Investasi Rumah Atau Apartemen

Investasi rumah atau apartemen memang memiliki keuntungan tersendiri sebuah investasi jangka panjang. Memang iInvestasi properti menjadi salah satu inovasi adanya pembaruan sebagai instrumen yang menjanjikan. Investasi properti memberikan laba atau profit pada saat membeli, mengelola, menyewa, memiliki ataupun menjual real estate.

Investasi Rumah atau Apartemen ? Simak Kelebihan Investasi Rumah

1. Memberikan Ruang Secara Personal

Pada saat memiliki rumah tentunya akan menjadi tanggung jawab secara penuh bagi pihak pembelinya. Hal ini mampu memberikan ruang secara personal bagi pemilik rumah untuk mengkreasikan rumah huniannya.

Selain itu, rumah hunian juga dapat disesuaikan dengan style dari pribadi pemilik rumah. Akan tetapi, terdapat beberapa perumahan ataupun cluster yang tidak bisa diganti tampilan sesuai dengan keinginan. Namun, biasanya tetap diperbolehkan untuk memberikan sentuhan dekorasi di dalamnya.

Baca Juga: (Kesalahan Menabung Untuk Beli Rumah Pertama Yang Harus Dihindari)

2. Memiliki Gain Besar

Pemilihan rumah yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai investasi properti karena mampu menawarkan gain yang besar. Harga dari landed house setiap tahunnya, khususnya di kawasan kota besar terus mengalami peningkatan dan nilainya akan bertambah ketika dijual.

Pada saat, lahan di suatu wilayah sudah semakin sempit tentunya menjadi peluang yang cukup tinggi untuk harga jual dari investasi properti residensial. Tidak hanya dari faktor wilayah saja, akan tetapi dengan kehadiran perumahan yang menawarkan konsep unggul dan unik juga bisa membuat harganya tinggi.

Seperti halnya, rumah yang berada di kawasan perkotaan Mandiri ataupun terintegrasi dengan kelengkapan akses dan infrastruktur memadai. Tentunya dapat dijadikan sebagai investasi karena memiliki nilai yang cukup tinggi.

3. Dapat Dijadikan Agunan

Keuntungan investasi rumah atau apartemen memang dapat dijadikan sebagai pilihan menarik. Sebab, dengan menjalankan investasi rumah dapat dijadikan sebagai properti menjanjikan untuk agunan.

Pada beberapa lembaga perbankan banyak yang menawarkan program kredit dan memberikan kebebasan untuk menjaminkan rumah yang dimilikinya. Dengan demikian, dana pinjaman dari pengajuan sistem kredit ke layanan perbankan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lain. Sehingga bisa dijadikan sebagai dana untuk renovasi rumah, biaya pendidikan atau yang lainnya.

Kelebihan Dari Investasi Apartemen

  1. Berada di Lokasi Strategis

Apartemen dapat dijadikan sebagai pilihan investasi properti residensial yang berada di wilayah lahan terbatas seperti perkotaan. Sehingga untuk lokasi dari bangunan apartemen ini tergolong sangat strategis. Hal ini dikarenakan, apartemen berdekatan dengan pusat perbelanjaan, pusat bisnis dan lainnya.

Sejauh ini untuk pembangunan apartemen berdekatan dengan fasilitas publik yang berada di perkotaan kondisi prima. Sebab, memiliki target market untuk penjualan apartemen pada masyarakat urban.

  1. Harga Jual dan Sewa Tinggi

Banyak diantara para penyewa properti yang memilih untuk investasi apartemen dibandingkan landed house. Sampai saat ini apartemen cenderung lebih private dengan lokasinya berada di tengah keramaian.

Dengan demikian, untuk melakukan pemasaran bisnis sewa apartemen tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, harga jual dan sewa dari apartemen cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan rumah. Terlebih, ketika menyewakan apartemen pada warga asing.

Apartemen ini dapat dijadikan sebagai sumber passive income karena bisa disewakan. Sehingga untuk menjalankan bisnis cenderung lebih fleksibel.

  1. Memiliki Fasilitas Lengkap

Pilih investasi rumah atau apartemen bisa dijadikan pertimbangan terlebih dahulu. Apartemen memiliki kelebihan dengan fasilitas lengkap yang dihadirkan oleh developer.

Setiap apartemen tentunya memiliki fasilitas premium yang sangat lengkap sehingga bisa dinikmati oleh para penghuninya. Kehadiran dari kelengkapan fasilitas internal apartemen bisa membuat nilainya semakin bertambah.

Kekurangan Investasi Rumah 

Dalam pembelian rumah yang dijadikan sebagai investasi properti tidak hanya memberikan keuntungan bagi pelaku investasi. Membeli rumah sebagai properti juga memiliki tingkat risiko yang menjadi kekurangannya.

Rumah bisa mengalami penyusutan dalam waktu yang cukup cepat seiring berjalannya waktu. Meskipun nilai dari bangunan rumah tersebut mudah mengalami penurunan. Akan tetapi, untuk harga tanah terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Apabila ingin melakukan sewa pada rumah yang memiliki nilai sama dengan apartemen. Maka, rumah yang ditawarkan sebaiknya berada di kawasan premium seperti halnya kawasan kota Mandiri ataupun kompleks perumahan.

Selain itu, untuk harga sewa rumah biasanya juga akan mengalami penurunan apabila lokasinya berada di gang kecil. Terlebih, untuk akses transportasi menuju ke rumah tersebut sangat susah tentunya tidak akan banyak orang yang berminat membeli atau menyewanya.

Kekurangan Investasi Apartemen

Kerugian investasi rumah atau apartemen harus menjadi pertimbangan yang matang sebelum memutuskannya. Ketika ingin membeli apartemen untuk dijadikan investasi properti, perlu diketahui keuntungan dan kerugian yang nantinya akan didapatkan.

Pada jenis instrumen investasi properti apartemen, biasanya memiliki tingkat kerugian dari pihak konsumen atau penyewa. Hal ini dikarenakan, penyewa biasanya telat dalam melakukan pembayaran sewa dan bahkan banyak di antara mereka yang tidak membayarnya.

Cara yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut yaitu harus sering memastikan untuk mengecek secara ulang. Selain itu, bisa melakukan screening ketika ingin membuat perjanjian untuk sewa apartemen.

Kekurangan yang dimiliki ketika memutuskan untuk investasi apartemen yaitu dari pemilik apartemennya sendiri. Sebab, pemilik hanya mempunyai hak dari hunian tersebut secara vertikal dan tidak berhak atas tanah yang ditempati bangunan tersebut.

Sekarang ini sudah banyak pilihan apartemen yang berada di atas lahan dengan status HGB atau HPL. Sehingga, akan membutuhkan proses perpanjangan atas hak milik apartemen.

Dalam hal ini, pemilik dari apartemen biasanya akan bingung ketika ingin melakukan perpanjangan hak milik. Terlebih, untuk kepemilikan apartemen sesudah 20 tahun ke depan.

Risiko lain yang akan dirasakan ketika membeli investasi apartemen yaitu sepi peminat. Para pihak bank tidak akan melirik properti apartemen untuk dijadikan layanannya sebagai jaminan untuk pengajuan pinjaman kredit. Kekurangan lain dengan memilih apartment yaitu dari pemilik hunian vertikal tidak dapat melakukan perluasan area.

Graha Taruma Konsep Nuansa Minimalis Modern

GRAHA TARUMA
Download Pricelist GRAHA TARUMA Di Sini

Banyak di antara para developer yang menawarkan konsep unit rumah dengan nuansa minimalis modern. Akan tetapi, tidak banyak dari developer yang memberikan kenyamanan dari rumah yang ditawarkan. Sehingga sulit untuk menarik minat para calon pembeli.

Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi, hadirnya perumahan Graha Taruma dari PT Multiguna Cipta Mandiri sangat cocok untuk hunian bagi kaum milenial. Graha Taruma menjadi salah satu perumahan elit yang berada di lahan seluas 7.100 m2. Hadirnya Graha Taruma juga sudah tersedia pilih 63 unit rumah dengan konsep yang sama.

Selain itu, Graha Taruma juga mengusung desain khas modern tropic dengan tampilannya yang sangat menarik, namun juga fungsional. Rumah hunian yang dihadirkan oleh Graha Taruma menjadi rumah yang nyaman dan aman untuk tempat tinggal di masa pandemi.

Rumah di Jakarta cuman 1 milyaran ini juga sudah didukung dengan fasilitas memadai yang sangat lengkap untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Menariknya, rumah hunian Graha Taruma menawarkan dua tipe yaitu tipe Saga dan tipe Nara yang menjadi pilihan bagi pembeli.

Keberadaan lokasi dari perumahan Graha Taruma sangat strategis karena dekat dengan jalan tol dan stasiun MRT. Tidak heran lagi jika Graha Taruma menjadi sebuah perumahan yang cocok untuk tempat tinggal bagi yang menyukai konsep minimalis modern.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari investasi rumah atau apartemen. Investasi properti tetap memiliki keuntungan tersendiri untuk investasi jangka panjang.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *