Cara Membangun Rumah Minimalis

Rumah minimalis menjadi salah satu model rumah yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat perkotaan. Penerapan sistem kesederhanaan dan pemanfaatan barang-barang dengan secukupnya saja, menjadikan rumah yang satu ini sangat ingin dimiliki oleh banyak orang. Mari simak cara membangun rumah minimalis dengan budget seadanya.

Cara Membangun Rumah Minimalis dengan Budget Pas-pasan

  1. Riset harga terlebih dahulu

Saat ingin membangun rumah minimalis, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, dengan mencari tahu harga dari bahan-bahan untuk membangun rumah tersebut. Tujuannya tentu saja agar Anda dapat mengalokasikan dana sesuai dengan budget yang pas-pasan tersebut.

Lakukan riset setiap harga di toko-toko bangunan. Bandingkan harga dan kualitas yang akan didapatkan saat menggunakan bahan tersebut, bandingkan juga dengan harga di toko yang berbeda untuk mendapatkan harga termurah dari barang yang sama. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual mengenai bahan tersebut.

  1. Rencanakan dengan tepat

Saat ingin melakukan sesuatu tentunya harus membuat rencana yang matang agar hasil yang didapatkan juga sempurna. Anda dapat membuat perencanaan dengan memperhatikan beberapa hal penting seperti, ukuran tanah yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan, serta alokasi waktu dan dana untuk memperkerjakan tukang.

Proses perencanaan harus dilakukan dengan serius agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Harus menghitung anggaran yang akan dikeluarkan ketika proses pembangunan sudah dilakukan. Anda dapat mencari informasi mengenai cara membangun rumah minimalis murah untuk mendapatkan rencana yang matang.

  1. Gunakan bahan lokal

Dengan hanya menggunakan budget yang pas-pasan, jangan tidak tahu diri untuk mencari bahan-bahan yang berasal dari luar negeri. Hal itu sama saja merusak perencanaan tentang alokasi dana. Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan produk lokal.

Bahan-bahan bangunan lokal tidak kalah berkualitas dari bahan dari luar negeri. Selain itu, harga yang ditawarkan juga tentu jauh lebih murah. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal, anggaran pembangunan yang dikenakan juga semakin kecil sehingga bisa sesuai dengan budget yang disiapkan sejak awal.

  1. Hitung per satuan

Untuk menghemat pengeluaran, Anda harus menghitung masing-masing harga yang harus dikeluarkan. Contohnya, harga bahan-bahan bangunan yang akan digunakan, jasa gambar desain rumah yang ingin dibangun, material apa saja yang diperlukan dalam proses pembangunan.

Tidak hanya itu, upah tukang juga harus dihitung secara terpisah. Setiap anggaran biaya tersebut dapat ditambahkan dengan PPN 10%. Dengan menghitung harga per satuan, Anda dapat menyesuaikan hal-hal tersebut dengan budget yang dimiliki.

  1. Bangun secara bertahap

Membangun rumah tidak harus langsung jadi dalam waktu yang dekat, apalagi budget yang dimiliki pas-pasan. Sebelumnya Anda sudah melakukan tahap perencanaan, alokasi dana yang dibutuhkan tentunya sudah dihitung. Tidak masalah menunggu sedikit lebih lama agar pengeluaran dana dapat terus dipantau.

Selain itu, cara membangun rumah minimalis hemat biaya secara bertahap seperti ini dapat membuat Anda lebih fokus pada pembangunan tersebut. Mulai dari fondasi dibuat, proses pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dapat dilihat prosesnya satu demi satu.

  1. Pilih tukang yang bagus

Saat ingin membangun rumah, tentunya menggunakan jasa tukang. Tukang tersebut tidak hanya satu orang, pastinya minimal 5 orang. Masing-masing tukang tentunya nanti akan diberikan upah dari hasil kerja mereka itu.

Oleh karena itu, Anda perlu selektif ketika mencari jasa tukang. Cari tukang yang sudah terbukti memiliki kinerja yang bagus sesuai dengan upah yang nantinya diberikan. Dapat meminta bantuan saran dari kerabat untuk mencari tukang yang sesuai dengan kriteria.

(Baca juga: Tips Membangun Rumah Bertahap yang Nyaman Dihuni)

6 Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Ketika ingin membangun sebuah rumah, terkadang bingung dengan denahnya. Maka dari itu, coba lihat beberapa inspirasi yang dapat digunakan untuk tata letak ruangan rumah minimalis Anda.

  1. 1 Lantai

Rumah dengan satu lantai dapat didesain dengan model minimalis dan tentunya pasti mudah ketika melakukan penataan barang. Bahkan dengan membangun satu kamar saja sudah cukup, tetapi idealnya dapat membuat dua kamar.

Pembagian antar ruangnya dapat dibagi menjadi ruang tamu yang dekat dengan pintu utama yang bisa dimultifungsikan sebagai ruang makan dan ruang dapur. Di sisi belakang bisa dibuat kamar tidur dan kamar mandi.

  1. 2 Lantai

Rumah dengan dua lantai tentunya sangat bermanfaat, setiap sudutnya dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsi rumah minimalis yang sesungguhnya. Selain itu, rumah bertingkat juga menambahkan kesan mewah.

Pembagian ruangnya bisa seperti ini, lantai dasar digunakan untuk ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Untuk lantai dua dapat dibangun kamar tidur dan tambahan kamar mandi. Anda juga bisa membagi ruangan sesuai dengan keinginan sendiri.

  1. 1 Lantai 1 Kamar

Sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba memiliki rumah minimalis dan belum berkeluarga. Dapat membangun satu lantai dengan satu kamar saja.

Dapat memanfaatkan luas dari rumah tersebut untuk membuat ruang tamu yang cukup luas, ruang kerja dan ruang santai, toilet, ruang mencuci, dan yang pastinya kamar tidur. Anda dapat membangun dapur terbuka agar mendapat udara segar.

  1. 1 Lantai 2 Kamar

Jika sudah berkeluarga dan memiliki satu anak, dapat membangun 2 kamar tidur yang bersebelahan. Selain itu, dua kamar untuk rumah minimalis adalah pilihan yang sangat tepat.

Denah ruangnya dapat dibagi menjadi ruang tamu, ruang makan, dan ruang dapur. Kedua kamar bersebelahan, kamar mandi dekat dapur dan sedikit ruang di belakang rumah untuk mencuci atau lainnya.

  1. 2 Kamar

Salah satu cara membangun rumah minimalis sederhana yakni, dengan 2 kamar juga dapat dibangun pada ukuran bangunan yang berbentuk persegi panjang ataupun bertingkat.

Gunakan ruang untuk membagi dua kamar yang sesuai. Kedua kamar tersebut harus bisa menampung perabotan yang harus berada di kamar, seperti tempat tidur, lemari, dan sebuah meja.

  1. 3 Kamar

3 kamar sangat cocok dibangun ketika Anda memiliki tanah yang luas. Bangun kamar di ketiga sisi yang berbeda, tidak berdempetan. Hal tersebut dapat dijadikan inspirasi ketika bosan dengan kamar yang selalu berdempetan.

Kamar tersebut dapat dibagi luasnya sesuai dengan kebutuhan orang yang akan menempati kamar tersebut. Hal yang paling penting adalah penataan barang-barang di dalam kamar agar terlihat luas dan nyaman digunakan untuk istirahat.

Perumahan Dekat MRT Dari Graha Taruma

Graha Taruma merupakan perumahan yang menggunakan konsep minimalis modern design modern tropic. Konsep tersebut tentunya banyak dicari karena akan memberikan suasana yang sangat nyaman untuk dihuni.

Perumahan milik PT Multiguna Cipta ini dibangun dengan konsep yang minimalis dengan lokasi dekat dengan tol dan MRT. Sangat menguntungkan ketika tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat dengan mudah menemukan transportasi umum.

Fasilitas yang diberikan berupa, smart home yang dapat digunakan untuk memantau rumah dari mana saja. Kemudian panel surya untuk menghemat pengeluaran biaya listrik. Juga tersedianya rooftop yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati pemandangan.

Graha Taruma memberikan tawaran dua jenis tipe, tipe Saga yang memiliki luas bangunan 100m2 serta tanah 60m2 dan tipe Nara yang memiliki luas bangunan 110m2 serta tanah 78m2. Fasilitas yang diberikan kurang lebih sama, hanya ada sedikit perbedaan harga karena luas tanah dan bangunan yang berbeda. Untuk tipe Saga 1,7 milyar rupiah, sedangkan tipe Nara 1,9 milyar rupiah.

Hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran rupiah ini sangat cocok untuk Anda! Terutama yang ingin rumah dekat MRT untuk kemudahan transportasi.

Sekian informasi mengenai cara membangun rumah minimalis yang perlu Anda pahami ketika berniat menggunakan budget pas-pasan. Dapat melihat inspirasi pembagian ruang agar rumah tersebut nyaman untuk dihuni. Selain itu, lakukan asuransi ketika sudah menempati rumah tersebut. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *