10. Layout Ruangan Rumah Minimalis dengan Konsep monokrom

Jika Anda sedang mencari layout ruangan rumah minimalis, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat. Membuat layout rumah bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu, kami hadirkan 15 layout rumah yang mudah ditiru lengkap dengan rincian ukurannya.

Anda bisa menyesuaikan layout tersebut dengan budget yang dimiliki. Simak lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Rekomendasi Desain Layout Ruangan Rumah Minimalis

  1. Gaya tradisional
1. Gaya tradisional
1. Gaya tradisional

Gaya rumah pertama yang dapat Anda tiru adalah gaya tradisional. Anda dapat membuat layout rumah hanya dengan mengikuti gambar di atas. Di dalam layout tersebut terdapat ruangan-ruangan penting saja di dalam rumah.

Seperti yang terlihat pada gambar, layout rumah ini sangatlah sederhana. Hanya terdapat satu ruang tidur saja. Anda dapat memodifikasi layout ini sesuai dengan keinginan. Bagian luarnya dapat dibuat seperti rumah adat pada zaman dahulu agar terlihat lebih menarik.

  1. Gaya kontemporer
2. Gaya kontemporer
2. Gaya kontemporer

Gaya rumah kontemporer merupakan gaya rumah yang mengikuti tren. Contohnya seperti pada gambar di atas. Pada gambar tersebut terlihat rumah dengan sundeck dan juga porch di bagian sisi-sisinya.

Tren rumah dengan sundeck ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah tropis. Anda bisa menggunakan porch dan sundeck ini sebagai tempat bersantai. Sesuaikan besar sundeck dan porch di dalam rumah ini dengan ukuran tanah dan budget milik Anda.

  1. Gaya modern
3. Gaya modern
3. Gaya modern

Layout ruangan rumah minimalis modern ini bisa digunakan sebagai inspirasi untuk membangun rumah baru. Di dalam layout tersebut terlihat rumah dengan satu kamar tidur yang lengkap dengan sudut terbuka di bagian tengahnya.

  1. Layout tipe 45
4. Layout type 45
4. Layout type 45

Jika Anda akan membangun rumah tipe 45, maka gunakan layout yang satu ini. Pada layout ini terdapat dua kamar tidur dengan posisi yang bersebelahan. Ukuran kedua kamar tidur tersebut pun memiliki luas yang sama.

  1. Layout tipe 72
5. Layout type 72
5. Layout type 72

Layout tipe 72 ini memiliki 2 lantai. Namun, Anda bida membangunnya menjadi satu lantai saja. Caranya adalah dengan memanfaatkan bagian depan rumah dibuat sedikit lebih maju. Kemudian perkecil taman di bagian depan.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat membuat layout rumah minimalis dengan biaya rendah. Selain itu, layout tersebut juga mudah ditiru karena terdapat parameter ukuran luas ruangan di bagian sisinya.

  1. Layout tipe 36
6. Layout type 36
6. Layout type 36

Anda bisa memiliki hunian tipe 36 dengan dua kamar dan juga halaman di bagian depan belakang. Salah satunya seperti contoh layout ruangan rumah minimalis tipe 36 ini. Di dalam layout tersebut terdapat dua kamar dengan luas yang sama dan juga halaman.

Bagian belakang rumah dimanfaatkan sebagai dapur. Anda bisa membuat teras di bagian belakang untuk digunakan sebagai dapur. Sedangkan ruang untuk mencuci bisa memanfaatkan halaman belakang.

  1. Layout rumah dengan mushola
7. Layout rumah 2 kamar
7. Layout rumah 2 kamar

Dengan menggunakan layout ini, Anda dapat membuat rumah yang lengkap dengan mushola kecil. Mushola ini juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang ibadah jika Anda bukan seorang muslim.

Di dalam layout ini terdapat satu kamar tidur utama dengan luas 4×4 meter. Bagian ruang keluarga, dapur, dan juga ruang makan menjadi satu tanpa sekat. Ini akan menambah kesan lega di dalam rumah meskipun luasnya terbatas.

  1. Layout rumah 3 kamar
8. Layout rumah 3 kamar
8. Layout rumah 3 kamar

Layout rumah berikut memiliki dua lantai dengan tiga kamar tidur. Di dalam layout ini terdapat dua kamar tidur dengan luas yang sama. Sedangkan kamar tidur utama memiliki luas yang lebih besar daripada keduanya.

Cara penempatan kamar tidur ini dibagi ke dalam dua lantai. Ruang tidur utama dan ruang tidur satu berada di lantai 2. Bagian dapur dan ruang makan menjadi satu dengan ruang keluarga di lantai 1.

  1. Rumah 2 lantai
9. Rumah 2 lantai
9. Rumah 2 lantai

Layout rumah 2 lantai ini dapat Anda ikuti jika lahan yang dimiliki memang berukuran agak luas. Di dalam layout tersebut terdapat garasi dengan model tertutup dan juga carport di luarnya.

Sehingga tamu tak perlu kerepotan untuk memasukkan mobilnya ke dalam garasi. Layout rumah ini memiliki taman yang tersambung ke seluruh sisi rumah. Ini menambahkan kesan hijau dan asri dari bagian luar.

  1. Konsep monokrom
10. Layout Ruangan Rumah Minimalis dengan Konsep monokrom
10. Layout Ruangan Rumah Minimalis dengan Konsep monokrom

Layour rumah dengan konsep monokrom ini bisa diikuti jika Anda sedang mencari contoh layout ruangan rumah minimalis yang memberikan efek elegan. Warna hitam putih ini dapat memberikan perpaduan elegan dan minimalis secara bersamaan.

Namun, pilihan warna monokrom tidak terbatas pada hitam putih saja. Anda bisa memilih padu padan warna lain, contohnya seperti pink pastel dan putih. Perpaduan dua warna tersebut akan memberikan efek manis di dalam rumah.

  1. Konsep all-white
11. Konsep all-white
11. Konsep all-white

Rumah dengan konsep all-white dapat memberikan efek ruangan menjadi lebih luas. Anda bisa memadukan warna putih dengan ornamen furniture yang terbuat dari bahan kayu. Ini akan memberikan efek rumah yang luas, tetapi tidak membosankan.

Pilihan jenis warna putih akan sangat penting dalam hal ini. Selain itu, tata letak furniture juga akan memengaruhi tampilan rumah. Anda bisa memilih furniture yang tidak bermotif dan meletakannya seperti pada contoh gambar di atas.

(Baca juga: Langkah Mengatur Layout Rumah Supaya Terlihat Lebih Rapi dan Mengesankan)

  1. Open space
12. Open Space
12. Open Space

Rumah open space seperti pada gambar merupakan salah satu contoh yang bisa ditiru. Rumah ini tidak memiliki sekat di bagian tengah agar memberikan efek rumah yang lebih luas. Pilih furniture dengan warna yang cocok agar tetap terjaga nilai estetikanya.

  1. Naturalis
13. Naturalis
13. Naturalis

Rumah naturalis cocok bagi Anda yang senang dengan konsep alam. Rumah dengan konsep ini memiliki tema yang menyatu dengan alam. Anda dapat membuat rumah dengan menambahkan tanaman di sekelilingnya.

  1. Modern mewah
14. Modern mewah
14. Modern mewah

Layout rumah modern mewah berikut cocok untuk Anda yang memiliki budget agak banyak. Ikuti layout di atas agar rumah tetap dapat terasa nyaman dan memiliki penempatan furniture yang sesuai.

  1. Minimalis modern
15.	Minimalis modern
15. Minimalis modern

Rumah minimalis modern di atas memiliki dua kamar tidur. Nilai minimalis pada layout tersebut terlihat dari pemilihan warna dan juga furniture yang tidak mencolok sehingga tetap tampak sederhana.

Perumahan Minimalis Modern Graha Taruma

Graha Taruma menghadirkan hunian dengan konsep modern tropis di daerah Tanegrang Selatan. Lokasi hunian ini berjarak 15 menit dari stasiun MRT dan juga jalan tol terdekat. Kini tipe hunian di Graha Taruma tersedia dua tipe dengan jumlah 63 unit.

Tipe Nara dijual dengan harga 1,7M memiliki luas bangunan 100m² dan luas tanah 60m². Tipe Saga dijual dengan harga 1,9M memiliki luas bangunan 110m² dan luas tanah 78m². Kedua tipe ini sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti smart home, rooftop, da juga panel surya.

Kini Anda bisa mendapatkan hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran. Ggraha Taruma hadir menjawab keinginan Anda. 

Artikel di atas membahas tentang layout ruangan rumah minimalis. Jadikan tulisan ini sebagai referensi jika Anda ingin membangun rumah. Pilih salah satu layout dari 15 layout yag tersedia di atas.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *