Jual beli tanah tanpa notaris

Sebelum melakukan jual beli tanah tanpa notaris, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah potensi kerugian yang akan dialami. Karena itu, sebelum memutuskan ingin jual beli tanah bahkan properti lain tanpa notaris, kenali risiko yang ada.

Berikut kami bagikan 6 risiko yang akan dihadapi jika melakukan transaksi tanpa notaris.

Risiko Jual Beli Tanah Tanpa Notaris yang Harus Anda Tahu

  1. Keabsahan dipertanyakan

Keabsahan proses transaksi jual beli tanah akan menjadi abu-abu jika dilakukan tanpa notaris atau pejabat PPAT. Notaris berperan sebagai saksi dan orang yang membuat akta mengenai legalitas dan surat menyurat proses jual beli.

Jika tak ada keduanya, maka keabsahannya akan dipertanyakan. Risiko paling besar yang bisa diterima adalah tanah yang sudah dibeli menjadi tidak sah di mata hukum. Hal ini bisa saja terjadi jika prosesnya tidak melibatkan saksi sesuai ketentuan undang-undang.

  1. Sulit untuk diproses hukum

Jika terjadi hal yang tak diinginkan, maka proses jual beli yang tak melibatkan notaris akan lebih sulit untuk diproses hukum. Misalnya, terjadi kasus wanprestasi yang dilakukan oleh penjual. Anda tak bisa dengan mudah melaporkan penjual ke badan hukum.

Alasannya karena tidak adanya saksi yang sah ketika proses transaksi berlangsung. Hal ini tentu saja akan merugikan Anda sebagai pembeli. Oleh karena itu, notaris atau pejabat PPAT sangat berperan penting dalam proses transaksi ini.

  1. Kepemilikan sertifikat tidak jelas

Kerugian jual beli tanah tanpa notaris yang mungkin Anda dapatkan adalah tak bisa memproses sertifikat kepemilikan tanah. Hal ini terjadi karena akta pembelian tanah harus dibuat oleh notaris atau PPAT.

Anda tak akan bisa melakukan balik nama kepemilikan sertifikat karena transaksi dianggap tidak sah. Dalam beberapa kasus, memang bisa melakukan balik nama tanpa akta dari PPAT. Namun, prosesnya tidak mudah dan kemungkinannya juga kecil.

  1. Memperlambat proses transaksi

Untuk Anda yang masih awam dengan dunia jual beli properti, hal ini bisa memperlambat proses transaksi. Ada banyak surat-surat dan legalitas yang harus diurus terkait dengan proses transaksi. Bagi yang belum berpengalaman, tentu hal ini akan sangat sulit.

Apalagi jika tak ada bantuan hukumnya. Notaris akan mempermudah pekerjaan Anda. Semua hal yang berkaitan dengan akta jual beli hingga proses balik nama akan mereka urus. Lebih baik menggunakan notaris dari awal daripada kesulitan di tengah jalan.

  1. Tidak bisa membeli secara kredit

Anda harus membeli tanah secara tunai dan kontan jika tak menggunakan jasa notaris. Hal ini terjadi karena proses kredit pasti berhubungan dengan bank. Bank tidak akan menerima pengajuan kredit tanpa ada surat pengantar dari notaris atau PPAT.

Masalahnya, harga tanah tidaklah murah. Membeli secara tunai sekaligus tentu akan sangat memberatkan. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk membeli secara kredit agar lebih ringan.

  1. Potensi kerugian lebih besar

Potensi kerugian dan penipuan akan terbuka lebih lebar. Kasus-kasus seperti wanprestasi sangat mungkin Anda hadapi. Jika ada saksi yang sah, maka hal-hal yang melanggar hukum bisa dihindari sejak awal.

Selain itu, proses pelaporannya juga akan lebih mudah. Cara jual beli tanah tanpa notaris adalah dengan melakukan transaksi bawah tangan. Namun, hal ini tidak disarankan untuk dilakukan karena potensi kerugiannya sangat besar.

(Baca juga: 10 Denah Rumah Sederhana tapi Mewah untuk Ide Bangun Rumah)

Tips Memilih Notaris Secara Tepat

Memilih notaris bukanlah hal sembarangan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa bertemu dengan notaris yang cocok. Berikut 6 tips memilih notaris yang bisa diikuti.

  1. Mencari rekomendasi notaris

Cari rekomendasi notaris yang memiliki reputasi baik. Anda bisa mencari hal ini di internet berdasarkan review jujur dari para klien. Selain itu, minta rekomendasi teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa notaris.

Buat list beberapa notaris yang akan menjadi pertimbangan. Setelah itu lakuan riset lebih mendalam terhadap seluruh kandidat. Dengan cara ini, potensi bertemu dengan notaris yang tepat akan lebih l besar.

  1. Riset portofolio notaris

Riset portofolio milik para notaris tersebut. Cari tahu hal apa saja yang sudah pernah mereka tangani. Lihat seberapa baik kinerja mereka dari jumlah klien yang pernah ditangani. Biasanya, semakin banyak klien artinya reputasinya pun semakin baik.

  1. Mendatangi kantor notaris secara langsung

Datangi kantor notaris secara langsung. Dengan mendatangi kantor mereka, Anda bisa melihat bagaimana cara mereka bekerja dan berkomunikasi. Pastikan notaris yang nanti Anda pilih memiliki skill komunikasi yang baik.

Skillini sangatlah penting untuk dimiliki seorang notaris. Alasannya karena pekerjaan mereka berhubungan langsung dengan klien. Jika cara berkomunikasinya buruk, maka sebaiknya hindari menggunakan jasa notaris tersebut.

  1. Membandingkan notaris satu dengan yang lain

Jika sudah melakukan riset dan survei, kini waktunya untuk membandingkan. Bandingkan antara kinerja tiap notaris yang sudah Anda temui. Pilih notaris yang paling cocok dengan apa yang Anda butuhkan.

  1. Jangan mudah percaya embel-embel senior

Notaris senior belum tentu memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang masih pemula. Tak ada salahnya menggunakan jasa notaris yang masih terhitung junior. Namun, pastikan reputasi dan kinerjanya memang tak perlu diragukan lagi.

  1. Pilih yang paling berintegritas

Pilih notaris yang memiliki integritas. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Seorang notaris selalu berurusan dengan ketentuan hukum. Memilih notaris yang berintegritas akan membuat Anda terhindar dari perbuatan ilegal yang melanggar hukum.

Jadi, jika Anda bertanya apakah bisa jual beli tanah tanpa notaris? Maka jawabannya bisa. Namun, Anda harus siap menanggung risikonya nanti. Oleh karena itu, sangat penting menggunakan jasa notaris ketika membeli properti seperti tanah dan rumah

Membeli Rumah Impian di Candela Residence

CANDELA RESIDENCE
Download Pricelist CANDELA RESIDENCE Di Sini

Candela Residence adalah hunian impian bagi semua orang. Bagaimana tidak? Mulai dari konsep hingga fasilitas yang ditawarkan sangatlah menguntungkan. Anda bisa mendapatkan rumah bergaya modern klasik dengan fasilitas yang lengkap dan siap huni.

Perumahan ini menghadirkan rumah dengan konsep modern klasik yang anggun dan elegan. Setiap unit rumah di Candela Residence ini memiliki halaman yang luas dan fasilitas yang lengkap. Jika membeli hunian di sini, Anda sudah bisa mendapatkan rumah dengan fitur smart home.

Selain itu, pihak developer juga memberikan panel surya di tiap unit rumah. Anda tak perlu memasang kedua hal tersebut secara terpisah. Candela Residence layak disebut sebagai rumah impian karena lokasinya juga sangat strategis.

Selain dekat dengan jalan tol dan stasiun MRT, kawasan di perumahan ini juga merupakan daerah bebas banjir. Jika sudah memasuki musim hujan, tak perlu khawatir rumah akan terendam oleh banjir.

Dengan seluruh fasilitas yang ditawarkan, rumah minimalis modern ini dijual kurang dari 2 milyar rupiah. Anda bisa mendapatkan rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran saja di Candela Residence. Segera dapatkan pricelistnya dengan menghubungi agen kami di sini.

Setelah membaca artikel di atas, kini Anda sudah tahu risiko yang akan dihadapi jika melakukan jual beli tanah tanpa notaris. Pastikan selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi, khususnya di bidang jual beli properti.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *