Tips Membangun Rumah Bertahap

Tips membangun rumah bertahap sangat penting untuk diterapkan apabila tak memiliki cukup dana. Oleh karena itu bangunlah rumah dengan konsep minimalis namun masih bisa dihuni dengan nyaman. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun rumah secara bertahap.

Tips Membangun Rumah Bertahap dengan Budget Seadanya

  1. Mempersiapkan Tanah Terlebih Dulu

Tips membangun rumah bertahan minimalis yang pertama adalah persiapan tanah terlebih dulu. Persiapkan luas bangunan dan tanahnya. Misalnya ingin mendirikan hunian dengan tipe 30/60. Anda membutuhkan tanah seluas 60m2 apabila ingin mendirikan rumah dengan tipe minimalis seperti ini.

Apabila tanah di daerah yang diinginkan harganya sekitar Rp3 juta per meter persegi, maka dana yang perlu dirogoh adalah Rp180 juta untuk membeli tanah tersebut. Anda harus menyesuaikan budget yang dimiliki dengan luasan tanah yang akan digunakan untuk membangun rumah. Biaya tentu saja akan semakin besar apabila mendirikan bangunan yang semakin luas. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan harga.

  1. Menyusun Rencana dengan Matang

Cara tips membangun rumah bertahap yang paling penting adalah menyusun rencana dengan matang. Rencana yang disusun haruslah diterapkan dengan seksama. Tahapan tersebut harus dilaksanakan apabila ingin mendirikan hunian sendiri atau dilaksanakan secara bertahap.

Langkah perdana yang perlu dilakukan adalah membuat rencana dengan baik. Susunlah rencana mulai dari proses pembelian tanah hingga meminta jasa ahli untuk mendesain rumah. Apabila tidak memiliki pengetahuan yang baik soal pembangunan rumah, sebaiknya gunakan jasa desain rumah agar hasilnya memuaskan.

  1. Mengatur Rencana Anggaran Biaya

Rencana biaya adalah permasalahan lain yang akan timbul ketika membangun rumah dengan bertahap. Terkait soal biaya, biaya tenaga kerja merupakan salah satu dana yang sangat penting dan jangan terlewatkan. Ada tiga cara yang bisa diterapkan ketika membangun rumah.

Sistem yang bisa diterapkan ketika mendirikan rumah adalah borongan jasa, borongan penuh dan sistem harian. Bayaran yang diperhitungkan sudah pasti akan berbeda-beda. Berbicara soal sistem harian, dana yang perlu dikeluarkan sekitar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu per hari.

Sementara untuk daya borongan jasa sekitar Rp600 ribu hingga Rp900 ribu per meter persegi. Kemudian untuk borongan penuh, dana yang perlu dikeluarkan mulai dari Rp3 hingga Rp6 juta per meter.

Yang perlu diketahui adalah borongan jasa yang perlu dibayarkan adalah jasanya saja. Sementara untuk bahan material menjadi tanggung jawab orang yang akan membangun rumah. Mendirikan rumah bertahap dengan menggunakan sistem borongan tentu saja lebih cepat jika dibandingkan menggunakan sistem harian.

Namun apabila telah selesai dan sistemnya ingin diubah. Anda dapat menggunakan sistem harian jika dibandingkan menggunakan borongan jasa. Pilihlah tenaga tukang yang ahli dan profesional tetapi tetap melakukan negosiasi. Sebab, tenaga kerja adalah salah satu budget terbesar yang dikeluarkan ketika mendirikan sebuah hunian.

Apabila mempunyai teman dan kerabat yang bisa mendirikan rumah layaknya mandor dan membawa beberapa tukang, gunakanlah jasa mereka. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga terbaik.

(Baca juga: Ide-ide Konten Properti untuk Instagram dan TikTok)

  1. Menyesuaikan Konsep dengan Kondisi Tanah

Tips membangun rumah bertahap minim budget selanjutnya adalah menyesuaikan konsep dengan kondisi tanah. Yang harus dipahami adalah ada beberapa lahan yang tidak cocok diaplikasikan untuk membangun hunian.

Penyebabnya adalah karena tanah memiliki tipe dan juga karakteristik yang berbeda. Bangunan yang didirikan di atasnya pun akan terpengaruh oleh hal tersebut. Jenis tanah pada lahan bekas rawa, berpasir dan gambut kurang pas diterapkan untuk mendirikan bangunan.

Hal tersebut disebabkan karena struktur jenis tanah tersebut lembek. Selain itu, jenis tanah itu tak mempunyai kandungan air dan tak menggumpal. Oleh karena itu, saat bangunan didirikan dalam kurun waktu satu tahun, tanah dapat turun.

Anda harus mengetahui permasalahan ini dengan seksama karena biaya material pun akan terpengaruh. Lakukan konsultasi dengan desainer terlebih dulu sebelum mendirikan rumah bertahap. Tidak hanya dapat menekan budget, membangun rumah dengan cara bertahap ini juga dapat memiliki rumah yang sangat berkualitas.

Jenis tanah liat biasa adalah jenis tanah yang cocok untuk didirikan perumahan di atasnya. Tipe tanah yang satu ini mempunyai tekstur yang bagus dan juga ketika diremas mudah menggumpal. Jenis tanah pun bisa disesuaikan dengan konsep bangunan. Misalnya, tipe tanah liat, akan pas dengan desain sejumlah bangunan namun untuk tipe tanah sawah, perlu menggunakan konsep bangunan khusus.

  1. Memilih Bahan Material yang Cocok

Mendirikan rumah secara bertahap memiliki harus dilakukan dengan memilih bahan material yang cocok dengan kebutuhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat daftar bahan material terlebih dulu. Setelah itu, sisihkan budget untuk membeli bahan material tersebut.

  1. Mengatur Lahan Sesuai Skala Prioritas

Saat mendirikan sebuah hunian impian, sangat penting untuk memikirkan poin mana yang harus dijadikan prioritas. Apalagi apabila Anda menerapkan cara mendirikan rumah dengan cara bertahap. Anda harus bisa mengatur lahan mana yang menjadi skala prioritas untuk dibangun.

Misalnya, Anda bisa berkonsultasi dengan para desainer bangunan apabila hal yang harus ada di dalam sebuah hunian adalah ruang tengah, kamar mandi, kamar tidur dan dapur.

Anda dapat menyampaikan kemauan dan keinginan apabila pembangunan nantinya akan dilanjutkan saat budget berlebih sudah dikantongi. Desainer rumah pun dapat merinci sketsa kebutuhan pembangunan rumah untuk tahap selanjutnya.

  1. Mengawasi Pembangunan Rumah

Anda harus mengawasi proses berjalannya pembangunan rumah. Hal tersebut berlaku meskipun menggunakan jasa borongan atau tukang harian. Pembangunan rumah harus diawasi dengan baik dan seksama. Sangat penting untuk mengawasi pembangunan rumah supaya anggaran dan waktu yang dimiliki telah sesuai.

Selain itu, kualitas bangunan perlu sesekali dicek. Anda perlu melakukannya untuk mengecek apakah kualitas bangunan telah sesuai dengan apa yang telah disepakati sebelumnya atau belum.

Memilih untuk mendirikan rumah dengan cara bertahap, apalagi dengan mengusung konsep minimalis dapat menjadi sebuah pemecah masalah untuk dapat mencegah terjadinya pembengkakan biaya yang perlu dikeluarkan. Namun Anda perlu melakukannya dengan teliti agar tidak terjadi pemborosan ketika memutuskan untuk mendirikan rumah secara bertahap.

Candela Residence Properti Berkualitas oleh MCM

Candela Residence adalah sebuah properti yang sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari sebuah hunian dengan konsep klasik dan mewah namun tetap menonjolkan kesan modern. Properti ini memang terbaik karena lokasinya sangat dekat dengan akses tol.

Lokasinya yang strategis membuat Candela Residence mudah untuk dijangkau, apalagi dekat dengan stasiun MRT. Keunggulan lain dari properti ini adalah terbebas dari banjir yang membuatnya menjadi nilai plus.

Fasilitas yang ada di dalam perumahan ini antara lain panel surya, smart home dan halaman yang luas. Rumah minimalis modern yang ada di Selatan Jakarta ini memang menjadi pilihan terbaik bagi investasi properti.

Apalagi rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran bisa Anda dapatkan segera. Caranya dengan menghubungi agen properti kami untuk informasi detail mengenai unit yang masih tersedia dan pricelistnya.

Demikian opsi investasi properti terbaik serta info mengenai tips membangun rumah bertahap, semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *