Investasi Perumahan

Investasi Rumah sampai saat ini menjadi pilihan untuk berinvestasi. Bisnis properti kini mulai marak bermunculan, seiring tingkat kesadaran dan kebutuhan masyarakat dalam memenuhi salah satu kebutuhan primernya yakni “papan”. Salah satunya ialah investasi rumah yang disinyalir mampu memberikan imbal hasil yang menggiurkan. Lalu bagaimana cara memulainya? Simak selengkapnya berikut ini.

Faktor-faktor yang harus diperhatikan saat investasi rumah

  1. Menentukan lokasi strategis
tips investasi properti

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam investasi perumahan ialah memilih lokasi yang strategis. Dalam ini kawasan tersebut harus memiliki prospek yang baik ke depannya sehingga sudah barang tentu akan banyak diminati. Hal-hal standar dalam menentukan lokasi ialah seperti:

  • Jalan masuk perumahan apakah sudah bisa dilewati kendaraan roda empat atau masih berupa jalan setapak kecil.
  • Apakah di sekitar lokasi sudah terdapat pemukiman atau masih berupa kawasan hutan atau perkebunan yang sepi.
  • Berapa meter jauhnya dari jalan utama, karena hal ini sangat berpengaruh pada akses kawasan tersebut ke depannya.
  1. Melihat potensi yang ada di kawasan tersebut
Indikator Bisnis Properti

Tiap-tiap wilayah memiliki potensi masing-masing sesuai kondisi geografisnya. Misalnya apakah perumahan tersebut dekat dengan gedung, pertokoan, perkantoran, atau lokasi perkebunan, serta pabrik dan gudang. Potensi-potensi seperti ini sangat berpengaruh pada target pasar dari properti tersebut.

Apabila sudah diketahui target pasar yang jelas, maka kelengkapan rumah serta fasilitas perumahan bisa dibuat lebih menyesuaikan dengan kebutuhan market.

Misalnya jika berada dekat dengan perkantoran, otomatis pasar perumahan adalah orang-orang yang bekerja di kantor. Sedangkan untuk lokasi properti di dekat pabrik, maka para buruh akan lebih tertarik dengan area tersebut.

Dengan mengenali target secara jelas, maka pengembang bisa membuatkan perumahan yang lebih sesuai.

  1. Memprediksi prospek wilayah dalam jangka panjang
nilai investasi tinggi

Beberapa wilayah yang tampaknya tidak potensial sehingga harga tanahnya murah bisa saja mendadak mengalami kenaikan harga. Hal ini kerap disebabkan oleh prospek jangka panjang yang ada di kawasan tersebut. Sehingga dari sana mendatangkan orang-orang untuk tinggal di area itu.

Misalkan, adanya wacana pemerintah yang hendak memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Dengan adanya hal tersebut, berimbas pada kenaikan harga-harga tanah di sekitar lokasi yang disebabkan oleh naiknya permintaan pasar. Hal tersebut tentu dikarenakan prospek jangka panjangnya diprediksi akan bagus.

Contoh lain seperti harga perumahan di sekitar sirkuit Internasional Mandalika. Pasca rencana tersebut dikeluarkan, harga tanah disekitar lokasi pun naik. Jadi untuk memulai investasi perumahan, seseorang harus aktif membaca berita untuk mengetahui daerah-daerah potensial di berbagai wilayah.

  1. Ketersediaan fasilitas yang ada
Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha

Berbagai fasilitas umum dan fasilitas sosial juga merupakan salah satu indikator dalam memilih perumahan untuk investasi. Tentunya orang tidak ingin jauh-jauh dari sarana-sarana tersebut. Adanya pasar, pom bensin, sekolah, hingga fasilitas kesehatan adalah hal-hal dasar yang dibutuhkan dalam sebuah keluarga.

Selain itu pengelolaan sampah yang ada di daerah tersebut pun harus sudah jelas. Sehingga masyarakat perumahan tidak membuang sampah rumah tangganya secara sembarangan.

Memang pada umumnya lokasi-lokasi yang sudah lengkap ketersediaan fasilitas umum dan sosial ini menandakan kawasan tersebut sudah ramai. Oleh sebab itu harganya pun cenderung tinggi dan akan naik dengan cepat ke depannya karena tingginya peminat.

Cara membeli rumah untuk investasi

  1. Membeli lewat cicilan KPR

Dalam proses pembelian sebuah rumah, KPR merupakan salah satu yang paling lumrah digunakan. Banyak bank-bank yang telah bekerja sama dengan pengembang untuk menyediakan bantuan KPR bagi para nasabah mereka. Persyaratannya pun beragam dengan masa tenor yang bervariasi.

Sebaiknya siapkan DP minimal sebesar 50persen untuk membeli rumah dengan sistem KPR. Semakin besar DP yang diberikan, tentu cicilan akan terasa semakin ringan. Dengan begitu pemilik bisa tetap mengambil keuntungan dari hasil sewa investasi rumah sedangkan sisanya untuk membayar tagihan KPR.

Tips lainnya carilah bank yang mampu memberikan KPR dengan bunga tetap. Sehingga biaya cicilan tiap bulannya tidak berubah meski suku bunga bank sedang naik. Dengan memilih bunga tetap, kreditur bisa memproyeksi berapa perkiraan imbal hasil investasi yang akan diperoleh untuk digunakan membayar cicilan.

  1. Membeli melalui tunai

Bagi mereka yang sudah memiliki modal besar untuk memulai investasi dalam bentuk rumah bisa membelinya langsung secara tunai. Dengan begitu imbal hasil yang didapat pun akan lebih maksimal karena keuntungan tidak perlu dipotong bunga bank.

Untuk mendapatkan modal besar, selain menambah arus pemasukan, investor bisa mengumpulkan uang dari menabung. Namun tentu saja bukan menabung biasa, karena bunga tabungan di bank cenderung tidak kuat melawan inflasi.

Jadi sebaiknya pecah tabungan ke beberapa instrumen lain seperti reksadana, P2P landing, obligasi, hingga saham. Sesuaikan dengan profil resiko yang dimiliki. Jangan lupa buat perencanaan tahun yang jelas sehingga langkah yang diambil benar-benar terproyeksi dengan baik.

Apabila dilakukan rutin dan berkesinambungan, maka uang untuk membeli rumah tentu akan cepat terkumpul. Membeli rumah dengan cara tunai jika mampu akan lebih membawa pada ketenangan karena tidak perlu waswas dikejar cicilan tiap bulan.

(Baca juga: Ketahui Untung Rugi Beli Tanah Kavling)

Perumahan modern berlokasi di Pondok Cabe

CANDELA RESIDENCE
CANDELA RESIDENCE

Mencari perumahan yang mengusung konsep modern minimalis dengan beragam kelengkapan fiturnya memang bukan hal mudah. Tetapi tentu saja Anda kini tidak perlu khawatir. Di mana sekarang Candela Residence dari PT Multiguna Cipta Mandiri menghadirkan hunian premium berkonsep mewah klasik yang modern.

Rumah minimalis modern ini begitu pas dijadikan sebagai hunian impian bagi masa depan. Khususnya bagi Anda sekeluarga yang menginginkan rumah bernuansa klasik tapi tetap terlihat mewah dan elegan.

Kelebihannya:

  • Dukungan lokasi perumahan premium ini sangatlah strategis dan bisa menjangkau semua kawasan dengan mudah. Bagaimana tidak, Candela Residence dibangun dekat dengan jalan Tol dan MRT yang menghubungkan akses ke berbagai area.
  • Berdirinya perumahan ini telah memperhitungkan lokasi bebas banjir. Pemilik tidak perlu merasa waswas ketika datang musim hujan. Di samping itu, setiap unit telah disematkan sistem smarthome yang ditenagai panel surya. Jadi selain menunjang kepraktisan dalam pengaturan rumah, hunian ini juga hemat listrik.
  • Kehidupan sehari-hari juga telah mendapat dukungan dari pengembang, karenanya Anda tidak akan bosan dan tetap bisa tinggal dengan sangat nyaman.

Candela Residence dibuat dengan sangat nyaman dan indah. Sehingga membuat hunian ini benar-benar pas dimiliki oleh Anda yang tengah mencari rumah mewah nan klasik di kawasan Selatan Jakarta. Jadi tunggu apa lagi? Segera klaim promonya dan miliki salah satu unit Candela Residence secepatnya! Ayo Download Pricelist Candela Residence di Sini.

Meski investasi perumahan memang mampu memberikan keuntungan yang tinggi. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan surat-surat dan status tanah pada saat pembelian. Gunakan jasa PPAT setempat untuk membantu melakukan proses jual-beli properti secara legal. Sehingga transaksi menjadi sah dan jelas di mata hukum.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *