Membangun Rumah Murah dan Cepat

Membangun rumah murah dan cepat tak hanya sekedar impian. Anda bisa membangun rumah sendiri dengan biaya yang tak begitu mahal dalam waktu yang cepat. Sehingga Anda tidak perlu mempersiapkan modal atau budget terlalu banyak. Caranya simak 6 tips yang harus dilakukan ketika akan membangun rumah berikut ini.

Trik Membangun Rumah Murah dan Cepat yang Harus Anda Tahu!

  1. Buat rencana yang detail

Sebelum mulai membangun rumah, buat terlebih dahulu rencana secara matang. Rencana ini meliputi seperti apa rumah yang akan dibangun, berapa besar biaya yang diperlukan, serta target kapan rumah harus selesai.

Buatlah rencana serinci dan selengkap mungkin. Pikirkan potensi skenario terburuk yang dapat terjadi. Selalu buat rencana alternatif jika rencana utama tidak bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

  1. Mempersiapkan anggaran

Setelah membuat rencana dengan matang, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan anggaran. Buat anggaran yang sesuai dengan budget yang telah ditentukan. Anggaran yang dibuat juga harus dibuat secara rinci.

Ini dilakukan agar terhindar dari kerugian di masa mendatang. Persiapkan anggaran dengan target yang telah ditentukan. Pastikan jumlah anggaran sesuai dan tidak kurang dari kebutuhan.

  1. Menentukan desain

Tips membangun rumah murah dan cepat adalah dengan memilih desain yang tepat. Jangan memilih desain rumah yang terlalu rumit dan memakan banyak waktu. Selain itu bangun rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan konsep minimalis modern. Konsep ini tidak memerlukan banyak waktu. Buat rumah dengan ukuran yang cukup dan tak terlalu besar untuk menghemat biaya.

  1. Riset harga

Lakukan riset harga bahan bangunan di pasaran. Dengan melakukan riset, Anda akan mengetahui dengan jelas berapa harga yang dibutuhkan. Selain itu, hal ini juga untuk meminimalisir potensi markup harga yang biasanya dilakukan kontraktor.

  1. Cermat dalam memilih kontraktor

Selektif dalam memilih jasa untuk membangun rumah. Pastikan kontraktor atau arsitek yang dipilih memiliki reputasi yang baik dan tidak problematik. Cari tahu sepak terjang dan hasil pekerjaan dengan klien sebelumnya.

Anda bisa mencari referensi di internet atau bertanya pada rekan yang pernah membangun rumah. Jangan sampai kontraktor atau arsitek yang dipilih tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik ketika proses pembangunan berjalan.

  1. Jangan memaksakan kehendak

Jangan memaksakan kehendak dengan mengikuti tren yang tak bisa Anda gapai. Anda harus membuat batasan rumah seperti apa yang memungkinkan untuk dibuat. Jangan hanya menuruti ego semata.

Hal ini hanya akan berdampak buruk bagi Anda. Risiko terbesarnya adalah pembangunan mangkrak dan tak bisa dilanjutkan. Oleh karena itu, belajarlah untuk lebih realistis dan memahami keadaan diri sendiri.

(Baca juga: 10 Teknik Closing Properti Paling Efektif Agar Rumah Cepat Laku)

Kesalahan Fatal yang Harus Dihindari Ketika Membangun Rumah

Setelah mengetahui apa saja trik dan cara membangun rumah murah dan cepat, ada beberapa poin tambahan yang harus disimak. Berikut kami berikan 6 kesalahan yang sering dilakukan orang-orang saat membangun rumah.

  1. Tidak disiplin

Beberapa orang menghadapi berbagai macam kesulitan ketika sedang membangun rumah. Penyebabnya tak jauh dari diri sendiri yang tidak bisa disiplin. Jika Anda sudah membuat target dan budget tertentu, maka pastikan semuanya berjalan sesuai dengan hal tersebut.

Anda harus terus memantau jalannya pembangunan agar tak keluar jalur yang sudah ditentukan. Ini sangat penting dilakukan agar tidak menimbulkan masalah baru ke depannya.

  1. Angan-angan terlalu tinggi

Ekspektasi yang terlalu tinggi juga kerap menjadi penyebab kegagalan pembangunan rumah. Terkadang kemauan tidak sejalan dengan realitas yang ada. Oleh karena itu, berpikir dan bersikap realistis menjadi kunci keberhasilan pembangunan rumah.

  1. Memilih furniture yang terlalu mahal

Untuk bisa membangun rumah murah dan cepat di bawah 100 juta, Anda harus mempertimbangkan seluruh biaya yang dikeluarkan. Jangan terlalu banyak mengeluarkan di biaya untuk furniture rumah.

Pilih furniture dengan harga yang masuk akal, tetapi fungsinya sama. Tips memilih furniture adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin rumah terlihat cantik, maka pilih furniture dengan konsep dan warna yang senada dengan warna cat tembok.

  1. Komunikasi tidak berjalan baik

Terkadang sering terjadi miss komunikasi antara klien dengan kontraktor, atau kontraktor dengan tukang bangunan. Pastikan komunikasi yang terjalin di ruang lingkup kerja ini berjalan dengan baik dan terarah.

Jangan sampai ada salah paham antar masing-masing pihak. Kesalahpahaman ini hanya akan memperlambat proses pembangunan rumah. Oleh karena itu, lakukan survei setiap hari untuk memantau bagaimana pembangunan berjalan.

  1. Tidak menyiapkan dana darurat

Selalu siapkan dana tambahan ketika akan membangun rumah. Anda tak pernah tahu hal apa yang akan terjadi ke depannya. Berjaga-jagalah dengan menyiapkan dana darurat yang bisa digunakan ketika kemungkinan buruk terjadi.

Misalnya, perhitungan bahan material yang digunakan ternyata tak cukup. Anda bisa menggunakan dana darurat untuk menanggulangi hal ini. Jika dana yang disiapkan pas dengan anggaran, maka masalah seperti ini tak akan bisa terselesaikan.

  1. Tidak terorganisir

Pastikan pembangunan rumah berjalan sesuai dengan alur yang sudah dibuat. Jangan mendahului alur atau berjalan lebih lambat daripada alur. Ikuti bagaimana flow yang sudah dibuat dan direncanakan di awal.

Belajarlah untuk lebih terorganisir dan disiplin. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengejar target maksimal pembangunan rumah. Komunikasikan hal ini dengan kontraktor dan juga tukang bangunan yang bertugas.

Membangun rumah impian membutuhkan kesabaran dan pengorbanan akan banyak hal. Jika Anda termasuk ke dalam tipe orang yang hanya mau terima beres, membeli rumah siap huni adalah solusi yang paling cocok.

Mewujudkan Hunian Impian di Candela Residence

CANDELA RESIDENCE
CANDELA RESIDENCE

Semua orang pasti memiliki hunian impiannya masing-masing. Namun, tak semua orang memiliki waktu dan tenaga untuk membangun hunian impiannya sendiri. Oleh karena itu, PT Multiguna Cipta menghadirkan solusi bagi Anda yang ingin memiliki hunian impian dengan mudah.

Candela Residence adalah salah satu contohnya. Perumahan ini sangat layak dimasukkan sebagai daftar hunian impian jika melihat dari fasilitas dan harga yang ditawarkan.

Perumahan ini berada di daerah yang berdekatan dengan jalan tol serta stasiun MRT. Lokasi tepatnya ada di daerah Tangerang Selatan. Daerah ini berada tak jauh dari Ibukota. Poin plusnya, daerah ini juga berada di lingkungan yang bebas banjir.

Mengusung tema klasik modern, Candela Residence menawarkan hunian dengan nuansa mewah nan elegan di setiap unitnya. Konsep mewah ini dipertegas dengan fasilitas berupa smart home serta panel surya.

Dengan merogoh kocek kurang dari 2 milyar rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan rumah minimalis modern lengkap dengan fasilitasnya.

Tunggu apalagi? Rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran bisa dibeli siapa saja di Candela Residence. Pelajari lebih lanjut disini!.

Membangun rumah murah dan cepat adalah hal yang mungkin dilakukan oleh semua orang, Namun, ingat murah dan cepat bukan berarti instan. Anda harus percaya dan menikmati prosesnya agar bisa mewujudkan mimpi membangun rumah impian.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *