Furniture untuk Rumah Klasik

Ketika memiliki rumah minimalis, pastinya selalu mencari ide cara mengatur tata letak furniture agar terlihat bagus. Apalagi jika rumah tersebut dibangun dengan konsep klasik. Anda dapat meminta rekomendasi mengenai furniture untuk rumah klasik bertema vintage untuk mendapatkan pemandangan ruang yang nyaman.

Desain Furniture untuk Rumah Klasik Tema Vintage

  1. Federal

Furniture dalam rumah minimalis Anda, dapat didesain menggunakan jenis ini. Gunakan barang berbahan dasar kayu yang bersifat kontras, mulai dari garisnya hingga konstruksinya. Bahan kayu tersebut memberikan hawa alam yang menyejukkan. Sangat menggambarkan American Empire.

Furniture berupa kursi dan meja, bagian kakinya dapat dibuat menggunakan kayu yang dibentuk lurus dan kecil. Selain itu, untuk menambahkan kesan vintage dapat ditambahkan dengan alat makan yang terbuat dari bahan dasar kayu.

  1. Mid-century modern

Bertema retro, menggunakan warna-warna yang gelap untuk desainnya. Desain ini mulai dikenal sejak 1950-an. Memiliki ciri khas dari Skandinavia karena memang dipengaruhi oleh negara tersebut. polos dan simetris menjadikan ciri khas dari furnitur ini.

Penggunaan garis yang tegas tanpa ornamen, tentunya harus menggunakan barang-barang yang awet pula. Anda dapat gunakan furniture untuk rumah klasik vintage ini dengan bahan anorganik berupa plastik atau stainless sehingga tidak mudah pecah jika terjatuh.

  1. Rococo

Desain furniture rumah klasik kali ini dirancang untuk menampilkan kesan klasik yang mewah. Maka dari itu, bahan-bahan dasar furniture yang digunakan adalah emas atau perak.

Furnitur ini mulai berkembang saat era pra-revolusi Prancis. Emas atau perak tersebut dibuat dengan bentuk garis asimetris untuk memperlihatkan bahwa nilai furnitur tersebut mahal harganya.

  1. Chippendale

Diciptakan oleh Thomas Chippendale, dengan itu desain furniturenya diberi nama “Chippendale. Mulai di kenal di Amerika pada era abad ke-16.

Furniture ini memiliki ciri khas ujung kaki atau sudutnya yang melebar keluar dengan garis elegan di setiap sisinya. Anda dapat menggunakan furniture berupa kursi dengan desain ini untuk diletakkan di meja makan dan juga lemari baju.

  1. Victorian

Letakkan furniture untuk rumah klasik menggunakan desain victorian untuk menghasilkan kesan vintage yang mahal. Ciri khas dari furniture ini memiliki bentuk yang terbuka dengan kaki yang berliku, sandaran pada kursi berbentuk bulat.

Victorian adalah furniture klasik yang pertama kali diperjualbelikan kepada khalayak umum. Maka dari itu, furniture dengan desain ini sering ditemukan di pasaran, bahkan pada masa modern sekarang.

  1. Dipan

Jika poin sebelumnya membahas tentang furniture yang berasal dari sebagian besar negara di Eropa. Pada poin yang satu ini, khas dari Indonesia. Negara ini juga menggunakan bahan dasar kayu untuk furnitur rumah pada zaman penjajahan.

Untuk memberikan kesan klasik, pada bagian ruang kamar tidur, Anda dapat mengganti ranjang dengan dipan. Dipan sendiri dibuat dari bahan dasar kayu dengan tinggi sandaran 120cm dan tinggi tiang 50cm, pada bagian sandarannya diukir dengan pola bunga.

  1. Furniture Indonesia lainnya

Furniture yang dimaksud adalah meja, kursi, dan lemari. Tentunya berbahan dasar kayu yang kemudian diukir beberapa sisinya membentuk pola bunga. Furniture tersebut umumnya diletakkan di ruang tamu untuk memperlihatkan kepada orang-orang tentang budaya Indonesia.

Bagian kaki meja diukir menyerupai properti kerajaan, begitu pula dengan bagian tengahnya. Begitu pula dengan kursi, yang menjadikannya unik yaitu tidak disambung menggunakan paku. Untuk lemari dapat digunakan sebagai tempat pakaian dan juga alat-alat makan. Inspirasi furniture untuk rumah klasik dari Indonesia ini sangat keren.

(Baca juga: Inspirasi Perabotan untuk Rumah Minimalis Baru)

Tips Memilih Furniture Terbaik

Harus dilakukan pertimbangan dalam memilih furniture agar tidak hanya sebagai pajangan tetapi untuk menambah nilai seni dan juga dapat digunakan sebagai peralatan yang berguna. Jika Anda ingin menggunakan tema klasik, maka pilihlah barang dengan tema tersebut. Beberapa tips memilih furniture sebagai berikut:

  1. Tema

Langkah awal yakni memilih tema yang diinginkan, kali ini menggunakan tema klasik. Maka dari itu, perlu konsisten dalam mencari ide untuk perabotan atau furniture ruangan nantinya. Ketika menggunakan tema tersebut, tentunya hal yang perlu dihindari adalah penggunaan benda mewah seperti sofa yang empuk.

  1. Warna

Untuk tema klasik tentunya menggunakan warna-warna yang sejuk seperti hijau dan orange pada bagian dindingnya. Padukan warna tersebut dengan furniture yang ingin Anda letakkan. Pastikan tata letak dan warna yang dihasilkan tidak mencolok.

  1. Desain

Setelah menentukan tema dan warna yang diinginkan, mulailah untuk merancang desain penataan ruang rumah Anda. Cukup menggunakan beberapa furniture saja agar tidak memakan tempat dan menyisakan banyak space. Disarankan untuk tidak meletakkan furniture yang besar di tengah ruangan.

  1. Ukuran

Menerapkan konsep minimalis klasik tentunya pemilihan barang harus dilakukan lebih teliti. Diutamakan yang berbahan dasar kayu untuk menampilkan kesan alam yang sesungguhnya. Bisa juga menggunakan furniture berbahan dasar plastik yang didesain seperti kayu. Contohnya pada bagian meja, gunakan ukuran yang kecil dan ramping.

  1. Bahan sesuai suhu ruangan

Sesuaikan furniture Anda dengan suhu ruangan. Gunakan bahan dasar kayu untuk ruangan yang bernuansa sejuk seperti pada konsep klasik. Sedangkan pada konsep modern bersuhu panas dapat menggunakan bahan dasar logam. Namun, itu tidak menjadi patokan, kreasikan tata letak sesuai dengan kreativitas masing-masing.

  1. Satu set

Biasanya furniture untuk tema klasik memiliki harga yang lumayan tinggi. Hal tersebut karena penggunaan bahan alam seperti kayu. Solusinya, Anda dapat membeli satu set untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Contohnya, saat membeli peralatan dapur, bisa datang ke toko dan memintanya dalam bentuk satu set.

Perumahan Klasik Modern di Casa De Ramos

Casa De Ramos merupakan salah satu properti yang dikembangkan oleh PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan yang dibangun menggunakan konsep mewah klasik tapi modern. Tentunya ketika Anda memilih rumah di lokasi ini akan mendapatkan suasana perkotaan yang dicampurkan dengan kesan klasik.

Perumahan ini dibangun di kawasan lokasi bebas banjir sehingga tidak perlu khawatir ketika hujan lebat melanda. Selain itu, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau lebih suka menggunakan kendaraan umum, tidak perlu khawatir karena kawasannya dekat dengan tol dan MRT.

Fasilitas yang disediakan berupa halaman yang luas untuk kegiatan luar rumah, smart home sehingga keamanan rumah bisa dipantau terus, dan panel surya untuk mengisi sumber daya sebagai pengganti listrik.

Terdapat dua jenis unit tipe yang ditawarkan oleh Casa De Ramos, tipe Jazmin dan tipe La Rosa. Fasilitas yang diberikan kurang lebih sama, tetapi terdapat perbedaan harga dari kedua unit tersebut karena adanya luas tanah yang berbeda. Cukup menyediakan budget sekitar 2 milyaran rupiah.

Berikut tipe unit yang tersedia di Casa De Ramos:

  • Tipe La Rosa (3 kamar tidur)
  • Tipe Jazmin (4 kamar tidur)

Rumah dekat Jakarta hanya 2 milyaran masih hadir dengan unit terbatas, segera dapatkan sebelum kehabisan. Kontak agen properti kami untuk informasi harga terbarunya.

Sekian informasi mengenai furniture untuk rumah klasik. Cobalah menggunakan tema vintage, lalu menggabungkannya dengan furniture klasik khas Indonesia. Gunakan furniture berbahan dasar kayu untuk mendapatkan kesan sejuk di ruangan Anda. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *