Cara Iklan Properti di Google Ads Secara Efektif dan Mudah
Cara iklan properti di Google Ads tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti beberapa tips agar iklan bisa efektif dan jangkauannya luas. Berikut sudah kami rangkumkan cara dan tips membuar iklan di Google Ads. Simak lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini.
Cara Iklan Properti di Google Ads dengan Mudah
- Memilih format iklan
Format iklan di dalam Google Ads tersedia dalam banyak bentuk. Anda bisa membuat iklan berupa video, website, ataupun foto. Pilih format iklan beserta kampanye yang cocok dengan properti milik Anda.
Sebagai contoh, Anda ingin membuat iklan jual rumah di Tangerang Selatan, gunakan kampanye berupa brand awareness. Anda juga bisa meningkatkan trafik pengunjung website melalui extensions. Kedua hal ini berfungsi agar audiens mengenal produk Anda
- Membuat judul menarik
Judul di dalam iklan menjadi penentu utama apakah pengguna akan mengunjungi website atau melihat iklan Anda lebih lanjut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat judul yang menarik perhatian pengguna.
Anda harus bisa memahami teknik copywriting agar bisa membuat judul menarik. Pelajari secara otodidak mengenai ilmu-ilmu dasar copywriting. Lalu terapkan hal tersebut pada iklan yang akan Anda buat untuk diunggah di Google Ads.
(Baca juga: Tips Membangun Bisnis Kosan dan Kontrakan di Tahun 2023)
- Menonjolkan nilai plus dari aset properti
Tonjolkan kelebihan dari aset properti milik Anda yang akan dijual. Bahas keuntungan yang akan diperoleh oleh konsumen jika membeli properti tersebut. Anda harus menonjolkan kedua sisi ini jika membuat iklan.
Tutorial cara iklan properti di Google Ads ini bertujuan agar konsumen tertarik membeli properti tersebut. Sebaiknya hindari hanya membahas spesifikasi tanpa kelebihan. Ini hanya akan membuat iklan Anda menjadi monoton dan tidak menarik.
- Foto menarik
Gunakan foto aset properti yang memiliki resolusi tinggi. Cari angle paling baik dalam mengambil foto agar hasilnya menarik. Foto yang demikian akan menarik lebih banyak konsumen untuk menghubungi Anda.
Dalam mengambil foto pastikan kondisi cahaya sudah memadai agar hasilnya tidak gelap. Anda bisa meminta bantuan atau menggunakan jasa foto produk agar hasilnya memuaskan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil akhir foto nantinya.
- Deskripsi rinci
Buat deskripsi secara rinci mulai dari spesifikasi serta kelebihan aset properti yang dijual. Pastikan semua informasi yang dibutuhkan konsumen sudah termuat di dalam deskripsi ini. Deskripsi juga harus mencantumkan harga jual properti. Dengan mencantumkan harga jual, konsumen akan lebih tertarik untuk menghubungi Anda lebih lanjut.
- Kontak informasi lengkap
Cantumkan kontak yang mudah dihubungi. Kontak ini berfungsi sebagai cara konsumen bisa berkomunikasi dengan penjual. Sebaiknya gunakan nomor yang tidak digunakan secara pribadi agar tidak menumpuk.
Anda bisa juga membuat WhatsApp khusus bisnis untuk memudahkan pemisahan kontak pribadi dan konsumen. Dengan hal ini Anda bisa menggunakan satu nomor untuk dua keperluan sekaligus.
Tips Membuat Iklan Digital yang Menarik
Setelah mengetahui bagaimana cara iklan properti di Google Ads, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Berikut kami rangkumkan tipsnya khusus untuk Anda.
- Fokus pada konsumen
Dalam membuat iklan, fokuskan materi dan isi kepada konsumen. Hindari untuk terlalu banyak membahas hal personal di dalam iklan. Terutama di dalam iklan berupa review rumah. Hal ini harus menjadi perhatian ketika membuat iklan.
Anda harus fokus membahas mengenai isi rumah dan apa saja fasilitas di dalamnya. Hindari untuk membahas hal yang berkaitan dengan urusan personal Anda. Jangan membahas hal apa pun yang menangkut pada pendapat pribadi.
- Tampilan website dan iklan harus jelas dan informatif
Buatlah tampilan website yang jelas dan informatif. Website yang menarik saja tidak cukup, Anda harus bisa mencantumkan informasi secara lengkap dan singkat di dalam website tersebut.
Sebagai contoh, cantumkan alamat properti, kontak yang dihubungi, spesifikasi, dll. Cantumkan juga profil singkat perusahaan milik Anda. Dengan mencantumkan profil singkat ini, tingkat kredibilitas Anda di mata konsumen akan meningkat.
- Isi konten harus berkesinambungan
Isi konten dengan judul konten harus berkesinambungan. Artinya, Anda tidak bisa membuat judul yang tidak berkaitan sama sekali dengan isi. Selain itu, setiap sub judul di dalam konten juga harus saling berkaitan satu sama lain.
Anda tidak bisa membuat sub judul pertama yang membahas perumahan lalu sub judul selanjutnya membahas mengenai akta jual tanah. Ketidaksinambungan antara isi, judul, dan sub judul dapat membuat iklan Anda terlihat tidak profesional.
- Fokus pada kelebihan produk
Fokus pada menampilkan kelebihan aset properti yang dijual. Kelebihan inilah yang bisa menarik perhatian konsumen. Namun, jangan berlebihan dalam menuliskan kelebihan dan keuntungan yang akan diperoleh.
Anda harus tetap objektif dan jujur dalam beriklan. Hal ini akan membuat konsumen tidak merasa tertipu. Mendapatkan kepercayaan konsumen merupakan hal paling penting yang harus dilakukan oleh penjual.
- Gunakan keyword relevan
Gunakan keyword yang relevan agar iklan Anda bisa dijangkau oleh lebih banyak pengguna. Sebagai contoh, Anda akan membuat iklan penjualan perumahan. Maka cantumkan keyword seperti “harga rumah di lokasi x” atau “rumah murah di lokasi x”.
Penggunaan keyword ini akan berpengaruh pada trafiic pengunjung website Anda. Semakin banyak keyword relevan yang digunakan maka kesempatan website Anda direkomendasikan oleh Google.
- Harus menggunakan targeting geographic
Menargetkan iklan pada pengguna yang berada di satu lokasi dengan properti Anda adalah hal yang wajib dilakukan. Semakin banyak iklan dijangkau oleh pengguna di satu area yang sama, maka semakin besar kemungkinan untuk bertemu konsumen.
Salah satu cara iklan properti di Google Ads gratis adalah menggunakan fitur targeting geographic. Fitur ini membantu untuk menyebarkan iklan kepada orang-orang yang berada di lokasi tertentu. Anda bisa mengatur lokasi sesuai dengan keinginan di dalam fitur ini.
Oleh karena itu, selalu tampilkan lokasi di dalam iklan properti di bagian judul untuk memudahkan konsumen. Anda bisa melihat contoh dalam membuat iklan sesuai dengan tips di atas pada tulisan di bawah ini.
Perumahan Minimalis Modern di Tangerang Selatan

Graha Taruma adalah salah satu aset properti milik PT Multiguna Cipta Mandiri yang berlokasi di Tangerang Selatan. Letak perumahan ini hanya berjarak 15 menit dari gerbang Tol Cinere. Selain itu, perumahan ini juga berlokasi 5 menit dari stasiun MRT Lebak Bulus.
Di tahun 2023 ini, PT Multiguna Cipta Mandiri menyediakan sebanyak 63 unit rumah di Graha Taruma dalam dua tipe. Tipe pertama adalah Tipe Saga yang memiliki luas bangunan 110m² dan luas tanah 78m². Harga tipe ini dibanderol mulai dari 1,9 milyar rupiah saja.
Tipe kedua adalah Tipe Nara dengan luas bangunan 100m² dan luas tanah 60m² yang dijual dengan harga 1,7 milyar rupiah. Kedua tipe ini sama-sama memiliki fasilitas berupa smart home, rooftop, dan panel surya.
Kini Anda bisa memiliki hunian di Tangerang Selatan hanya 1 milyaran dengan konsep modern tropis yang minimalis. Segera kontak agen properti kami untuk informasi lebih lanjut termasuk pricelist.
Artikel di atas membahas mengenai cara iklan properti di Google Ads. Diberikan juga contoh bagaimana cara menulis artikel untuk iklan. Anda hanya tinggal mengikuti saja tips dan langkahnya agar bisa membuat iklan yang efisien.