Untung Rugi Beli Tanah Kavling

Tanah kavling merupakan salah satu aset properti yang telah terukur dengan batas tanah jelas sesuai patok. Selayaknya instrumen investasi yang lain, terdapat pula untung rugi beli tanah kavling yang harus diketahui pemula. Dengan mengetahui informasi yang rinci, maka investor bisa mengambil langkah menyesuaikan kebutuhannya.

Keuntungan beli tanah kavlingan untuk investasi

  1. Lebih mudah dibanding investasi rumah

Bisa dibilang untung rugi beli tanah kavling lebih banyak ditentukan oleh pemilihan lokasinya. Jika berada pada lokasi yang tepat dan strategis tentu kenaikan nilai properti akan lebih signifikan. Namun kalau pun harus menunggu wilayah tersebut berkembang dalam beberapa kurun waktu sebenarnya bukan masalah.

Pasalnya tanah akan tetap utuh begitu-begitu saja. Jadi meski didiamkan dalam jangka 5 tahun ke depan sembari menunggu harga naik pun, pemilik tidak akan banyak dirugikan. Lain halnya dengan investasi dalam bentuk rumah. Di mana bangunan mengalami penyusutan tiap tahunnya sehingga harus cepat-cepat dijual.

Penyusutan yang terjadi pada bangunan misalnya: desain rumah yang akan ketinggalan jaman, kualitas material bangunan, kebersihan ruangan, dan lain-lain. Sehingga dibanding investasi rumah, tanah kavling jauh lebih mudah perawatannya meski pun didiamkan dalam jangka waktu lama.

Namun yang harus diingat adalah menjaga tapal-tapal batas tanah kavling agar tetap utuh sebagaimana sertifikat aslinya.

  1. Dapat disewakan jangka panjang

Tanah kavling jika tidak dijual, opsi lain bisa disewakan. Namun karena pemilik menyewakan dalam bentuk tanah, tentu harganya akan lebih rendah dibanding harga sewa bangunan. Selain itu apabila penyewa tanah hendak mendirikan bangunan, maka biasanya mereka akan meminta jangka waktu sewa yang panjang.

Untuk penyewa yang akan membangun di atas tanah sewaannya biasanya meminta jangka waktu sewa di atas 10tahun. Setidaknya pada saat masa sewa habis, bangunan sudah mulai membutuhkan sejumlah renovasi besar. Dengan begitu penyewa tidak akan merasa rugi mengeluarkan uang untuk biaya pembangunan.

Tetapi jika tanah akan disewa untuk perkebunan, maka akan disesuaikan dengan jadwal panen kebun tersebut. Misalnya menanam pisang yang bisa menghasilkan buah kurun beberapa bulan tentu berbeda dengan jati yang baru bisa ditebang kurun 7-10 tahun.

  1. Adanya kenaikan harga signifikan

Tanah kavling umumnya diproyeksikan sebagai perumahan penduduk yang tentu saja permintaannya akan meningkat seiring waktu.

Dengan luas wilayah tetap sedangkan jumlah penduduk meningkat, maka dipastikan ke depannya kebutuhan akan kavlingan juga semakin tinggi. Hal tersebut membuat kenaikan harganya pun signifikan.

  1. Tidak perlu dirawat secara mendetail

Tanah kavling tidak membutuhkan perawatan khusus. Kuncinya ialah pemilik harus senantiasa menjaga tapal batas tanah miliknya serta taat melakukan pembayaran PBB.

Pembayaran PBB tepat waktu sangat penting. Hal tersebut dikarenakan jika tanah tanpa kejelasan pajak hingga lebih dari 20tahun, maka tanah dianggap terbengkalai tanpa kepemilikan. Dengan begitu siapa pun bisa mengklaimnya. Sehingga harus berhati-hati terhadap untung rugi beli tanah kavling.

Kerugian dalam investasi Tanah Kavling

  1. Harga turun jika cepat dijual

Layaknya sebuah instrumen investasi, maka sahabat terbaiknya ialah waktu. Maka dari itu ketika memutuskan membeli tanah kavling untuk investasi, pemilik tidak bisa serta merta langsung menjualnya. Untuk mendapatkan keuntungan, maka aset harus didiamkan dalam jangka waktu tertentu.

Selama kurun waktu tersebut, aset akan bertumbuh sesuai prospek, kondisi ekonomi, serta perkembangan di area sekitar tanah kavling.

  1. Kredit tanah masih sedikit

Tidak banyak bank menawarkan kredit untuk membeli tanah kavling. Bank biasanya hanya menyediakan pinjaman untuk pembelian rumah dalam bentuk KPR. Sehingga bisa dipastikan lebih sulit menjual tanah kavling dibanding rumah karena minimnya bantuan bagi masyarakat dari lembaga keuangan.

Selain itu kredit tanah juga tidak termasuk ke dalam program subsidi pemerintah, tidak seperti halnya KPR.

(Baca juga: Ketahui Pentingnya Akta Jual Beli Notaris Berikut Ini)

Menyikapi untung rugi beli tanah kavling

  1. Semua ada resikonya

Meskipun terdapat sejumlah untung rugi beli tanah kavling, namun bukan berarti mengurungkan niat untuk mulai terjun ke bisnis properti. Bagaimana pun kita harus sadari bahwa segala hal di dunia ini pasti memiliki risikonya sendiri-sendiri.

Hanya saja dengan mengetahui segala risiko tersebut, seseorang bisa melakukan antisipasi untuk mencegah atau mengurangi risiko.

  1. Menyesuaikan risiko dengan kondisi

Setiap orang memiliki profil risikonya sendiri-sendiri yang menyesuaikan dengan karakteristik seseorang hingga kondisi finansialnya. Untuk itu hal yang harus diketahui terlebih dahulu ialah pribadi masing-masing. Dengan begitu keputusan pemilihan properti yang akan diambil pun bisa dilakukan secara bijaksana.

  1. Lakukan cek lokasi

Sebelum memutuskan membeli tanah kavling, terlebih dahulu lakukan cek lokasi. Ketahui fasilitas apa saja yang dapat ditunjang oleh kawasan itu, serta bagaimana prospeknya ke depan.

Jangan remehkan kavlingan murah yang berlokasi di pinggir kota. Pasalnya jika suatu saat ada wacana pembangunan seperti bandara atau jalan tol, lokasi tersebut tentunya memiliki prospek yang cerah. Jadi perbanyak informasi mengenai rencana pengembangan suatu wilayah sehingga keuntungan yang didapat bisa maksimal.

  1. Teliti kelengkapan surat

Pada saat membeli rumah kavling, perhatikan surat-surat yang menyertai salah satunya status sertifikat. Apakah sertifikatnya adalah hak milik, hak guna bangun, hak pakai, dan lain-lain.

Lakukan konsultasi dan mintalah bantuan PPAT di wilayah tersebut sehingga proses administrasi dan balik nama surat-surat berharga bisa lebih mudah. Dengan begitu legalitas transaksi bisa lebih terjamin keamanan dan keabsahannya.

Rumah Pribadi Modern Kawasan Premium di Pondok Cabe

Candela Residence
Candela Residence

Bukanlah perkara mudah ketika memutuskan ingin memiliki hunian berkonsep mewah minimalis yang berfitur lengkap. Tetapi sekarang Anda tidak perlu bingung-bingung lagi. Hal tersebut dikarenakan Candela Residence dari PT Multiguna Cipta Mandiri telah hadir sebagai jawaban atas kegelisahan yang Anda alami.

Rumah minimalis modern ini sangatlah cocok dijadikan sebagai pilihan hunian masa depan Anda. Terutama bagi mereka yang menginginkan nuansa klasik namun tetap terlihat mewah dan berkelas.

Keunggulannya:

  • Didukung oleh lokasi yang sangat strategis sehingga sangat dekat dengan jalan Tol dan stasiun MRT. Hal ini tentu saja sangat mendukung segala mobilitas pemilik karena begitu mudahnya menjangkau berbagai akses lokasi.
  • Candela Residence menawarkan hunian yang bebas banjir sehingga menepis kekhawatiran Anda ketika musim hujan datang. Di samping itu pengaturan rumah sudah menggunakan sistem smarthome yang ditenagai panel surya, tentunya sangat menghemat pemakaian energi listrik.
  • Didukung pula oleh fasilitas lengkap yang menunjang kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu keamanan dan kenyamanan penghuninya akan sangat terjamin.

Halaman yang dimiliki Candela Residence amatlah indah dan asri. Hal ini semakin membuatnya benar-benar menjadi rumah impian bagi mereka yang sedang mencari hunian klasik nan mewah area Jakarta Selatan. Jadi tunggu apa lagi? Ayo, segera klaim promonya untuk bisa menjadi pemilik salah satu unit cantik Candela Residence!

Setiap investasi memiliki plus-minusnya masing-masing termasuk untung rugi beli tanah kavling. Sehingga hindari menempatkan seluruh dana dalam satu pos. Lakukanlah diversifikasi ke beberapa item seperti ruko, kios, sawah, atau pun perkebunan. Dengan begitu secara tidak langsung investor telah membagi segala resiko yang ada.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *