Cara Merawat Rumah

Cara merawat rumah setiap orang pasti berbeda-beda. Beda material rumah, maka beda pula perawatannya. Kebersihan rumah juga akan membawa dampak bagi penghuninya, terutama soal kesehatan. Rumah yang bersih akan mendukung jasmani yang bersih pula. Selain itu, juga akan mempengaruhi suasana hati para penghuni.

Karena itu, berikut kami sajikan 5 tips merawat rumah secara umum agar kebersihan dan keindahannya tetap terjaga.

5 Cara Merawat Rumah Agar Tetap Asri dan Bersih

  1. Membuang sampah secara rutin
1. Membuang sampah secara rutin
1. Membuang sampah secara rutin

Jangan menumpuk sampah sampai berhari-hari di dalam rumah. Terutama sampah makanan basah. Ini akan menimbulkan bau tidak sedap di penjuru rumah. Selain itu, sampah yang menumpuk juga mengundang lalat dan serangga untuk datang.

Pisahkan tempat sampah khusus untuk sampah basah dan sampah kering agar efisien. Sampah basah dari sisa makanan hendaknya dibuang setiap hari. Sedangkan untuk sampah kering dibuang jika tempat sampah sudah hampir penuh.

  1. Bersihkan rumah secara menyeluruh
2. Bersihkan rumah secara menyeluruh
2. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Bersihkan rumah secara menyeluruh secara teratur. Membersihkan rumah tak hanya sekadar membersihkan yang terlihat oleh mata saja. Anda harus membersihkan rumah secara mendalam. Mulai dari sortir barang-barang tak terpakai, mencuci bantal, sofa, dll.

Tak lupa untuk membersihkan kamar mandi dan mesin cuci. Lakukan hal ini secara rutin, misalnya setiap 3 minggu sekali. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang ada beberapa bagian di rumah yang sering lupa untuk dibersihkan.

  1. Menyapu dan mengepel rumah setiap hari
3. Menyapu dan mengepel rumah setiap hari
3. Menyapu dan mengepel rumah setiap hari

Cara merawat rumah agar bersih adalah dengan menyapu dan mengepel setiap hari. Untuk memperingan pekerjaan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner sebagai pengganti sapu. Rumah perlu disapu dan dipel setiap hari agar terhindar dari debu dan kotoran berlebih.

Mengepel rumah juga sangat penting agar lantai menjadi wangi dan bersih. Terutama di bagian dapur yang sering terkena tumpahan bahan makanan. Pastikan Anda menggunakan alat pel yang bersih agar tidak menimbulkan bau tak sedap.

Jika Anda memiliki halaman, jangan lupa untuk menyapu halaman setiap hari. Bersihkan halaman dari tanaman dan rumput liar. Jangan lupa untuk merawat tanaman dengan disiram dan diberi pupuk. Ini dilakukan agar rumah tetap terlihat asri dan terawat dari luar.

  1. Gunakan air purifier
4. Gunakan air purifier
4. Gunakan air purifier

Untuk menjaga kualitas udara di rumah, gunakan air purifier di kamar tidur atau di ruang tengah. Air purifier berfungsi untuk menyaring udara di sekitar dan mengeluarkannya lagi dengan kualitas yang bersih.

Jika memiliki hewan peliharaan, ini adalah barang yang wajib dimiliki. Bulu-bulu hewan peliharaan akan menyebabkan udara menjadi kotor dan bisa menimbulkan penyakit. Alat ini dapat menyaring bulu-bulu halus yang beterbangan di udara.

  1. Membuka jendela setiap hari
5. Membuka jendela setiap hari
5. Membuka jendela setiap hari

Buka jendela rumah setiap hari untuk mempermudah siklus pertukaran udara. Hal ini juga dilakukan agar rumah tidak lembap dan mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Pastikan Anda membuka jendela di pagi hari ketika udara masih segar.

Kondisi rumah yang lembap akan berpengaruh pada perabotan. Beberapa material perabotan di rumah sangat sensitif terhadap udara yang lembap. Jika tak terawat dengan baik, terkadang bisa muncul jamur dan merusak daya tahan perabotan.

(Baca juga: 5 Tips Membeli Tanah sebagai Instrumen Investasi)

Tips dan Trik Merawat dan Menjaga Rumah Kayu

Rumah yang menggunakan banyak material kayu membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan rumah dengan beton. Berikut kami bagikan bagaimana cara merawat rumah yang banyak memiliki elemen kayu dengan mudah agar tak mudah lapuk.

  1. Gunakan material terbaik

Pilih kayu terbaik untuk perabotan atau untuk lantai. Berbagai jenis kayu memiliki durabilitas dan perawatan yang berbeda-beda. Carilah material kayu yang tahan lama dan perawatannya tidak terlalu sulit.

Anda bisa memilih jenis kayu jati, mahoni, atau kayu beech. Ketiga jenis ini merupakan kayu yang paling sering digunakan untuk material bangunan atau perabotan.

  1. Pasang karpet di lantai

Gunakan karpet di lantai agar kayu tak mudah bengkok. Karpet pada lantai kayu juga berfungsi untuk melindungi kayu dari air, embun, dan sinar matahari berlebihan. Pilih karpet dengan material yang mudah dibersihkan.

Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet. Anda bisa menggunakan jasa laundry agar pekerjaan tak menjadi semakin berat. Selain itu sapu juga bagian bawah karpet secara rutin agar tak ada debu yang menumpuk.

  1. Gunakan cat water based

Gunakan cat kayu water based yang aman. Cat kayu water based ini melindungi kayu dari rayap dan juga efek udara yang lembap. Cat water based juga akan memperjelas serat kayu sehingga tampak lebih cantik dan menarik.

Pastikan produk cat yang digunakan tak mengandung bahan kimia berbahaya. Anda bisa konsultasi hal ini kepada toko cat pilihan untuk rekomendasi cat yang ramah lingkungan.

  1. Rutin coating ulang setiap 6 bulan sekali

Coating ulang bagian kayu yang berada di luar rumah setiap 6 bulan sekali. Contohnya seperti pagar balkon material kayu. Pagar balkon yang berada di luar ini lebih sering terpapar hujan, matahari, dll.

Oleh karena itu, perlu dilakukan coating setiap 6 bulan sekali. Selain untuk mempertahankan kualitas kayu, coating juga dilakukan agar nilai estetika dari kayu tersebut tetap terjaga keindahannya.

  1. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Jika lantai rumah Anda menggunakan material kayu, sebaiknya gunakan vacuum cleaner alih-alih sapu. Selain meringankan pekerjaan, menggunakan sapu untuk lantai kayu ini kurang efisien. Warna kayu yang cenderung gelap menyebabkan kotoran jadi sulit terlihat.

Cara merawat rumah kayu yang efisien adalah dengan menggunakan alat ini. Kotoran yang terlihat sudah pasti terangkat dan tak bersisa. Bersihkanlah rumah setiap hari agar kebersihannya selalu terjaga.

  1. Jaga agar rumah tidak lembap

Rumah yang memiliki banyak elemen kayu di dalamnya tidak boleh memiliki udara yang terlalu lembap. Pastikan udara di dalam rumah tidak terlalu lembap, tetapi juga tidak kering. Anda bisa menjaga kualitas udara dengan menggunakan air purifier.

Kayu yang terpapar udara lembap akan menjadi lapuk karena timbul rayap. Jauhkan perabotan bermaterial kayu dari sumber air. Bukalah jendela rumah setiap pagi agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar.

Perumahan Modern Klasik Dekat Jakarta

CASA DE RAMOS
Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Merawat rumah kayu memang jauh lebih sulit daripada rumah dengan material yang lebih modern. Oleh karena itu, ketika membeli rumah pertimbangkan jenis material yang digunakan dan efisiensi perawatannya. Anda bisa memilih rumah dengan material modern seperti di Casa De Ramos.

Casa De Ramos menghadirkan rumah berkonsep mewah klasik yang tersedia dalam dua tipe, yaitu Tipe Jazmin dan Tipe La Rosa. Kedua tipe ini memiliki halaman yang luas dan fasilitas yang tak kalah hebat. Rumah di Casa De Ramos sudah dilengkapi dengan panel surya dan juga smart home.

Perumahan milik PT Multiguna Cipta Mandiri ini terletak di kawasan bebas banjir. Oleh karena itu, perawatan rumah ini pun menjadi mudah karena tak pernah terendam banjir. Tak jauh dari perumahan ini ada jalan tol dan juga stasiun MRT.

Setelah mengetahui cara merawat rumah, kini Anda harus mempertimbangkan material rumah agar mudah dirawat. Rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran dengan perawatan yang mudah bisa Anda dapatkan di Casa De Ramos. Jadi tunggu apalagi? Ayo pelajari lebih lanjut, dan Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *