RAB Renovasi Rumah 2 Lantai

Ketika ingin membuat RAB renovasi rumah 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Tak hanya seputar biaya, Anda harus mempersiapkan hal-hal lain di luar hal tersebut. Berikut kami bagikan tips yang harus dilakukan sebelum membuat rencana anggaran biaya tersebut.

Tips Membuat RAB Renovasi Rumah 2 Lantai Secara Detail

RAB renovasi rumah 2 lantai
Tips Membuat RAB Renovasi Rumah 2 Lantai Secara Detail
  1. Biaya Material

Ketika ingin melakukan renovasi rumah, biaya material merupakan hal paling esensial yang harus disiapkan. Siapkan budget yang sesuai dengan luas bangunan yang akan direnovasi.

Ketahui material apa saja yang akan digunakan untuk merenovasi rumah Anda. Jika budget yang tersedia terbatas, jangan memaksakan membeli material dengan harga fantastis. Pilih material lain yang memiliki fungsi sama, tetapi harga lebih masuk di kantong.

  1. Biaya Jasa

Setelah biaya material, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah biaya jasa yang akan digunakan. Untuk memudahkan pekerjaan, Anda dapat menggunakan jasa arsitek untuk merenovasi rumah.

Arsitek akan melakukan tugasnya untuk memberikan gambaran mengenai bagian mana yang akan diubah serta bagaimana hasilnya. Anda tak perlu repot-repot memikirkan desain rumah.

(Baca juga: Aturan, Jangka Waktu dan Cara Memperpanjang HGU)

  1. Biaya Tenaga Kerja

Biaya tenaga kerja merupakan salah satu biaya paling penting yang perlu dipersiapkan. Jika ingin lebih efisien, Anda dapat menggunakan jasa pemborong. Biasanya terdapat beberapa sistem upah yang berlaku jika menggunakan jasa ini.

Yang pertama, upah harian dengan kisaran biaya Rp100.000 – Rp 200.000. Yang kedua, upah borongan dengan kisaran biaya Rp1.750.000 per meter persegi. Di dalam jasa pemborong biasanya sudah termasuk material yang akan digunakan, seperti pasir, batu bata, dll.

Selain jasa pemborong, Anda juga dapat menggunakan jasa kontraktor. Baik jasa pemborong maupun kontraktor, keduanya memiliki plus minus tersendiri. Tentukan mana yang paling menguntungkan bagi kondisi Anda

  1. Biaya Darurat

Biaya darurat atau biaya tak terduga sering kali terlewatkan ketika sedang menyusun RAB renovasi rumah 2 lantai. Padahal biaya ini sangat penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan renovasi.

Anda tak akan pernah tahu hal-hal di luar dugaan seperti apa yang akan terjadi. Misalnya ada bahan bangunan yang ternyata kurang, kehilangan material, dsb. Biaya darurat ini biasanya berjumlah sekitar 10% dari total anggaran secara keseluruhan.

  1. Pembuatan Alur Kerja

Sebelum menyusun rencana anggaran biaya, alangkah lebih baiknya jika membuat alur kerja terlebih dahulu. Buat skala prioritas bagian rumah mana saja yang akan direnovasi. Kemudian tentukan bagian mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

Buat timeline yang runtut. Dengan membuat alur kerja, waktu yang dikeluarkan akan lebih efisien. Ketika renovasi sudah berlangsung, pastikan pengerjaan tetap berada pada timeline alur kerja.

  1. Melakukan Perhitungan

Setelah selesai melakukan persiapan biaya dan alur kerja, kini saatnya Anda mulai menyusun rencana anggaran biaya. Jangan terburu-buru ketika melakukan perhitungan RAB. Pastikan setiap langkah dikerjakan dengan detail dan teliti.

Langkah Penyusunan Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

RAB renovasi rumah 2 lantai

Cara menghitung RAB renovasi rumah 2 lantai yang paling mudah dilakukan adalah dengan melihat perkiraan harga kasar di pasaran. Contoh untuk rumah 2 lantai berkonsep minimalis, rata-rata harganya berkisar dari 150 hingga 350 juta rupiah.

Namun, Anda juga bisa membuat RAB dengan melihat harga satuan material dengan mengikuti langkah berikut.

  1. Membuat Daftar Rincian Material

Buatlah daftar bahan bangunan apa saja yang akan digunakan. Ketika akan dimasukkan ke RAB, setiap item material yang digunakan harus ditulis secara detail. Rincian item tersebut nantinya harus dikelompokkan ke dalam kategorinya masing-masing di dalam RAB.

  1. Memastikan Kuantitas Bahan Bangunan

Setelah membuat daftar item, pastikan jumlah item tersebut sesuai dengan luas bangunan yang akan direnovasi. Buatlah estimasi bahan secara tepat agar tidak ada kerugian di masa mendatang.

Untuk mempermudah, konsultasikan hal ini secara langsung dengan pekerja atau jasa yang Anda gunakan. Biasanya mereka mengetahui lebih detail mengenai luas bangunan dan berapa jumlah material yang dibutuhkan.

  1. Melakukan Riset Harga

Lakukan riset mengenai harga material di pasaran. Anda dapat menggunakan estimasi harga per meter persegi agar lebih mudah dan efisien. Dengan cara ini, pekerjaan akan selesai dengan lebih cepat.

Jika memiliki budget terbatas pilih material alternatif yang fungsinya tak beda jauh, tetapi harganya lebih masuk akal. Untuk melakukan riset ini, mintalah bantuan dari orang lain yang paham agar pekerjaan terasa lebih ringan.

Berikut tiga rumus penting yang merangkum cara menghitung biaya renovasi rumah secara kasar, yaitu sebagai berikut.

  • Renovasi rumah menggunakan sistem jasa borongan, yaitu total biaya = (biaya borongan x luas rumah) + (harga tanah x luas tanah).
  • Renovasi rumah menggunakan jasa tukang harian, yakni total biaya = biaya material + biaya tukang + (harga tanah per meter x luas tanah).
  • Rumus renovasi untuk menambah luas lantai adalah total biaya = jumlah lantai x luas rumah x harga tiap meter persegi.
  1. Memastikan Jumlah Biaya Tenaga Kerja

Pastikan kembali jumlah biaya tenaga kerja yang akan dikeluarkan. Jangan menghabiskan terlalu banyak atau terlalu sedikit biaya di bagian ini. Buatlah estimasi yang sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya.

  1. Rekapitulasi anggaran

Setelah semuanya telah dilakukan, hitung seluruh anggaran biaya secara menyeluruh. Kemudian lihat apakah RAB yang sudah dibuat ini totalnya melampaui ekspektasi awal atau justru kurang dari perkiraan.

Perhatikan juga detaildetail kecil ketika melakukan rekapitulasi. Pastikan tak ada satu pun biaya yang terlewat. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari segala bentuk kerugian di masa depan.

  1. Lakukan crosscheck

Sebelum renovasi dimulai, lakukan crosscheck terlebih dahulu antara RAB dengan kondisi lapangan. Koreksi beberapa bagian jika merasa masih ada yang belum cocok. Kini Anda sudah memiliki gambaran mengenai contoh RAB renovasi rumah 2 lantai secara luas.

Membuat rencana anggaran biaya bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika ingin melakukan renovasi rumah dengan mengubah bentuk menjadi dua lantai. Memiliki hunian tanpa perlu renovasi menjadi impian setiap orang.

Hunian Nyaman di Perumahan Graha Taruma

GRAHA TARUMA
Ayo Download Pricelist GRAHA TARUMA Di Sini

Graha Taruma merupakan salah satu perumahan dari pengembang PT Multiguna Cipta Mandiri. Berlokasi di Jl. Tarumanegara, Ciputat, Tangerang Selatan. Perumahan ini mengusung konsep rumah minimalis modern dengan desain yang cocok untuk daerah tropis.

Fasilitas modern yang ditawarkan begitu lengkap, misalnya ada panel surya, rooftop, serta fitur smart home yang canggih. Lokasinya sangat strategis karena berada di kawasan dekat dengan jalan tol dan stasiun MRT. Akses jalannya pun mudah dan luas.

Sampai sekarang sudah dibangun kurang lebih 63 unit rumah yaitu Tipe Saga dan Nara. Tipe Nara dihargai 1,7M dengan spesifikasi luas bangunan dan tanah 110 m2 dan 60 m2. Sementara Tipe Saga memiliki luas lebih lebar seharga 1,9M dengan luas bangunan dan tanah sebesar 100 m2 serta 178 m2.

Jika tak ingin sulit-sulit memikirkan anggaran biaya renovasi, Graha Taruma hadir sebagai solusi untuk Anda. Dengan memiliki hunian di Graha Taruma, Anda tak perlu melakukan renovasi yang memakan banyak waktu, tenaga, dan uang. Ayo Download Pricelist Graha Taruma di Sini.

Tak perlu pusing memikirkan RAB renovasi rumah 2 lantai untuk mendapatkan rumah impian, kini semuanya bisa terwujud dengan mudah. Dapatkan rumah impian yang nyaman di Graha Taruma. Hunian di Tangerang Selatan Hanya 1 Milyaran kini bisa Anda dapatkan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *