Desain Rumah 2 Lantai Sederhana

Berikut kami berikan desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang diperlukan. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki rumah 1 lantai, maka bisa juga direnovasi menjadi 2 lantai. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah 2 lantai.

Jadi, sebelum membuat rumah, ketahui jenis rumah dan kisaran biaya yang harus dikeluarkan. Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Sederhana dan Perkiraan Biayanya

  1. Tipe 45
1. Tipe 45
1. Tipe 45

Tipe rumah 45 terkadang berukuran terlalu kecil bagi beberapa orang. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa membuat rumah tipe 45 dengan model 2 lantai. Dengan membuat rumah 2 lantai, Anda bisa memanfaatkan banyak ruang untuk digunakan.

Contohnya seperti ruang mencuci. Perhitungan biaya rumah tipe ini adalah dengan cara mengalikan harga biaya per meter dengan 45. Jumlah tersebut adalah total kasar biaya yang diperlukan untuk membangun rumah ini.

  1. Tipe 36
2. Tipe 36
2. Tipe 36

Rumah tipe 36 ukurannya lebih kecil daripada tipe 45. Karena keterbatasan lahan ini, Anda bisa membangun rumah yang terdiri dari 2 lantai. Bagi keluarga yang beranggotakan 4 orang, tipe rumah 36 dengan 2 lantai ini merupakan pilihan yang tepat.

Perhitungan biaya untuk membangun rumah ini adalah dengan mengalikan harga biaya pembangunan per meter dengan 36. Harga pembangunan rumah per meter berbeda-beda di setiap daerah. Oleh karena itu pastikan harga yang diperhitungkan sudah sesuai.

Misalnya biaya pembangunan di daerah Anda per meternya adalah 1 juta rupiah. Untuk membuat rumah dua lantai dengan ukuran 36 berarti sejumlah 36 juta. Untuk membangun dua lantai berarti butuh biaya 2x lipat dari ukuran tersebut.

  1. Model rumah compact
3. Model rumah compact
3. Model rumah compact

Model rumah compact kini menjadi tren di Indonesia pada beberapa tahun belakangan. Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pembangunan rumah compact ini tidaklah terlalu besar. Biaya yang kecil ini disebabkan oleh ukuran rumah yang kecil.

Rumah berukuran kecil ini sangat cocok untuk dibangun di lahan yang sempit. Karena lahannya sempit, maka dibuatlah rumah dengan model 2 lantai. Peminat rumah jenis ini biasanya berasal dari kalangan anak muda yang baru ingin membangun rumah sendiri.

Eksterior rumah ini terasa sangat sederhana, tetapi tetap elegan dan modern. Meskipun ukurannya kecil, rumah ini sangatlah fungsional. Setiap space di rumah ini dimanfaatkan menjadi ruangan atau tempat penyimpanan barang.

  1. Model dengan garasi
4. Model dengan garasi
4. Model dengan garasi

Bagi Anda yang memiliki kendaraan, rumah dengan garasi adalah sebuah keharusan. Meskipun lahannya kecil, Anda bisa mencari cara untuk membuat garasi. Salah satunya dengan membuat rumah dengan 2 lantai.

Pembuatan rumah 2 lantai dengan garasi ini biayanya tak terlalu berbeda dengan rumah tanpa garasi. Biaya pembuatannya tergantung pada seberapa luas bangunan yang akan dibuat. Anda juga bisa memanfaatkan garasi sebagai tempat penyimpanan barang.

Untuk penghematan ruang, bisa dibuat garasi di lantai 1. Kemudian di lantai 2 barulah dimanfaatkan sebagai bangunan rumah. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir tak bisa memiliki garasi di lahan yang sempit.

  1. Konsep futuristik
5. Konsep futuristik
5. Konsep futuristik

Contoh denah rumah 2 lantai sederhana dan biaya pembuatan rumah futuristik ini bisa dijadikan referensi untuk membangun rumah. Biaya untuk pembangunan rumah ini tergantung pada jenis material bangunan yang digunakan.

Semakin mahal materialnya, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal. Namun secara umum, pembangunan rumah 2 lantai ini hanya memerlukan biaya sekitar 350 hingga 400 juta saja. Harga ini dihitung berdasarkan rata-rata bangunan yang memiliki luas 100m².

  1. Konsep minimalis
6. Konsep minimalis
6. Konsep minimalis

Rumah dengan konsep minimalis ini memiliki eksterior bangunan yang terlihat sederhana. Konsep minimalis merupakan salah satu konsep netral yang cocok untuk siapa saja.  Selain itu, rumah dengan konsep ini cocok untuk dibangun di ukuran lahan yang bervariasi.

Mulai dari rumah dengan lahan besar, maupun yang memiliki lahan kecil bisa dibuat dengan konsep minimalis ini. Rumah minimalis 2 lantai ini biasanya memiliki jumlah kamar tidur sebanyak 3-4 kamar untuk ukuran 100m².

Untuk Anda yang memiliki keluarga kecil dengan 4 orang anggota, rumah ini adalah pilihan yang tepat. Terutama bagi yang ingin membangun rumah di lahan yang tak terlalu besar. Rumah ini membuat rumah memiliki kesan yang simpel dan terlihat lega.

  1. Konsep modern tropis
7. Konsep modern tropis
7. Konsep modern tropis

Rumah dengan konsep modern tropis sangat cocok untuk dibangun di Indonesia. Rumah ini memanfaatkan banyak elemen kaca dan penggunaan cat berwarna terang. Elemen kaca di rumah ini berfungsi sebagai jalur masuknya cahaya matahari untuk penerangan alami.

Gambar desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya untuk tipe modern tropis ini bisa dilihat pada contoh berikut. Untuk membangun rumah seperti di contoh, Anda memerlukan biaya hingga mencapai milyaran rupiah.

Rumah dengan konsep modern tropis belakangan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Rumah dengan konsep ini memiliki kesan yang mewah, tetapi tetap terasa hangat dan sederhana di waktu yang bersamaan.

(Baca juga: Mengenal Garis Sempadan Bangunan Sebelum Bangun Rumah)

Rumah Modern Tropis di Graha Taruma

GRAHA TARUMA
GRAHA TARUMA

Rumah bergaya modern tropis ini jumlahnya masih tak terlalu banyak jika dibandingkan rumah gaya minimalis sederhana. Salah satu developer yang mengusung perumahan tema modern tropis di Indonesia adalah PT Multiguna Cipta Mandiri.

Melalui salah satu produk propertinya, mereka menciptakan perumahan dengan tema serupa yang berada di Tangerang Selatan. Perumahan ini adalah perumahan Graha Taruma. Graha Taruma menghadirkan perumahan dengan konsep tropis yang modern untuk masyarakat Indonesia.

Untuk saat ini, masih tersedia 63 unit rumah dengan dua tipe. Tipe Nara yang dijual seharga 1,7 M ini memiliki rumah dengan bangunan seluas 100m² dan luas tanah seluas 63m². Dengan konsep yang serupa, Tipe Saga memiliki luas bangunan 110m² dan luas tanah 78m² dengan harga 1,9 M.

Baik Saga maupun Nara sama-sama memiliki fasilitas yang serupa. Seluruh unit dari kedua tipe tersebut sudah dilengkapi dengan rooftop dan juga panel surya. Terdapat juga fasilitas berupa fitur smart home di setiap rumah.

Lokasi perumahan ini berada 15 menit dari stasiun MRT Lebak Bulus dan hanya berada 5 menit dari jalan tol. Kawasan yang kondusif dan strategis ini menjadi pertimbangan paling penting ketika memilih hunian di daerah Jabodetabek.

Memiliki hunian impian tak hanya sekadar soal harga dan bentuk rumah. Lingkungan dan konsep rumah juga harus menjadi pertimbangan yang perlu diperhitungkan. Hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran bergaya modern tropis ini bisa Anda dapatkan di Graha Taruma.

Membangun rumah bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu pastikan setiap langkahnya sudah diputuskan secara matang. Mulai dari konsep, harga, dan biaya pembuatan. Semua hal ini perlu dipertimbangkan secara matang. Tunggu apalagi? Ayo pelajari lebih lanjut, dan Download Pricelist Graha Taruma di Sini.

Referensi desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya pada artikel di atas bisa Anda jadikan contoh sebagai inspirasi. Catat hal-hal penting yang bisa berguna bagi Anda di kemudian hari nanti.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *