7. Menaruh barang di tempatnya

Anda harus membuat aturan menjaga kebersihan rumah agar terjaga kebersihannya. Aturan ini tentu saja harus diterapkan oleh seluruh penghuni. Jika Anda bingung harus memulai dari mana berikut kami berikan 10 aturan menjaga rumah agar tetap bersih dan terawat.

10 Aturan Menjaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Terawat

  1. Langsung mencuci bekas makan dan memasak
1. Langsung mencuci bekas makan dan memasak
1. Langsung mencuci bekas makan dan memasak

Cucilah berkas peralatan masak dan makan begitu selesai digunakan. Hindari kebiasaan buruk menumpuk piring atau peralatan masak di wastafel. Ini akan menyebabkan timbul bau tidak sedap dari dalam dapur.

Selain itu, langsung mencuci peralatan untuk memasak dan makan juga memperingan pekerjaan. Anda tak perlu mencuci dengan jumlah banyak dalam satu waktu. Biasakan juga agar anggota keluarga lain mencuci peralatan bekas makannya masing-masing.

  1. Menaruh sepatu di rak
2. Menaruh sepatu di rak
2. Menaruh sepatu di rak

Sepatu atau sandal yang berserakan di lantai membuat kesan berantakan di dalam rumah. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan rak sepatu di dekat pintu masuk. Terapkan kebiasaan untuk langsung menaruh sepatu di rak setelah dipakai.

Dengan begitu, rumah Anda akan senantiasa berada dalam kondisi rapi dan bersih. Kebiasaan ini harus diterapkan oleh seluruh penghuni rumah. Pastikan tidak ada satupun yang menaruh sepatunya sembarangan di lantai atau teras depan.

Baca Juga: (Dokumen Apa Saja yang Harus Ada Saat Proses Jual Beli Tanah?)

  1. Menyediakan tempat sampah di tiap sudut rumah
3. Aturan menjaga kebersihan rumah dengan menyediakan tempat sampah di tiap sudut rumah
3. Aturan menjaga kebersihan rumah dengan menyediakan tempat sampah di tiap sudut rumah

Sediakan tempat sampah di sudut rumah. Anda perlu menyediakan minimal satu tempat sampah untuk satu ruangan. Ini dilakukan agar tidak ada penghuni rumah yang buang sampah sembarangan dengan alasan tempat sampah jauh.

Anda harus membuat sanksi bagi yang melanggar aturan menjaga kebersihan rumah agar ada efek jera. Contohnya, jika ada yang membuang sampah sembarangan maka orang tersebut harus bertugas membersihkan kamar mandi selama 3 bulan.

  1. Memisahkan sampah basah dan sampah kering
4. aturan menjaga kebersihan rumah Memisahkan sampah basah dan sampah kering
4. Memisahkan sampah basah dan sampah kering

Pisahkan antara sampah basah dan sampah kering. Sampah basah biasanya berupa sisa makanan atau bungkus makanan. Sediakan tempat sampah khusus di dapur untuk membuang sampah basah ini.

Jangan mencampur antara sampah basah dan sampah kering agar tak menimbulkan bau tidak sedap di seluruh penjuru rumah. Anda bisa memilih tempat sampah yang memiliki tutup khusus untuk diletakkan di dapur.

  1. Sapu dan pel lantai setiap hari
5. Sapu dan pel lantai setiap hari
5. Sapu dan pel lantai setiap hari

Anda harus menyapu dan mengepel lantai setiap hari agar lantai rumah senantiasa bersih dan bebas debu. Untuk memperingan pekerjaan, gunakanlah vacuum cleaner yang dapat berjalan sendiri secara otomatis.

Selain itu, lap juga kaca serta meja setiap hari. Hal ini dilakukan agar rumah terbebas dari debu. Jangan lupa untuk selalu membuka jendela ketika sedang bersih-bersih agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar.

  1. Merapikan tempat tidur setiap pagi
6. aturan menjaga kebersihan rumah Merapikan tempat tidur setiap pagi
6. Merapikan tempat tidur setiap pagi

Tempat tidur yang rapi merupakan salah satu indikator rumah yang bersih. Setiap anggota keluarga harus menerapkan aturan menjaga kebersihan rumah yang satu ini. Jangan hanya mengandalkan satu orang untuk membereskan seluruh kamar.

Rumah yang bersih dan rapi adalah tanggung jawab dari seluruh penghuni. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa setiap penghuni selalu berkontribusi dalam menjaga kebersihan. Buat sanksi yang memberikan efek jera jika ada yang melanggar.

  1. Menaruh barang di tempatnya
7. Menaruh barang di tempatnya
7. Menaruh barang di tempatnya

Jangan asal-asalan ketika menaruh barang. Selalu letakkan barang ke tempat asalnya. Misal, menaruh pisau setelah selesai digunakan ke dalam laci dapur. Hal ini berpengaruh pada kerapian dan kebersihan rumah Anda.

Rumah yang berantakan memiliki kesan jorok dan kotor. Oleh karena itu, sangat penting untuk menaruh barang kembali ke tempatnya setelah selesai digunakan. Hindari menunda-nunda melakukan hal tersebut agar kebersihan rumah senantiasa terjaga.

  1. Memilah barang tak terpakai
8. Memilah barang tak terpakai
8. Memilah barang tak terpakai

Pilah barang-barang yang sudah tidak terpakai. Barang-barang ini meliputi peralatan rumah tangga, pakaian, sepatu, dll. Untuk barang yang masih layak pakai, Anda bisa menyumbangkannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Buang atau simpan peralatan yang sudah tidak digunakan ke dalam gudang. Hindari kebiasaan menyimpan barang karena berpikir suatu saat akan digunakan. Kebiasaan ini akan membawa dampak buruk ke depannya.

  1. Rutin membuang sampah
9. Rutin membuang sampah
9. Rutin membuang sampah

Buang sampah yang ada di rumah secara rutin. Buatlah jadwal khusus untuk membuang sampah di rumah. Anda bisa membuat jadwal membuang sampah setiap 2 atau 3 hari sekali tergantung tingkat kepenuhan tempat sampah.

Namun, hal ini tidak berlaku pada sampah basah atau sampah dapur. Anda perlu membuang sampah basah setiap hari agar tidak mengundang penyakit. Selain menimbulkan bau tidak sedap, menumpuk sampah juga mengundang datangnya serangga.

  1. Membersihkan kamar mandi secara berkala
10. aturan menjaga kebersihan rumah Membersihkan kamar mandi secara berkala
10. Membersihkan kamar mandi secara berkala

Buat jadwal piket membersihkan kamar mandi. Anda bisa membuat jadwal membersihkan kamar mandi setiap 2 minggu sekali. Setiap anggota keluarga di rumah harus berjibaku dan mau andil dalam hal ini. Pastikan jadwalnya berjalan secara teratur.

Untuk memastikan hal tersebut, buatlah aturan yang membebankan mereka jika melanggar. Misal, satu kali tidak membersihkan kamar mandi maka harus bersedia membersihkan kamar mandi selama 2 bulan sendirian.

Aturan menjaga kebersihan rumah harus dilakukan oleh seluruh penghuni. Jika ada satu saja yang tidak patuh, maka akan berdampak pada masalah lain. Oleh karena itu, penerapan sanksi sangat penting untuk dilakukan dalam hal ini.

Perumahan Lingkungan Nyaman di Casa De Ramos

CASA DE RAMOS
Ayo Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Memiliki rumah yang asri dan nyaman adalah impian semua orang. Faktor lingkungan sekitar rumah menjadi salah satu kriteria utama rumah yang bersih dan asri. Anda akan sulit memiliki rumah yang asri jika tinggal di daerah yang kumuh dan tak tertata.

Salah satu perumahan yang memiliki lingkungan bersih dan nyaman ada di Casa De Ramos. Perumahan ini berlokasi di dekat jalan tol Tangerang Selatan. Casa De Ramos merupakan salah satu properti milik PT Multiguna Cipta Mandiri yang reputasinya tak perlu diragukan.

Perumahan ini mengusung konsep rumah mewah khas Eropa yang klasik. Meskipun begitu, desain perumahan ini tetap terasa modern dan tak ketinggalan zaman. Perumahan di Casa De Ramos tersedia dalam dua tipe, yaitu Tipe Jazmin dan Tipe La Rosa.

Kedua tipe ini memberikan fasilitas yang sama-sama menggiurkan. Anda sudah bisa mendapatkan rumah berhalaman luas yang bebas banjir. Selain itu, terdapat juga fasilitas tambahan seperti fitur canggih smart home dan panel surya. Semua ini sudah bisa Anda dapatkan di Casa De Ramos.

Kini Anda bisa memiliki rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran saja dengan lingkungan yang bersih, asri, serta nyaman. Tunggu apalagi? Segera kunjungi Casa De Ramos untuk mengetahui penawaran lebih lanjut.

Aturan menjaga kebersihan rumah merupakan tanggung jawab semua penghuni di dalamnya. Selain itu, lingkungan sekitar juga menjadi faktor kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal. Pastikan Anda sudah memilih hunian dengan lingkungan yang tepat sejak awal.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *