Ciri-ciri Rumah Minimalis

Beberapa orang masih bingung mengenai ciri-ciri rumah minimalis yang sebenarnya. Persepsi orang terhadap rumah minimalis hanya berputar pada ukurannya yang kecil. Padahal rumah minimalis menitikberatkan pada fungsi dan juga kesederhanaan.

Berikut ini kami bahas secara lebih lanjut mengenai gaya minimalis yang sebenarnya. Simak lebih lengkap dalam tulisan di bawah ini.

Ciri-ciri Rumah Minimalis Masa Kini

  1. Bentuk dan fungsi sederhana

Rumah minimalis menitikberatkan pada bentuk sederhana yang fungsional. Pemanfaatan furniture yang digunakan pada rumah minimalis biasanya memang hanya memiliki satu fungsi saja. Desain furniture yang digunakan pun dipilih yang sesederhana mungkin.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan ruang yang terkesan bersih dan rapi. Sehingga rumah tampak lebih terbuka tanpa adanya furniture atau desain yang berbelit-belit.

  1. Model bangunan kotak

Rumah dengan bentuk yang kotak kini menjadi tren di kalangan masyarakat. Ini merupakan salah satu prinsip rumah minimalis yang menerapkan kesederhanaan sesuai fungsinya. Namun, sayangnya rumah dengan atap datar tersebut tidak cocok di negara tropis.

Terutama di Indonesia dengan curah hujan yang tinggi. Untuk mengatasi hal ini, beberapa arsitek dan developer perumahan mengembangkan desain rumah yang memanfaatkan ilusi optic. Atap rumah dapat terlihat kotak dari luar, tetapi sebenarnya masih dibuat segitiga.

  1. Ruangan minim sekat

Salah satu ciri-ciri rumah minimalis modern adalah ruangan yang minim sekat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan efek rumah yang tampak luas dan juga fungsional. Satu ruangan bisa digunakan untuk 3 fungsi sekaligus.

Contohnya seperti menggabungkan ruang tengah, meja makan, dan dapur menjadi satu. Biasanya digunakan partisi seperti lemari ataupun meja. Atap pun dibuat lebih tinggi untuk memberikan kelancaran sirkulasi udara.

  1. Memanfaatkan ruang terbuka untuk pencahayaan

Rumah minimalis biasanya memanfaatkan pencahayaan alami dari luar. Oleh karena itu, dibangun ruangan dengan kaca yang lebar sebagai sumber cahaya di siang hari. Pemanfaatan cahaya ini merupakan salah satu bentuk pemanfaatan ruang secara maksimal.

Sesuai dengan prinsip rumah minimalis yang menitikberatkan pada fungsi dan kesederhanaan. Dengan menggunakan cahaya alami dari matahari, Anda tidak perlu menghabiskan energi listrik berlebihan pada siang hari.

(Baca juga: 8 Inspirasi Rumah Luas Tanah 90 Dengan Desain Minimalis yang efisien)

  1. Dominasi warna netral

Salah satu titik paling penting dalam rumah minimalis adalah penggunaan warna netral. Ciri-ciri rumah minimalis biasanya menggunakan warna-warna yang tidak begitu mencolok. Contohnya seperti putih, hitam, dan abu-abu.

Ketiga warna ini adalah warna paling umum yang sering dijumpai pada rumah-rumah minimalis. Anda juga bisa memadukan warna putih dan coklat atau warna earth tone lainnya jika merasa bosan dengan ketiga warna tersebut.

  1. Tidak ada dekorasi berlebihan

Karena konsepnya sederhana, tidak ada dekorasi atau pajangan yang terlalu berlebihan. Detail di dalam rumah minimalis dibuat sesederhana mungkin. Biasanya detail ini hanya ada pada gaya lampu ataupun penambahan tanaman saja.

Anda bisa memilih furniture polos dengan kesan yang bersih dilihat. Ini akan mempercantik tampilan rumah Anda. Kemudian pilih model lampu dengan warna netral, tetapi memiliki bentuk yang tak monoton.

  1. Terdapat taman kecil

Untuk menambah kesan hidup di rumah, biasanya dimanfaatkan dengan pembuatan taman minimalis dengan ukuran kecil. Taman ini memberikan efek segar dan sentuhan yang lain dari luar rumah. Selain itu taman ini juga dibuat agar rumah tidak terlihat membosankan.

  1. Furniture tidak berlebihan

Rumah minimalis hanya menggunakan furniture yang memang memiliki fungsi tertentu saja. Tidak ada penggunaan furniture yang tidak berfungsi di dalam rumah. Hal ini terjadi karena prinsip utama dari rumah minimalis adalah kesederhanaan.

  1. Menggunakan material sederhana

Pemilihan material di rumah minimalis biasanya digunakan material sederhana. Namun, hasilnya tetap dimaksimalkan. Tidak perlu menggunakan material yang terlalu heboh jika hasilnya bisa sama-sama maksimal.

Tipe Rumah Minimalis Sederhana Terpopuler di Indonesia

Rumah minimalis bukan dilihat dari ukuran rumah, melainkan konsep yang digunakan di dalamnya. Di Indonesia terdapat berbagai jenis tipe hunian berdasarkan ukurannya. Berikut kami bagikan 6 tipe hunian paling terkenal di Indonesia:

  1. Tipe 36

Tipe 36 merupakan tipe paling populer di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menjumpai rumah tipe 36 di berbagai daerah, mulai dari kota besar hingga kota kecil. Pemanfaatan gaya minimalis bisa diterapkan pada tipe hunian ini.

Ciri-ciri rumah minimalis tipe 36 bisa dilihat dari penggunaan jenis pagar dan juga cat rumah. Kedua hal ini memiliki peran paling penting dalam tampilan bangunan dari luar. Sedangkan di bagian dalam dapat dimanfaatkan dengan cara membuat konsep open space.

  1. Tipe 45

Tipe selanjutnya adalah tipe 45. Tipe ini memiliki luas sedikit lebih besar daripada sebelumnya. Dinamakan tipe 45 karena luas bangunan rumah ini jika dikalikan adalah 45 meter persegi.

  1. Tipe 70

Tipe 70 menempati posisi ketiga rumah paling populer di Indonesia. Rumah ini cocok untuk ditempati oleh keluarga yang terdiri dari satu atau dua orang anak. Tipe ini bisanya dapat dijumpai di cluster perumahan kelas menengah.

  1. Tipe 21

Rumah tipe 21 cocok untuk ditempati oleh Anda yang masih tinggal seorang diri. Hal ini terjadi karena ukuran bangunan yang relatif sempit. Untuk mengatasi hal ini dapat dibangun rumah dengan dua lantai.

Anda juga bisa menerapkan gaya minimalis pada rumah tipe 21 dengan 2 lantai ini. Ciri-ciri rumah minimalis 2 lantai bisa dimanfaatkan pada penempatan atap yang lebih tinggi dari biasanya. Ini akan memberikan efek rumah yang lebih luas dan juga lega.

  1. Tipe 60

Rumah tipe 60 juga merupakan salah satu rumah yang paling diminati di Indonesia. Rumah ini biasanya dapat ditemui di kompleks perumahan menengah ke atas. Tipe hunian ini cocok untuk ditempati oleh keluarga dengan 2-3 orang anak.

  1. Tipe 120

Yang terakhir adalah tipe 120. Tipe ini memiliki bangunan yang cukup luas. Biasanya Anda dapat menemukan rumah dengan tipe serupa di kompleks hunian kelas atas. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung dari lokasi perumahannya.

Hunian Minimalis Gaya Baru di Graha Taruma

Jika Anda bosan dengan gaya rumah minimalis yang itu-itu saja, mungkin rumah dengan konsep modern tropis bisa menarik perhatian. Graha Taruma hadir dengan hunian yang memiliki konsep tropical design.

Konsep ini menggabungkan gaya rumah minimalis dan naturalis menjadi satu. Kini tersedia 63 unit rumah dengan konsep serupa di dalam 2 tipe. Tipe Saga dijual dengan harga 1,9M dengan luas bangunan 110m² dan luas tanah 78m².

Tipe Nara dijual dengan harga 1,7M dan memiliki luas bangunan 100m² serta luas tanah 60m². Kedua tipe ini sudah dilengkapi oleh fasilitas penunjang seperti smart home, panel surya, dan juga rooftop.

Lokasinya pun sangat strategis, hanya berjarak 15 menit dari Tol Cinere dan Stasiun Lebak Bulus. Anda bisa mendapatkan hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran saja tahun ini hanya di Graha Taruma.

Artikel di atas membahas tentang ciri-ciri rumah minimalis dan tipe huniannya di Indonesia. Kini Anda sudah paham perbedaan rumah minimalis dan sederhana secara tak langsung. Anda bisa menjadikan tulisan ini sebagai referensi dalam membangun rumah.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *