Desain Rumah Hemat Energi

Desain rumah hemat energi dapat dijadikan sebagai inspirasi menarik untuk rumah hunian yang berada di negara tropis seperti halnya Indonesia. Rumah yang dibuat dengan konsep hemat energi memang sudah banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Tidak hanya terlihat lebih estetik, akan tetapi juga hemat biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi Yang Lebih Ramah Lingkungan

Langit-Langit Tinggi

Rumah yang didesain hemat energi cenderung memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Makin tingginya plafon tentunya bisa membuat udara semakin dingin di ruangan rumah.

Penerapan langit-langit tinggi yang berada di area utama dalam rumah bisa mendukung udara lebih berputar. Ukuran ketinggian dua kali lipat dari normal yaitu dikisaran 7 sampai 8 meter. Pada penerapan seperti ini biasanya digunakan oleh rumah yang memiliki satu lantai atau lebih.

Langit rumah yang tinggi juga bisa membantu cahaya dari luar masuk ke rumah secara maksimal. Banyaknya cahaya yang masuk bisa menjadikan rumah hunian tersebut terasa lebih homey. Selain itu, juga diberikan keleluasaan dalam mengkreasikan dinding di sebuah ruangan.

Baca Juga: (Ketahui Berbagai Perbedaan PPJB dan AJB Pada Transaksi Jual Beli)

Fasad Dua Lapis

Pembangunan rumah harus memperhatikan posisi karena memiliki pengaruh yang besar terhadap suhu. Apabila ingin membangun rumah dengan arah ke timur ataupun barat. Sebaiknya dalam membuat eksterior harus diperhatikan dengan baik memanfaatkan secondary skin.

Seperti halnya rumah yang memanfaatkan sunscreen terbuat dari bahan rotan sintetis. Adanya sunscreen ini dapat diterapkan dengan model panel ringan yang berukuran kecil.

Penggunaan material yang satu ini berupa isolator yang tidak memiliki kemampuan dalam menyimpan panas. Selain itu, fungsinya untuk dijadikan lapisan yang mampu menahan panas dari matahari ketika masuk ke dalam rumah.

Area Hijau

Model desain rumah hemat energi bisa menambahkan area hijau. Rumah hunian bisa dengan menambahkan area hijau sekitar 50% untuk dijadikan taman serta inner court.

Desain ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk bersantai ataupun berkumpul selain menggunakan living room. Buatlah desain taman dengan tambahan kursi dan meja terbuat dari kayu. Sehingga memperoleh pemandangan hingga 180 derajat untuk melihat rumput di area taman.

Panel Surya

Keberadaan panel surya ini sebagai salah satu alat yang ramah lingkungan dan sudah banyak diterapkan oleh sejumlah rumah hunian. Panel surya memiliki kemampuan dalam mengubah cahaya matahari untuk dijadikan energi listrik.

Pemasangan dari panel surya biasanya berada di atap rumah sehingga tidak membutuhkan area yang cukup besar. Dalam pemasangan di bagian atap rumah memberikan kemudahan ketika ingin melakukan kontrol karena berdekatan pada baterai.

Panel surya memiliki tingkat jaminan keamanan untuk menurunkan panas hingga 38%. Penggunaan panel surya juga dapat dimanfaatkan dalam memberikan perlindungan di bagian atap supaya mampu meminimalisir kebocoran. Tampilan dari panel surya juga bisa meningkatkan eksterior rumah hunian tampak futuristik.

Jendela Ukuran Besar

Pada pembuatan desain rumah supaya lebih hemat energi bisa dengan mempertimbangkan jendela ukuran besar. Jendela yang memiliki ukuran besar tersebut bisa dibentangkan sampai ke bagian ceiling.

Dengan demikian, mampu memperoleh cahaya matahari secara maksimal serta udara terbaik yang masuk ke dalam rumah. Matahari di pagi hari memberikan suasana menjadi lebih hangat dengan adanya penerangan secara alami. Sehingga tidak perlu memanfaatkan lampu untuk membuat ruangan di dalam rumah supaya lebih terang.

Material Dinding dan Lantai

Rancangan desain rumah hemat energi sebaiknya juga mempertimbangkan penggunaan material untuk bagian dinding dan lantai. Jika pada umumnya material pada dinding ini memanfaatkan bahan batu bata. Hal ini dikarenakan, batu bata memiliki keunggulan dalam memberikan perlindungan terhadap bangunan dari api.

Selain itu, batu bata juga bisa menjadikan suhu di area rumah terasa lebih sejuk. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah harga per biji untuk batu bata cenderung lebih terjangkau.

Sedangkan, material yang cocok untuk lantai adalah keramik, kayu ataupun batu alam. Penggunaan beberapa jenis material lantai tersebut memberikan kesan rumah terasa lebih hangat. Lantai yang menggunakan bahan dari kayu lebih banyak digemari oleh masyarakat karena menguatkan corak yang terlihat alami.

Air Terjun di Rumah

Rumah hunian bisa dengan mengusung konsep seperti halnya villa seperti yang dirancang oleh Yoka Sara. Villa tersebut less wall, less ceiling and less of flooring material.

Pada bagian dinding dan ceiling menggunakan desain yang terlihat transparan dengan memanfaatkan bahan dari kaca. Sehingga menjadikan sirkulasi cahaya serta udara menjadi lebih baik yang cenderung menampilkan gaya sustainable design.

Konsep rumah yang dihadirkan cenderung mengunggulkan elemen alami dengan adanya taman dan kolam renang pribadi. Rumah hunian seperti ini akan terlihat lebih menarik apabila menambahkan desain jalanan setapak yang menggunakan kayu solid. Penerapan jalan setapak tersebut bisa menambahkan atap dari kaca dengan tambahan air terjun buatan.

Lampu Hemat Energi

Sekarang ini sudah tersedia lampu LED yang hemat energi untuk penggunaan di dalam rumah. Jenis lampu ini memang lebih hemat energi daripada penggunaan lampu biasa.

Hadirnya lampu LED dapat dijadikan sebagai pilihan karena dari segi rancangannya sendiri sudah dibuat bebas merkuri dan tahan lama. Lampu jenis ini biasanya bisa hidup hingga 25.000 jam.

Sementara itu, untuk kemampuan hemat energi yang dimiliki sekitar 80% jika dibandingkan dengan penggunaan lampu pijar. Selain itu, juga memberikan efek cahaya putik yang cenderung lebih hangat dan dapat diatur tingkat peradabannya.

Desain yang ditawarkan juga bervariasi yang sangat cocok untuk mendukung interior di dalam rumah. Lampu LED juga memiliki keunggulan tidak menghadirkan radiasi UV yang aman digunakan. Inspirasi desain rumah hemat energi yang satu ini menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan.

Perumahan Candela Residence Dengan Desain Yang Ramah Lingkungan

Candela Residence
Candela Residence

Hal utama yang dipertimbangkan ketika ingin membeli rumah hunian adalah fasilitas dan kelengkapan fitur di dalamnya. Selain itu, calon pembeli rumah biasanya juga mempertimbangkan untuk gaya desain yang ditampilkan pada rumah hunian tersebut.

Belakangan ini pilihan konsep rumah yang banyak diminati adalah nuansa mewah minimalis yang memberikan daya tarik tersendiri. Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini memang sangat cocok dijadikan tempat tinggal untuk masa depan.

Salah satunya adalah kehadiran dari perumahan Candela Residence dari PT Multiguna Cipta Mandiri yang menawarkan nuansa klasik dan tetap terlihat modern. Candela Residence memberikan dukungan lengkap dalam penerapan teknologi canggih. Tempat tinggal yang berada di kawasan premium ini dilengkapi dengan fitur panel surya dan smart home.

Keunggulan dari rumah hunian ini berada di area bebas banjir sehingga aman ketika sedang musim hujan. Rumah minimalis modern ini menawarkan kelengkapan fasilitas yang bisa memberikan kemudahan dalam mendukung kegiatan sehari-hari. Hal ini tentunya bisa membuat setiap penghuni rumah merasa betah saat tinggal di perumahan Candela Residence.

Perumahan premium yang ditawarkan sudah disediakan halaman yang indah dan nyaman untuk dimanfaatkan pada masing-masing penghuni rumah. Candela Residence memang sangat cocok untuk dijadikan hunian di kawasan selatan Jakarta dengan gaya mewah klasik.

Itulah pilihan desain rumah hemat energi yang bisa diterapkan pada rumah hunian. Banyak inspirasi yang bisa diaplikasikan supaya lebih hemat dalam pemanfaatan energi.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *