebijakan bagi konsumen.

Misalnya, apartemen Anda mengalami kerusakan akibat gempa. Kemudian Anda akan melakukan klaim, tetapi pihak asuransi menolak melakukan perbaikan. Anda bisa membawa kasus ini ke jalur hukum karena kesepakatan di awal itu sah di mata hukum.

  1. Menjaga stabilitas nilai

Membeli asuransi untuk apartemen juga dapat membantu untuk menjaga stabilitas nilai apartemen. Jika Anda memiliki unit apartemen untuk investasi, maka memiliki asuransi adalah sebuah keharusan.

Terutama jika asuransi tersebut ingin dijual ataupun disewakan. Apartemen yang sudah memiliki asuransi akan membuat calon pembeli merasa lebih aman. Ini dapat menjadi salah satu faktor yang membuat apartemen Anda cepat laku di pasaran.

  1. Memberi rasa aman

Memiliki apartemen dapat memberikan rasa aman bagi penghuninya. Anda tidak perlu takut bagaimana menghadapi bencana yang bisa berpotensi membuat tempat tinggal menjadi hancur.

Dengan adanya asuransi, hal-hal seperti ini menjadi beban yang tidak terlalu besar. Selain itu, asuransi juga dapat melindungi Anda dari kasus pencurian. Kenyamanan dan keamanan ini akan membuat hidup menjadi lebih tenang dan damai.

  1. Perlindungan menyeluruh

Asuransi tak hanya memberikan perlindungan terhadap bangunan fisiknya saja, tetapi juga terhadap barang-barang di dalamnya. Ada beberapa jenis asuransi yang menawarkan perlindungan menyeluruh hingga ke dalam isi properti.

Anda bisa memilih asuransi jenis tersebut jika memiliki barang-barang elektronik yang harganya lumayan mahal. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir mengeluarkan biaya kerusakan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

(Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Rumah?)

Tips Memilih Asuransi

Setelah menentukan alasan menggunakan asuransi apartemen, kini saatnya Anda memilih jenis asuransi yang tepat. Ada begitu banyak asuransi yang dapat dipilih, tetapi tak semuanya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini tips memilih asuransi agar sesuai dengan kebutuhan:

  1. Melihat dan memahami penawaran

Kunjungi kantor asuransi yang menurut Anda memiliki penawaran paling menarik. Kemudian tanyakan lebih lanjut mengenai produk asuransi apa saja yang mereka miliki. Tanyakan penawaran asuransi apa saja yang tersedia untuk properti tempat tinggal.

Pastikan Anda memahami dan menanyakan setiap detail yang ada di dalam penawaran asuransi tersebut. Mulai dari pembayaran premi, klaim, dll. Anda harus benar-benar memahami bagaimana sistem dari asuransi tersebut berjalan.

  1. Mencari jenis asuransi sesuai kebutuhan

Cari jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Terdapat begitu banyak jenis asuransi mulai dari rumah, apartemen, kesehatan, pendidikan, dll. Pilih asuransi yang memang paling Anda butuhkan dalam beberapa waktu ke depan.

Jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya memiliki 2-3 asuransi berbeda sekaligus. Namun, hindari untuk membeli asuransi yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Pastikan asuransi yang dipilih ini sudah benar-benar sesuai dengan kondisi Anda.

  1. Mempelajari pengecualian

Pelajari pengecualian di dalam kebijakan asuransi yang dipilih. Beberapa perusahaan asuransi memiliki pengecualian yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa pengecualian umum yang biasanya memang ada di semua asuransi.

Pengecualian merupakan hal-hal yang tidak bisa menjadi alasan untuk klaim asuransi. Contohnya seperti biaya pemeliharaan, penipuan, kecerobohan pengguna, dll. Oleh karena itu, pahami betul-betul pengecualian apa saja yang tertulis di kebijakan asuransi.

  1. Mempelajari pertanggungan

Selain pengecualian, Anda juga harus memahami pertanggungan yang ditawarkan. Pertanggungan merupakan hal-hal yang bisa dijadikan alasan untuk klaim asuransi. Contohnya seperti bencana alam, pencurian, kebakaran, kecelakaan, dll.

Anda harus mengetahui pertanggungan apa saja yang ditawarkan dalam kebijakan asuransi. Tanyakan setiap detailnya kepada agen atau pihak asuransi terkait. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa rugi ketika membeli asuransi.

  1. Memahami perhitungan biaya

Pahami bagaimana sistem pembayaran premi di dalam asuransi. Premi asuransi apartemen misalnya, memiliki ketentuan yang berbeda dengan premi asuransi rumah. Khusus untuk apartemen, biasanya pihak asuransi akan menghitung nilai aset yang Anda miliki.

Kemudian akan diberikan suku premi yang senilai dengan jumlah lantai di apartemen tersebut. Di dalam asuransi properti, terdapat pembebanan biaya oleh nasabah saat akan mengajukan klaim. Besaran biaya ini biasanya sejumlah 5% dari klaim.

  1. Pahami aturan pengajuan klaim

Setiap perusahaan asuransi memiliki aturan pengajuan klaim yang berbeda. Beda jenis asuransinya berarti beda juga cara pengajuan klaimnya. Anda harus betul-betul memahami hal ini agar tidak merasa dirugikan.

Tak hanya apartemen, terdapat juga asuransi untuk hunian seperti rumah. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk melindungi rumah dari potensi kecelakaan dan bencana alam yang bisa datang kapan saja.

Hunian Aman, Bebas Banjir di Candela Residence

CANDELA RESIDENCE
Download Pricelist Candela Residence Di sini

Memiliki hunian yang jauh dari risiko banjir akan memberikan keamanan bagi pemiliknya. Anda tak perlu buru-buru memiliki asuransi jika masih memiliki kebutuhan lain yang lebih penting. Oleh karena itu, sangat penting memiliki hunian di kawasan bebas banjir.

Hunian seperti ini dapat Anda temukan di Candela Residence. Perumahan ini merupakan salah satu produk milik PT Multiguna Cipta Mandiri. Letaknya berada di Tangerang Selatan yang dekat dari Tol Cinere.

Perumahan ini menghadirkan rumah minimalis modern yang memiliki halaman luas dan juga fasilitas yang mumpuni. Anda dapat memiliki hunian lengkap dengan fasilitas pribadi seperti smart home dan juga panel surya gratis.

Belum lagi fasilitas umum yang dapat digunakan bersama di area perumahan. Hunian di sini cocok untuk Anda yang senang menaiki MRT karena letaknya hanya berjarak 5 menit dari Stasiun Lebak Bulus.

Anda bisa mendapatkan rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran bebas banjir di Candela Residence. Silakan booking sekarang dengan menghubungi agen properti MCM kami.

Memiliki asuransi apartemen dan rumah adalah hal yang penting. Hal ini merupakan salah satu langkah dalam menanggulangi risiko buruk di kemudian hari. Selain itu, memiliki asuransi bisa membuat hidup menjadi nyaman dan aman.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *