Akta Jual Beli Notaris

Membeli rumah impian tentunya menjadi cita-cita sebagian besar orang terutama para pengantin baru yang ingin memulai hidup mandiri. Namun setiap transaksi pembelian properti hendaknya selalu disertai dengan pembuatan akta jual beli notaris. Dengan begitu proses tersebut dianggap sah di mata hukum.

Memahami Akta Jual Beli Notaris

1. Pengertian mengenai AJB

Pengertian Akta Jual Beli Notaris ialah merupakan surat bukti sah di mata hukum terhadap transaksi jual beli properti yang terjadi. Di mana transaksi tersebut disaksikan dan dicatat oleh notaris yang ditunjuk. Kemudian selanjutnya dibuatkan bukti sertifikat kepemilikan sesuai jenis transaksi oleh PPAT.

Jika seseorang membeli properti tanpa membuat AJB, maka hal tersebut akan menghilangkan kekuatan posisinya sebagai pemilik baru di mata hukum. Sekalipun dirinya telah melakukan pembayaran penuh atas tanah tersebut.

Apabila suatu saat terjadi masalah terhadap aset tersebut, maka pembeli tidak dapat mengajukan komplain. Oleh karena dirinya tidak memiliki bukti sebagai pemilik properti itu.

Maka dalam hal ini AJB hadir sebagai salah satu dokumen yang tidak boleh dilewatkan. Hal tersebut semata-mata untuk menghindari penipuan serta memastikan keabsahan suatu transaksi.

2. Fungsi serta manfaat AJB

Akta bisa dijadikan sebagai bukti kuat bahwa memang benar telah terjadi transaksi jual-beli rumah atau tanah yang sah. Adapun harga serta ketentuan lainnya yang tercantum dalam AJB adalah memang sudah merupakan kesepakatan kedua belah pihak.

  1. Merupakan pedoman utama di mana antara penjual dengan pembeli sama-sama harus memenuhi hak dan kewajibannya masing-masing. Tentunya hal tersebut berlaku selama proses terjadinya transaksi jual-beli rumah.
  2. Jika salah satu pihak gagal dalam menjalankan kewajibannya, maka AJB adalah alat bukti utama yang dapat dipakai melakukan tuntutan. Sehingga pihak yang gagal memenuhi kewajiban dapat bertanggung jawab sebagaimana ketentuan yang telah disepakati. Sehingga akta jual beli notaris sangat penting untuk melindungi kedua belah pihak, baik pembeli mau pun penjual.
  3. Meski proses transaksi jual beli sudah usai, AJB tetap harus disimpan pemilik baru. Di mana nantinya AJB tersebut dapat digunakan untuk melakukan proses penjualan kembali.

(Baca juga: Atap Dak Beton, Ketahui Sifat dan Fungsinya)

Syarat Pembuatan Akta Jual Beli di Hadapan Notaris

  1. Pajak penjualan dalam PPh final

Perhitungan besaran PPh final ialah sebesar 2.5persen terhadap nilai perolehan atas hak.

  1. Pajak pembelian berupa BPHTB

Nominal BPHTB yang dibayarkan dihitung dari 5persen terhadap nilai perolehan hak setelah dikurangi NPOPTKP. Nilai NPOPTKP ini berbeda-beda sesuai dengan wilayahnya. Agar lebih jelas bisa ditanyakan ke Dinas Pendapatan Daerah setempat.

Untuk informasi, di wilayah Jakarta nilai NPOPTKP ialah gratis teruntuk properti dengan NJOP di tidak melebihi 2miliar. Hal tersebut didasarkan pada Pergub No. 193 tahun 2016. NJOP sendiri diperoleh dari harga rata-rata terhadap transaksi jual beli secara wajar.

  1. Kelengkapan dokumen lain untuk penjual
  2. Salinan KTP suami istri
  3. Salinan KK
  4. Surat Keterangan Pendaftaran Tanah
  5. Surat Keterangan Kepala Desa atau Camat setempat
  6. Surat bukti terhadap hak tanah
  7. Surat pembayaran PBB
  8. Kelengkapan dokumen lain untuk pembeli
  9. Fotokopi KK
  10. Fotokopi KTP
  11. Fotokopi NPWP

Prosedur Mengurus Akta Jual Beli di Notaris

  1. Ketentuan mengurus akta jual beli notaris yang pertama ialah mendatangi notaris/PPAT sesuai domisili tanah yang akan ditransaksikan. Kedua belah pihak menyerahkan seluruh berkas yang sudah dipersiapkan.
  2. Setelahnya pihak notaris akan melakukan pengecekan terhadap keaslian dokumen-dokumen tersebut. Notaris berhak melakukan penilaian kelayakan penjualan properti. Mereka akan memeriksa secara detail apakah terdapat sengketa atau tidak atau masalah semacamnya.
  3. Apabila proses pemeriksaan telah selesai, maka notaris akan memberikan dokumen AJB sebanyak dua lembar asli. Satu lembar akan disimpan sebagai dokumen notaris, satunya lagi akan diserahkan pada BPN agar bisa dilakukan proses balik nama sertifikat. Nantinya apabila sudah selesai, salinan AJB akan diberikan untuk masing-masing pembeli dan penjual.
  4. Selanjutnya dilakukan langkah pengalihan hak di kantor BPN setempat atau proses balik nama. Pelaksanaan balik nama ini diikuti dengan pembayaran PNBP, dengan perhitungannya yakni seperseribu dikali nilai peralihan lalu ditambah Rp50.000.

Langkah Agar Pengurusan Akta Aman dan Nyaman

  1. Persiapkan seluruh dokumen yang diperlukan secara lengkap agar proses pengerjaan bisa cepat dan tidak tertunda oleh kelengkapan data.
  2. Dibandingkan memakai jasa calo yang belum jelas kredibilitasnya, lebih baik langsung bertemu dengan notaris/PPAT yang bersangkutan.
  3. Buatlah persetujuan antara pembeli dan penjual agar sama-sama mau datang ke kantor notaris. Dengan begitu proses pengerjaan pun bisa lebih lancar karena kedua belah pihak sudah dalam kata sepakat satu sama lain.
  4. Cek terlebih dahulu kantor notaris/PPAT yang akan membantu dalam proses pembuatan AJB. Jangan malu bertanya mengenai rekomendasi notaris di wilayah tersebut. Dengan menggunakan jasa profesional tentunya hasil yang diperoleh bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya.
  5. Sampaikan maksud dan tujuan pada notaris dengan menyertakan bukti yang sebenar-benarnya. Jika ditanya, jawablah secara jujur sehingga proses pengecekan dokumen tidak berbelit-belit.

Wujudkan Hidup Nyaman Bersama Graha Taruma Sekarang Juga!

Pada saat ini begitu banyak developer perumahan yang menawarkan konsep hunian minimalis modern. Namun meski begitu sungguh tidaklah mudah menemukan rumah berdesain minimalis modern yang tetap terasa nyaman. Saat ini Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena Graha Taruma telah hadir menjawab segala kerisauan tersebut.

Graha Taruma merupakan perumahan besutan PT Multiguna Cipta Mandiri. Proyek ini didirikan di atas lahan seluas 7.100m2 dengan total terdiri dari 63 rumah berkonsep minimalis modern. Selain itu sentuhan tropic yang begitu menarik dan tentunya tetap fungsional pun tidak ketinggalan disematkan pula dalam setiap unit.

Adanya rooftop pun tidak ketinggalan mampu menghadirkan spot yang sangat nyaman serta efisien untuk bersantai. Apalagi pada situasi pandemi seperti saat ini di mana ragam kegiatan harus lebih banyak dilakukan di rumah saja.

Selain itu dukungan fasilitas dari developer pun sangatlah lengkap sehingga amat menunjang berbagai kegiatan penghuni Graha Taruma. Tidak sampai di sana. Untuk urusan mobilitas dan akses pun, pemilik tidak perlu khawatir.

Pasalnya hunian ini memang sengaja dibangun dekat dengan jalan Tol dan stasiun MRT. Dengan begitu kemudahan jangkauan Anda pun juga menjadi prioritas kami. Graha Taruma hadir dalam dua tipe hunian yang bisa dipilih yakni unit Saga dan Nara. Keduanya begitu pas dimiliki oleh mereka yang tengah mencari hunian bernuansa minimalis modern.

Akta jual beli notaris memang merupakan dokumen penting dalam keabsahan transaksi properti. Dengan melengkapi surat-surat sesuai aturan yang berlaku, maka pembeli akan mendapat hak-haknya atas kepemilikan properti. Untuk itu pilihlah jasa notaris yang benar-benar kompeten dengan legalitas izin profesi sesuai UU. Sehingga segala transaksi bisa berjalan baik sesuai dengan hukum.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *