Inspirasi Ruang Tamu Lesehan

Inspirasi Ruang Tamu Lesehan – Berbeda dengan ruang tamu pada umumnya, jenis yang satu ini meniadakan kursi maupun sofa. Agar tetap tampak cantik dan layak untuk menerima tamu, lakukan tips berikut.

Trik cantik dan inspirasi ruang tamu lesehan

1. Karpet

Meskipun tidak menggunakan kursi maupun sofa, ruang tamu lesehan tetap bisa terlihat elegan dengan karpet pilihan. Misalnya menggunakan karpet lebar seperti permadani, atau karpet bulu yang lembut.

Penggunaan karpet paling banyak dipakai karena relatif lebih mudah ditata. Selain itu, memakai karpet dapat disesuaikan dengan tema ruang tamu yang diinginkan. Apabila ingin ganti suasana, bisa pakai karpet baru.

Pemakaian karpet berukuran besar juga cenderung membuat ruang tamu tampak lega dan lebih luas. Menggunakan karpet akan membuat ruang tamu memiliki ruang kosong.

Sehingga, pemilik rumah dapat menambah aksesori rumah seperti standing lamp, lemari berisi koleksi barang, indoor plants, dll.

Untuk merawat ruang tamu dengan karpet, ada baiknya rutin dibersihkan dari debu dan kotoran. Sebab, beberapa jenis karpet sangat mudah menyerap debu. Apabila dibiarkan mengendap, tentu akan menjadi kotoran membandel dan sumber penyakit.

2. Beanbag

Beberapa beanbag terbuat dari bahan-bahan daur ulang yang aman. Namun jika kurang nyaman, pilih beanbag yang diisi dengan bahan yang terjamin kualitasnya.

Beanbag dipilih bukan hanya karena memberi kesan kekinian, tapi juga karena beanbag sangat nyaman untuk bersandar. Bentuknya yang fleksibel dapat mengikuti lekuk tubuh sehingga dapat digunakan untuk meluruskan punggung.

Material beanbag relatif ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Untuk menjaga agar beanbag tetap awet, bersihkan dengan penyedot debu.

(Baca juga: 9 Inspirasi Desain Inspirasi Ruang Tamu 4×6)

3. Bantal duduk tipis

Memilih jenis ruang tamu lesehan dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi tamu. Terutama saat duduk. Siasati dengan meletakkan bantal duduk tipis yang nyaman.

Bantal duduk dapat disesuaikan warna, ukuran, jumlah, dan jenis bahannya. Pemilik rumah dapat mencocokkan dengan interior dan tema ruang tamu. Misalnya ruang tamu dengan interior monokrom, gunakan bantal duduk berwarna abu-abu atau hitam. Sebaiknya jangan gunakan warna putih karena rentan kotor.

Bantal duduk banyak dipilih sebagai pelengkap ruang tamu lesehan. Sebab, maintenance aksesoris ini relatif mudah. Apabila penghuni butuh ruang yang lebih luas, bantal duduk dapat dipinggirkan untuk sementara waktu.

Membersihkan bantal duduk tergantung bahan materialnya. Beberapa bahan cukup dibersihkan dengan penyedot debu, beberapa bahan lainnya bisa dicuci dan dijemur hingga kering.

4. Japan style

Interior bergaya Jepang identik dengan meja pendek kayu dengan bantalan duduk berjenis senada. Desain ini digemari karena sangat praktis dan efisien.

Inspirasi ruang tamu lesehan gaya Jepang bisa disulap menjadi tempat bersantai, bahkan ruang makan sekalipun. Pemilik rumah bisa menyiasati dengan memberi taplak tertentu untuk kesempatan yang berbeda. Misalnya ketika musim hujan, letakkan taplak tebal yang hangat sehingga dapat berfungsi sebagai penghangat. Ketika diubah menjadi ruang makan, taplak disingkirkan agar tetap bersih.

5. Aksen Kayu Outdoor

Ruang tamu lesehan tidak selalu berada di dalam ruangan. Beberapa rumah memilih meletakkan ruang tamu di teras atau di halaman samping rumah.

Untuk menambah kesan estetik agar tidak tampak monoton, berikan aksen kayu pada ruang tamu lesehan outdoor. Misalnya memberi meja dan tatakan/sandaran duduk dari kayu.

Inspirasi ruang tamu lesehan outdoor bisa dengan menambahkan aksesoris rak kecil berisi tanaman bonsai atau lampu hias di bagian atas. Aksesoris ini akan membuat ruang tamu outdoor lebih meriah.

Untuk menjaga kebersihannya, sebaiknya meja dan tatakan dipinggirkan dan digunakan ketika ada tamu. Hal ini dilakukan untuk menjaga eksterior tidak mudah rusak karena terkena hujan.

6. Sofa lantai dan meja kopi

Interior satu ini lebih mirip dengan kasur yang dilipat. Sehingga, pengguna dapat menjulurkan kaki lurus ke depan dan bersandar menegakkan punggung.

Ada beragam pilihan material sofa yang bisa dipilih. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruang tamu rumah. Jika sofa lantai terlalu besar, justru akan membuat ruang tamu terasa lebih sempit selain itu Anda bisa juga menambahkan meja kopi berukuran kecil dengan Aksen kayu disandingkan dengan sofa lantai, tinggi meja yang lebih tinggi dari sofa lantai membuat cemilan ataupun minumam lebih aman dan tak perlu khawatir tersenggol saat bercengkrama. Sempurnakan ruang tamu Anda dengan meja kopi, dengan memesan pada tombol dibawah dan dapatkan harga menarik.

7. Beri lemari baca dan televisi

Ruang tamu dapat difungsikan sebagai ruang keluarga dan perpustakaan. Anda bisa meletakkan lemari berisi koleksi buku bacaan dan televisi.

Agar ruang tamu tidak terasa sesak, padukan dengan interior yang cocok. Misalnya dengan memilih ukuran sofa lantai yang kecil atau bantalan duduk yang bisa disimpan jika ruangan tidak digunakan.

Tips merawat ruang tamu lesehan

  1. Rajin Dibersihkan

Ruang tamu lesehan lebih mudah dideteksi kebersihannya. Sebab, ruangan jadi terbuka tanpa ada sudut yang menutupi kekurangan ruang tamu. Memilih ruang tamu jenis lesehan berarti Anda harus siap membersihkannya lebih sering. Gunakan bantuan penyedot debu agar kotoran tidak menempel dan membandel.

  1. Ruang Gerak Luas

Ruang tamu lesehan biasanya dipilih karena memberikan ruang gerak lebih lega. Ketika ruangan lebih kosong, pemilik rumah dapat berkreasi dengan interior yang diinginkan.

Ruang tamu lesehan juga relatif aman untuk rumah yang berisi keluarga dengan balita. Anak tidak punya ruang untuk naik dan membentur interior yang tajam.

Ruang tamu lesehan juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar untuk anak-anak dalam satu tempat. Sehingga anak lebih leluasa berdiskusi dan berinteraksi dengan saudara dan orang tua.

  1. Multifungsi

Agar ruang tamu lesehan dapat dimanfaatkan menjadi ruangan serbaguna, gunakan interior dan tema yang netral. Warna ini sangat cocok untuk inspirasi ruang tamu lesehan minimalis. Misalnya dengan memilih warna pastel dan interior bergaya Jepang. Ruangan dapat difungsikan sebagai ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga.

  1. Periksa Kenyamanan Tamu

Jika Anda banyak menerima tamu dari kalangan muda, memilih interior kekinian bisa menjadi prioritas. Namun jika rentang usia tamu lebih beragam, sediakan interior yang nyaman seperti sofa lantai.

Rumah yang dihuni keluarga besar biasanya kedatangan tamu dari berbagai kalangan. Pastikan tamu kehormatan tetap dapat merasa nyaman saat berkunjung ke kediaman.

  1. Bikin Tema Tertentu

Agar ruang tamu tampak meriah, berikan tema tertentu dengan interior berwarna senada. Misalnya ruang tamu bernuansa musim panas, gunakan beanbag dan warna ruangan yang cerah. Untuk ruang tamu berwarna Skandinavian, padu padankan warna pastel dan berikan rak kecil manis berisi mini plants.

Rumah modern dan elegan dari PT MCM di Tangerang

CASA DE RAMOS
CASA DE RAMOS

Mempertahankan fungsi rumah sekaligus membuatnya menjadi hunian bergaya yang nyaman bukan lagi hal yang mustahil. Tidak sedikit developer yang menyediakan beragam jenis perumahan dengan interior dan eksterior yang menarik, namun juga fungsional.

Seperti Casa de Ramos dari PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan bergaya mewah klasik ini tetap terlihat modern karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas terkini.

Setiap rumah berjenis smarthome dan dilengkapi dengan halaman yang luas. Casa de Ramos juga menyediakan panel surya sebagai sumber energi terbarukan untuk mendukung hunian yang menerapkan sustainable development.

Tersedia tipe Jasmin dan La Rosa yang bebas dari banjir. Perumahan dekat dengan tol dan MRT sehingga Anda tidak perlu khawatir terlambat dan terjebak macet berkepanjangan. Fasilitas itu semua bisa Anda dapatkan di Tipe Jasmin maupun tipe La Rosa. Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.

Penawaran harganya sangat layak, rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran saja. Aplikasikan pula inspirasi ruang tamu lesehan Anda di sini sekarang.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *