Desain Rumah Ukuran 6 x 10 Meter 1 Lantai

Saat ini rumah minimalis semakin banyak dibangun, bahkan ada perumahan yang menawarkan rumah minimalis dengan fasilitas yang menjanjikan. Namun, rumah minimalis mengedepankan tata letak yang kecil, dengan itu perlu Anda ketahui desain rumah ukuran 6 x 10 meter 1 lantai yang dapat dihuni dengan nyaman.

Contoh Desain Rumah Ukuran 6 x 10 Meter 1 Lantai

  1. 1 kamar tidur

Rumah dengan satu kamar sangat cocok untuk Anda yang ingin tinggal sendiri. Tata letak ruang yang lain juga tentunya juga akan lebih leluasa. Kamar tidur tersebut dapat diisi furniture kasur, lemari, dan meja untuk belajar atau bekerja.

Di bagian depan rumah bisa dibangun carport yang luas atau bisa juga Anda gunakan untuk membangun taman yang indah untuk memberikan tampilan rumah yang sejuk dan menyegarkan. Di bagian dalam rumah, ruang tamu bisa digabungkan dengan ruang makan. Kamar mandi diletakkan dekat dengan dapur.

  1. 2 kamar tidur

Rumah minimalis dengan 2 kamar tidur sering dijadikan patokan untuk desain rumah ukuran 6 x 10 meter 1 lantai yang cocok untuk keluarga kecil. Denahnya sangat sederhana sehingga konsep rumah minimalis akan terlihat. Bangun 2 kamar tidur di sisi kiri rumah, di tengahnya beri batas dengan kamar mandi.

Antara ruang tamu dan ruang keluarga diberi sekat untuk menjaga privasi penghuni rumah jika kedatangan tamu. Di bagian belakang rumah bisa untuk dapur dan ruang makan yang meluas secara horizontal. Di bagian rumah paling depan bisa dibuat taman kecil.

  1. 3 kamar tidur

Jika Anda memiliki keluarga dengan 2 anak, bisa menggunakan denah 3 kamar untuk di rumah minimalis. Tata letak ruang dapat dibangun kamar utama di bagian kiri depan rumah, di dalamnya bangun juga kamar mandi. Kamar 2 dan kamar 3 dibuat dengan ukuran sama, berjejer dengan kamar utama.

Di bagian kanan depan rumah untuk ruang tamu dan ruang keluarga, di belakangnya bisa membuat ruang dapur yang digabungkan dengan meja makan yang dibentuk seperti meja dan kursi bar. Bangun juga kamar mandi di belakang rumah yang bisa digunakan untuk tamu.

  1. Dapur di dalam

Umumnya dapur dibangun di dalam rumah agar lebih aman dan terhindar dari binatang dan debu dari luar. Namun, ukuran rumah yang kecil terkadang menjadi pikiran. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencoba desain dapur yang dibuat vertikal di sisi kanan belakang rumah.

Di bagian sisi kiri rumah bisa dibuat 2 kamar tidur dengan ukuran yang sama. Ruang tamu dan ruang makan disatukan tanpa diberi sekat, jangan lupa untuk membangun kamar mandi di dekat dapur. Di bagian depan rumah bisa dibuat carport dan taman kecil yang ditanami bunga-bunga atau budidaya buah.

(Baca juga: Inspirasi Desain Rumah 6 x 10 3 Kamar)

  1. Dapur di luar

Tujuan desain rumah dengan dapur yang berada di luar adalah agar tampilan di dalam rumah terlihat lebih leluasa. Supaya dapur tidak terlihat membosankan, tatakan letaknya di area belakang rumah dengan taman. Kreasikan taman kecil di belakang rumah sehingga bisa juga digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Karena tata letak dapur yang berada di luar rumah, Anda dapat membangun dua kamar tidur dengan ukuran yang sama di sisi kiri rumah. Ruang tamu dan ruang keluarga dapat dijadikan satu dengan ruang makan. Beri juga kamar mandi di dekat ruang makan. Di bagian depan rumah bisa dibangun carport yang lumayan luas dan juga taman kecil.

  1. Carport luas

Jika Anda memiliki kendaraan yang berukuran besar, pastikan untuk menggunakan desain rumah ukuran 6 x 10 meter 1 lantai yang tepat dengan membuat tata letak carport yang luas. Dengan itu, kendaraan bisa diparkirkan dengan leluasa tanpa perlu takut tergores tembok rumah.

Di dekat carport bisa diberi ornamen tanaman agar rumah tampak asri. Untuk denah di dalam rumah, Anda bisa membangun dua kamar tidur berukuran sama yang saling berhadapan. Di bagian belakang rumah bangun dapur kecil. Gabungkan ruang tamu dan ruang keluarga untuk memanfaatkan tata letak secara maksimal.

  1. Ruang tamu terpisah

Penggunaan ruang tamu terpisah dapat memberikan ruang yang leluasa untuk ruang keluarga dan kamar tidur. Anda bisa membangun ruang tamu kecil yang terpisah dari ruang keluarga. Hal ini juga bertujuan agar keadaan di ruang keluarga tidak terlihat oleh tamu yang datang.

Tata letak kamar tidur berjejer, cukup bangun 2 kamar tidur saja untuk rumah berukuran 6 x 10. Letakkan dapur di bagian depan dekat dengan ruang tamu tetapi diberi sekat. Di bagian depan rumah bisa dibangun garasi yang cukup luas untuk kendaraan Anda.

6 Cara Membuat Denah Rumah Mudah dan Praktis

Ketika ingin membangun sebuah rumah, tentunya diperlukan desain tata letak rumah agar nyaman untuk dihuni nantinya. Anda bisa menggunakan jasa untuk membantu dalam pembuatan desain rumah tersebut. Simak caranya berikut ini:

  1. Cari referensi

Anda bisa melihat referensi denah rumah di internet, di rumah-rumah kerabat yang pernah dikunjungi, atau juga bisa menggunakan imajinasi di otak saja. Setelah itu, gambar kasar pada kertas atau media lain yang bisa digunakan untuk menggambar.

  1. Tentukan kebutuhan ruangan

Pastikan ruangan yang ingin dibuat memiliki fungsinya masing-masing, kebutuhan seperti apa saja yang perlu diperhatikan. Contohnya, apakah ruangan tamu memerlukan luas yang lebih besar dibandingkan ruang lainnya. Hitung juga ruangan yang ingin dibangun di rumah Anda nantinya.

  1. Mengatur zonasi penempatan ruangan

Tentukan tata letak di mana nantinya ruang-ruang ditempatkan, perlu diberi sekat atau tidak. Gunakan ide Anda untuk melakukan tata letak ruangan agar terlihat rapi dan tentunya nyaman untuk dihuni. Apalagi jika rumah tersebut akan dihuni keluarga, Anda bisa melihat contoh desain rumah ukuran 6 x 10 meter 1 lantai untuk keluarga.

  1. Membuat sketsa

Anda perlu mengukur lahan kemudian lakukan perbandingan dari satuan meter ke satuan senti meter. Pada gambar sketsa berikan juga pintu dan sekat sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastikan ukurannya tepat.

  1. Menambahkan detail pada sketsa

Detail yang dimaksud adalah pemberian nama pada setiap ruang yang sudah digambar. Bisa juga menambahkan detail perabotan yang akan digunakan. Anda bisa memberikan warna atau tekstur pada denah tersebut untuk mengetahui material apa yang akan digunakan.

  1. Buat beberapa sketsa denah

Hal ini perlu dilakukan agar tidak terpaku pada satu sketsa saja. Anda bisa meminta saran sketsa mana yang paling cocok kepada kerabat. Dengan saran tersebut, bisa direvisi atau beberapa denah digabungkan menjadi satu bangunan nantinya.

Hunian Modern Klasik di Candela Residence

CANDELA RESIDENCE
Download Pricelist Candela Residence Di sini

Candela Residence merupakan perumahan yang dikelola oleh PT Multiguna Cipta Mandiri. Perumahan ini memberikan penawaran yang luar biasa yakni dengan menghadirkan konsep mewah klasik tapi tetap modern.

Lokasi bebas banjir sehingga aman untuk dihuni dan tentunya nyaman karena terbebas dari genangan air. Selain itu, bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, sulit mendapat titik jemput ojek online, dan sering melakukan perjalanan keluar kota, jangan lagi khawatir karena Candela Residence dekat dengan tol dan MRT.

Tersedia pula fasilitas yang sangat memadai. Halaman luas, tentunya Anda dapat menggunakannya untuk kegiatan bermain bersama kerabat ketika mereka mengunjungi rumah. Bisa mengontrol rumah menggunakan smart home. Jika ingin menghemat penggunaan listrik, dapat mencoba panel surya sebagai sumber daya pengganti.

Candela Residence menyediakan rumah minimalis modern dengan harga yang menjanjikan dan sudah siap dihuni pula. Jangan ragu untuk mencari tahu tentang perumahan ini karena harga sesuai dengan kualitas fasilitas yang diberikan.

Untuk info lebih detail terkait rumah dekat Depok dan Jakarta hanya 1 milyaran ini, bisa hubungi agen properti kami sekarang juga!

Demikian desain rumah ukuran 6 x 10 meter 1 lantai yang bisa menjadi referensi saat ingin membangun sebuah rumah tetapi lahan yang dibeli terbatas. Jangan khawatir karena dengan mengatur tata letak ruang yang tepat, rumah Anda akan tetap nyaman untuk dihuni. Semoga bermanfaat.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *