Cara Sederhana agar Gadai AJB Disetujui

Cara sederhana agar gadai AJB disetujui bisa dengan datang langsung ke layanan Pegadaian ataupun perbankan. AJB merupakan dokumen yang sangat penting dalam menentukan bahwasanya telah berlangsung adanya kegiatan transaksi secara sah.

Di dalam dokumen AJB berisi keterangan terkait pemilik yang baru dari tanah ataupun bangunan yang telah dikeluarkan oleh PPAT. AJB atau Akta Jual Beli ini bisa digadaikan terutama oleh mereka yang membutuhkan uang dalam waktu cepat.

Cara sederhana agar gadai AJB disetujui melalui pegadaian

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang telah menyediakan adanya layanan untuk jasa gadai. Layanan yang diberikan oleh Pegadaian ini menawarkan berbagai pilihan produk mulai dari kendaraan, gadai emas, efek serta sertifikat tanah atau akta jual beli.

Apabila membutuhkan dana dalam waktu cepat bisa melakukan gadai AJB yang telah dimiliki. Adapun untuk prosedur yang bisa diikuti dalam proses pengajuan gadai AJB melalui Pegadaian sebagai berikut:

  • Datang terlebih dahulu ke kantor Pegadaian terdekat baik itu Pegadaian konvensional ataupun Syariah. Pastikan telah membawa kelengkapan dokumen sebagai persyaratan yang akan dibutuhkan dalam proses gadai AJB.
  • Berikanlah semua berkas yang telah dilengkapi pada petugas loket yang ada di kantor Pegadaian.
  • Dari pihak petugas akan melakukan pengecekan terlebih dahulu atas kelengkapan dokumen dan melakukan verifikasi data.
  • Apabila permohonan mendapat persetujuan dari pihak Pegadaian, tim Pegadaian akan langsung menghubungi pihak pemohon untuk melanjutkan ke tahapan survei.
  • Pada saat proses survei sudah selesai dilakukan, pihak tim Pegadaian akan menginformasikan nilai maksimal untuk dana yang bisa dipinjam oleh pihak pemohon.
  • Jika debitur telah menyetujuinya, maka untuk dana pinjaman dapat diambil secara langsung di kantor Pegadaian ataupun meminta langsung transfer ke nomor rekening yang bersangkutan.

(Baca juga: Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Lengkap Sesuai Prosedur)

Dokumen untuk gadai AJB di Pegadaian

Cara sederhana agar gadai AJB disetujui oleh Pegadaian harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dokumen dijadikan sebagai syarat berkas harus dilengkapi ketika membuat permohonan dalam menggadaikan AJB.

Sebenarnya, persyaratan yang dibutuhkan tidak berbeda dengan syarat dalam menggadai AJB di bank ataupun gadai sertifikat. Adapun kelengkapan syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh pihak pemohon sebagai berikut:

  • AJB
  • Fotokopi KK dan KTP
  • Fotokopi surat nikah
  • Fotokopi NPWP
  • Slip gaji
  • Surat keterangan bekerja.

Perlu menjadi perhatian bagi setiap pemohon, meskipun dari pihak Pegadaian hanya membutuhkan berkas berupa salinan saja. Akan tetapi, sebaiknya juga tetap membawa kelengkapan dokumen asli jika sewaktu-waktu akan dibutuhkan oleh petugas.

Selain itu, pastikan juga membawa sertifikat tanah guna menghindari adanya kemungkinan AJB ganda. Hal ini digunakan sebagai tanda bukti bahwasanya AJB atas tanah ataupun bangunan tersebut merupakan kepemilikan secara sah.

Syarat jaminan Gadai AJB melalui Pegadaian

  1. Jaminan Berupa Bangunan
  • Mempunyai IMB untuk menunjang pinjaman hingga 50 juta lebih
  • Lebar jalan minimal bisa dimasuki kendaraan roda dua
  • Memiliki jarak minimal dari SUTET hingga 20 meter
  • Bukanlah hunian banjir untuk 2 tahun terakhir
  • Bukti pembayaran PBB pada tahun terakhir
  • Bukanlah jalur hijau
  • Lokasi tanah bisa berbeda dengan tempat tinggal pihak debitur ketika masih berada dalam satu kantor wilayah
  • Tidak ada sengketa yang menimbulkan masalah hukum.
  1. Jaminan Berupa Tanah Produktif
  • Status tanah tidak memiliki masalah atau terblokir
  • Tanah produktif memiliki lokasi yang tidak terletak di struktur tanah dengan posisi sulit dijangkau
  • Lokasi tanah bisa berbeda dengan tempat tinggal dari pihak nasabah pada saat masih di satu kantor wilayah yang sama
  • Status tanah tidak dijadikan sebagai bentuk pinjaman ataupun terikat sebagai hak tanggungan pada orang lain.

Langkah cara sederhana agar gadai AJB disetujui melalui Pegadaian tentunya harus menyerahkan tanah ataupun bangunan yang dijadikan sebagai jaminan. Apabila dari pihak debitur tidak memiliki kemampuan dalam mengembalikan pinjaman ketika telah jatuh tempo.

Maka, kepemilikan jaminan sebagai agunan di Pegadaian akan dilakukan penyitaan dari lembaga keuangan yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan, lembaga keuangan seperti halnya Pegadaian telah memberikan ketetapan persyaratan jaminan.

Jaminan yang digunakan harus memiliki nilai jual dengan nilainya yang tidak jauh berbeda dengan jumlah pinjaman yang diajukan. Sehingga ketika menggadaikan AJB tentunya harus memiliki jaminan berupa tanah ataupun bangunan yang dimiliki.

Cara Gadai AJB di Bank

Layanan perbankan juga menerima gadai AJB karena bisa dijadikan sebagai agunan dalam pengajuan peminjaman dana. Di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak layanan perbankan yang menyediakan fasilitas gadai AJB. Sehingga memberikan kemudahan bagi setiap orang ketika ingin membutuhkan dana cepat dengan menjaminkan AJB di lembaga keuangan.

Cara untuk gadai AJB di bank sangat sederhana, karena dari pihak pemohon cukup datang langsung ke kantor bank yang telah dipilih. Setelah itu, petugas akan meminta untuk melakukan pengisian formulir dalam pengajuan pinjaman kredit sesuai dengan kebutuhannya. Saat semua formulir sudah diisi dengan lengkap bisa langsung mengajukan dokumen pada petugas bank.

Dari pihak bank harus melakukan analisa terlebih dahulu terhadap berkas yang telah diberikan tersebut. Pihak bank juga perlu melakukan BI checking guna memastikan bahwa nasabah yang bersangkutan tidak memiliki kendala dalam pinjaman kreditnya.

Apabila pengajuan gadai AJB di bank tersebut mendapat persetujuan, maka prosesnya akan dilanjutkan dengan survei lokasi terlebih dahulu. Pada proses ini juga dilakukan wawancara pada pihak debitur yang melakukan pengajuan pinjaman kredit dengan gadai AJB.

Jika pengajuan gadai AJB untuk pinjaman kredit telah lolos, maka permintaan akan diterima. Proses yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman kredit melalui bank biasanya membutuhkan waktu kisaran 14 hari kerja. Cara sederhana agar gadai AJB disetujui oleh bank bisa dengan melengkapi persyaratan yang tidak jauh berbeda dengan pengajuan di Pegadaian.

Casa De Ramos hunian terbaik di lokasi strategis

CASA DE RAMOS
Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Kenyamanan yang ditawarkan oleh perumahan Casa De Ramos memang memberikan daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat yang membutuhkan hunian. Konsep yang dihadirkan dari perumahan Casa De Ramos yaitu mewah klasik dan memiliki sisi modern.

Hunian ini berada di Tangerang Selatan sebagai bangunan perumahan yang ditawarkan oleh PT Multiguna Cipta Mandiri. Keunggulan yang diberikan pada setiap penghuninya yaitu lokasi strategis yang menawarkan aksesibilitas sangat mudah.

Perumahan memiliki lokasi yang sangat dekat dengan pintu tol dan Stasiun MRT untuk menunjang bepergian yang lebih cepat. Hadirnya hunian ini juga berada di kawasan bebas banjir yang memberikan keuntungan dengan keamanan lebih.

Casa De Ramos menjadi salah satu perumahan yang telah menghadirkan adanya dua tipe sebagai alternatif pilihan yaitu tipe La Rosa dan tipe Jazmine. Dengan kehadirannya tersebut juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Beberapa fasilitas yang dilengkapi berupa halaman yang luas, fitur smart home dan panel surya.

Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran bisa menjadi alternatif dalam mendapatkan tempat tinggal dengan konsep klasik dan tetap memiliki unsur modern. Hal ini didukung dengan penggunaan teknologi canggih yang ada di dalamnya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuni. Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Ternyata cara sederhana agar gadai AJB disetujui bisa dilakukan melalui Pegadaian ataupun perbankan. Dengan prosesnya yang sangat mudah tentunya memberikan keuntungan bagi setiap orang yang membutuhkan dana dalam waktu cepat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *