Tips membuat iklan di Google Ads berikut ini sangat berguna bagi Anda yang bergelut di bidang properti. Terutama di jaman teknologi sekarang ini dimana cara pemasaran online lebih efektif dibandingkan offline.
Google Ads sendiri merupakan program iklan atau advertising yang ditawarkan Google. Dengan memakai Google Ads, perusahaan jadi lebih mudah mencapai target konsumennya. Berikut ini kami sampaikan beberapa cara membuat iklan di Google.
12 Tips Membuat Iklan di Google Ads untuk Marketing Perumahan
- Membuat Akun

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan membuat iklan properti di Google Ads tentu saja memiliki akun. Buka website Google Ads lalu ikuti saja petunjuk untuk membuat akun. Setelah itu, ikuti saja perintah dari Google Ads untuk menuju laman selanjutnya.
- Menyiapkan Anggaran

Siapkan dana dalam jumlah tertentu untuk membuat iklan di Google Ads. Dana yang disiapkan tentu tergantung pada jenis yang digunakan. Waktu tayang iklan pun berpengaruh pada besaran biaya yang harus disiapkan.
- Gunakan Ilmu Copywriting

Cara dan tips membuat iklan di Google Ads yang paling efektif adalah dengan memanfaatkan ilmu copywriting sebaik mungkin. Anda harus bisa membuat judul yang menarik agar calon pembeli merasa tertarik pada produk yang dijual.
Pastikan judul dan isi iklan menarik dan informatif. Jika ingin memasarkan perumahan, masukkan informasi penting seperti harga, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan. Kemas informasi tersebut menjadi tulisan yang ringkas, padat, dan jelas agar mudah dipahami.
- Pahami Ad Copy di Google Ads

Pahami istilah-istilah yang ada di dalam Google Ads, salah satunya yaitu Ad Copy. Ad Copy adalah isi yang berupa teks iklan. Ini merupakan konten utama dari iklan Anda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis Ad Copy.
Pertama, teks di dalam iklan harus fokus pada produk yang ditawarkan. Kedua, tampilkan manfaat yang ditawarkan jika audiens membeli produk Anda. Ketiga, gunakan kata-kata yang persuasif dan tidak kasar di dalam teks.
- Melakukan Bid pada Keyword Relevan

Cari kata kunci di dalam Google yang relevan dengan produk/jasa kan akan dijual. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual rumah maka kata kunci yang sering dicari misalnya “Jual Rumah Murah”.
Anda bisa melakukan bid pada kata kunci tersebut sebagai penunjang bisnis. Gunakan tools seperti Adwords Keyword Planner untuk memudahkan pencarian kata kunci. Optimalkan bid untuk memperluas jangkauan iklan Anda.
(Baca juga: Strategi Digital Marketing Properti Agar Maksimal)
- Pahami Metrik KPI

Pahami apa itu Key Performance Indicator. KPI memiliki peran penting agar iklan menjadi lebih efektif. Metrik dalam KPI meliputi impression, CTR, CPC, CPM, dan CPA. Anda bisa melihat secara lebih lanjut penjelasan tersebut di laman Google Ads.
Metrik KPI ini akan memudahkan pembuatan strategi iklan yang lebih efektif. Misalnya, jika ingin membuat perumahan A menjadi lebih terkenal maka bisa memanfaatkan CPM. Ini akan membantu brand Anda agar dikenali oleh lebih banyak pengguna.
- Memanfaatkan Extensions

Gunakan fitur Ad Extensions yang tersedia di Google Ads. Fitur ini akan memperluas jangkauan iklan dan menarik audiens dalam jumlah besar. Pahami jenis Ad Extensions seperti apa yang dibutuhkan. Setelah itu, tentukan mana yang paling menguntungkan.
Misalnya, dalam pemasaran rumah yang paling penting adalah menjalin komunikasi langsung antara penjual dan pembeli. Gunakan fitur Ad Extensions 2 agar calon pembeli bisa menghubungi Anda secara langsung melalui call and message extensions.
- Gunakan Fitur Geo Targetting

Lokasi menjadi poin paling penting dalam menargetkan audiens calon pembeli rumah. Gunakan fitur Go Targetting agar iklan bisa tersampaikan dengan efektif. Fitur ini akan membantu dalam menentukan audiens sesuai dengan lokasi yang dipilih.
Sebagai contoh, Anda akan membuat iklan penjualan perumahan di Tangerang Selatan. Fitur ini nantinya akan membantu iklan Anda tersampaikan pada pengguna yang berada di daerah tersebut.
- Mencari Referensi dari Kompetitor

Tips membuat iklan di Google Ads dengan mudah salah satunya dengan mencari referensi melalui kompetitor. Cari dan amati jenis iklan seperti apa yang mereka gunakan. Catat hal-hal penting yang bisa ditiru pada brand Anda.
Adaptasi hal-hal tersebut ke dalam konten iklan milik Anda. Gunakan prinsip ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) untuk mempermudah pekerjaan ini. Namun, ingat agar tidak meniru secara keseluruhan dan tetap mengedepankan kreativitas serta orisinalitas isi iklan.
- Review dan Evaluasi Iklan

Review dan evaluasi jumlah penayangan iklan. Lihat pada hari apa iklan paling banyak mendapatkan impression dari pengguna. Manfaatkan hal ini untuk memaksimalkan performa dan kinerja dengan optimal.
Sesuaikan jadwal penayangan iklan dengan kinerja KPI. Tips ini bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan biaya minimal.
- Buat Iklan yang Desktop and Mobile Friendly

Jenis iklan yang dibuat harus bisa diakses menggunakan perangkat apa pun. Hal ini akan membuat jangkauan iklan menjadi lebih luas. Jangan hanya membuat iklan dengan menyesuaikan satu model perangkat saja.
Terutama dalam pembuatan iklan properti. Butuh impression dengan skala besar dari audiens agar informasi tersebar lebih luas lagi. Semakin luas jangkauannya, maka semakin besar juga peluang untuk bertemu dengan calon pembeli.
- Pahami Keuntungan dan Kerugian

Jika ingin mengetahui tips membuat iklan di Google Ads tanpa ribet, maka pahami apa saja keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh. Di era serba digital sekarang, tentu Google Ads memiliki banyak manfaat.
Teknologi ini memudahkan para penjual untuk menaikkan omset melalui iklan secara virtual. Penjual bisa menentukan sendiri siapa target audiens dari iklan tersebut. Namun, memang tidak mudah untuk membuat iklan yang bisa menarik pengguna.
Dibutuhkan kreativitas, pengalaman, dan dana yang tak sedikit jumlahnya. Kreativitas ini bisa tumbuh seiring berjalannya waktu dengan cara mencari referensi iklan perumahan. Contohnya seperti tulisan di bawah ini.
Hunian di Tangerang Hanya 1 Milyaran di Tangerang Selatan

Graha Taruma menawarkan hunian dengan fasilitas terbaik di Tangerang mulai dari 1 milyar rupiah saja. Perumahan ini adalah salah satu produk properti utama milik developer PT Multiguna Cipta Mandiri.
Rumah di perumahan ini tersedia dalam dua tipe sebanyak 63 unit rumah. Ada Tipe Saga dan Tipe Nara yang memiliki kelebihannya masing-masing. Tipe Saga memiliki bangunan dengan luas sebesar 110m² dan luas tanah 78m². Tipe ini dijual dengan harga 1,9M saja.
Kemudian ada tipe selanjutnya, yaitu Tipe Nara. Tipe Nara memiliki bangunan dengan luas 100m² dan tanah seluas 60m². Untuk tipe ini dijual dengan harga 1,7M saja. Meskipun harganya berbeda, fasilitas yang didapatkan tetap sama antara satu dengan yang lain.
Seluruh rumah di Graha Taruma sudah memiliki fitur smart home dan juga panel surya. Tak ketinggalan rooftop yang membuat rumah ini menjadi sangat fungsional. Perumahan ini pun letaknya sangat mudah diakses dan strategis dari mana-mana.
Hanya butuh waktu 10 menit menuju stasiun MRT dan jalan tol terdekat. Dengan harga terjangkau saja, Anda sudah bisa mendapatkan hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran yang cocok dengan iklim tropis di Tangerang Selatan. Ayo Pelajari lebih lanjut sekarang dan Download Pricelist Graha Taruma di Sini.
Setelah mengetahui apa saja tips membuat iklan di Google Ads dan contohnya, kini Anda sudah memiliki bekal yang cukup. Cukup dengan mengikuti tips dan langkah yang diberikan, memasarkan perumahan secara digital akan terasa lebih mudah dan efisien.