Cara Nabung Buat Beli Rumah Memiliki rekening khusus tabungan

Memiliki hunian impian tentunya adalah hal yang sangat diidam-idamkan utamanya bagi pasangan yang baru saja menikah. Namun rupanya mengumpulkan dan agar sebuah properti bisa terbeli di zaman sekarang memang bukan perkara mudah. Untuk itu simak 14 cara nabung buat beli rumah dengan mudah berikut ini.

14 Cara Nabung Buat Beli Rumah Yang Cocok Bagi Pasangan Muda

  1. Membidik harga rumah sesuai kemampuan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Membidik harga rumah sesuai kemampuan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Membidik harga rumah sesuai kemampuan

Tentunya seseorang harus memikirkan harga rumah yang mampu dibelinya sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Jangan pernah memaksakan untuk berhutang di luar batas kemampuan yang pada akhirnya malah akan memberatkan diri sendiri.

Meskipun membeli rumah dengan harga terjangkau, namun yang paling penting tentu adalah esensinya. Bagaimana sebuah rumah bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar pemilik dan memberikan rasa aman serta kenyamanan ketika berkumpul bersama anggota keluarga.

Baca Juga: (Pelajari Tips Membeli Rumah Pertama Agar Tidak Salah Pilih)

  1. Memiliki anggaran keuangan bulanan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Memiliki anggaran keuangan bulanan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Memiliki anggaran keuangan bulanan

Salah satu cara menabung membeli rumah adalah membiasakan diri membuat anggaran setiap bulannya. Jadi ketika ada uang masuk bisa dibagi-bagi untuk kebutuhan dasar, dana darurat, serta tabungan rumah.

Sebaiknya memang mempersiapkan anggaran rumah dilakukan dari jauh-jauh hari atau setidaknya 1 bulan sebelum gajian. Dengan begitu ada lebih banyak waktu untuk mengumpulkan uang untuk DP atau pun pelunasan sebagian rumah. Sehingga ketika ada kekurangan, masih banyak waktu untuk mencari tambahanya lagi.

  1. Menabung dengan sistem target dan konsisten
Cara Nabung Buat Beli Rumah Menabung dengan sistem target dan konsisten
Menabung dengan sistem target dan konsisten

Seseorang cenderung menyukai tantangan untuk ditaklukkan. Dengan demikian maka pasanglah target yang harus dicapai ketika hendak menabung. Sehingga diri terpicu merampungkan misi tersebut. Selalu motivasi diri sendiri agar senantiasa taat dan konsisten pada tujuan yang hendak dicapai.

  1. Tentukan waktu yang tepat membeli rumah
Tentukan waktu yang tepat membeli rumah
Tentukan waktu yang tepat membeli rumah

Setiap orang memiliki waktu yang tepat untuk membeli sebuah rumah. Hal ini bukan dikarenakan dorongan sales dengan berbagai iming-iming diskon. Tetapi lebih kepada seberapa siap seseorang dalam menggelontorkan dananya untuk memiliki rumah.

Pastikan jumlah simpanan mencukupi misalnya dana pendidikan anak hingga tiga tahun ke depan, dana cadangan, dan sebagainya. Setelah semua siap dengan fondasi keuangan yang kokoh, belilah sebuah rumah!

5. Sisihkan pendapatan tambahan agar cepat terkumpul

Sisihkan pendapatan tambahan agar cepat terkumpul
Sisihkan pendapatan tambahan agar cepat terkumpul

Cara nabung beli rumah berikutnya ialah dengan konsisten menyisihkan pemasukan tambahan. Tentunya terkadang seseorang mendapat tambahan income misalnya dari bonus, uang lembur, atau THR di hari raya. Segera masukan tambahan-tambahan tersebut ke tabungan rumah agar lebih cepat terkumpul.

  1. Memiliki rekening khusus tabungan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Memiliki rekening khusus tabungan
Memiliki rekening khusus tabungan

Agar tekat tidak tergoyahkan, gunakanlah rekening khusus yang dipisah dari tabungan lainnya. Dengan begitu diri tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut demi keperluan lain. Bila perlu maksimalkan produk-produk bank untuk menyulitkan pemilik menarik uangnya, misalnya melalui tabungan berjangka.

  1. Usahakan tidak berhutang untuk hal lain
Usahakan tidak berhutang untuk hal lain
Usahakan tidak berhutang untuk hal lain

Supaya lebih fokus untuk menabung rumah, selesaikan terlebih dahulu hutang-hutang yang ada. Selain menjadikan diri bisa memusatkan pemasukan ke tabungan rumah, pada saat pengajuan KPR pun akan lebih gampang diloloskan. Anda akan sulit memohon KPR apabila masih terdapat banyak tunggakan hutang lain.

  1. Mulai lirik beberapa instrumen investasi
Mulai lirik beberapa instrumen investasi
Mulai lirik beberapa instrumen investasi

Mulailah masuki dunia investasi. Di zaman sekarang investasi tidak hanya melulu tentang uang besar. Bahkan ada banyak produk yang bisa dimulai dari hanya 50ribu rupiah saja. Sesuaikan instrumen yang dipilih dengan faktor risiko yang dimiliki. Anda bisa mulai mencoba masuk ke reksadana, obligasi, saham, dan lain-lain.

  1. Lakukan penghematan dan perhitungkan perbelanjaan
Cara Nabung Buat Beli Rumah Lakukan penghematan dan perhitungkan perbelanjaan
Lakukan penghematan dan perhitungkan perbelanjaan

Hal yang sebenarnya paling penting meski terlihat sepele ketika seseorang akan menabung ialah menetapkan diri untuk hidup lebih hemat. Sedikit demi sedikit lakukan penghematan kecil dengan menurunkan standar hidup konsumtif. Jangan malas untuk merinci seluruh pengeluaran sehingga diri terdorong lebih hemat.

10. Sehatkan pengelolaan keuangan

Sehatkan pengelolaan keuangan
Sehatkan pengelolaan keuangan

Keuangan yang sehat dicirikan dengan tidak memiliki hutang, menyimpan dana cadangan yang cukup, dan pengeluaran lebih kecil dari pemasukan. Apabila selama ini masih besar pasak dari pada tiang, lakukan evaluasi di bagian mana pengeluaran “bocor”. Dengan begitu menabung akan menjadi lebih mudah untuk dimulai.

  1. Manfaatkan program rumah subsidi
Cara Nabung Buat Beli Rumah Manfaatkan program rumah subsidi
Manfaatkan program rumah subsidi

Selain itu, perbanyaklah informasi mengenai program-program rumah subsidi yang digawangi pemerintah. Cicilan rumah subsidi biasanya hanya 1 jutaan atau bahkan ada juga yang dibawah 1 juta. Jika dana yang dimiliki memang terbatas, subsidi perumahan bisa menjadi salah satu alternatif terbaik. Lakukan pemilihan dengan teliti sehingga memperoleh rumah yang sesuai.

  1. Menabung bersama-sama
Cara Nabung Buat Beli Rumah Menabung bersama-sama
Cara Nabung Buat Beli Rumah Menabung bersama-sama

Jika Anda telah menikah dan pasangan juga telah sama-sama bekerja, maka kegiatan menabung ini bisa dilakukan bersama-sama. Dengan begitu nominal yang diinginkan dapat lebih cepat terkumpul. Tentunya keduanya harus sama-sama bersepakat dalam komitmen untuk memiliki rumah yang nyaman.

  1. Tetapkan diri untuk senantiasa konsisten
Tetapkan diri untuk senantiasa konsisten
Tetapkan diri untuk senantiasa konsisten

Konsisten sebenarnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika komitmen ini adalah untuk jangka waktu yang lama. Selalu ingatkan diri tentang tujuan awal. Bila perlu tuliskan pengingat ini di catatan kecil sehingga sewaktu-waktu bisa menjadi “cambuk” ketika diri mulai goyah pada tujuan menabung dan ingat, dengan harga rumah yang semakin tinggi, tingkat konsistensi Anda juga harus semakin baik.

  1. Tambah penghasilan untuk perbesar income
Tambah penghasilan untuk perbesar income
Tambah penghasilan untuk perbesar income

Selain mengencangkan pengeluaran, menambah arus pemasukan juga penting dilakukan agar uang cepat terkumpul. Jika diri merasa tidak pandai dalam berbisnis dan terlalu berisiko, maka bisa diganti dengan alternatif lain. Ada banyak skill sebagai bahan untuk part time job, freelance ataupun double job yang bisa dijajal untuk mendatangkan pemasukan tambahan di sela-sela waktu bekerja.

Candela Residence Hunian Mewah di Kawasan Pondok Cabe Jakarta Selatan

Bingung mencari hunian dengan konsep yang elegan dan premium namun tetap memberikan sentuhan klasik? Tidak usah khawatir lagi. PT Multiguna Cipta Mandiri hadir sebagai jawaban atas kebimbangan tersebut. Mereka meluncurkan perumahan mewah dengan tema klasik namun tetap kekinian yakni Candela Residence.

Tentunya hunian ini hadir untuk dijadikan sebagai hunian masa depan yang sangat nyaman dan aman. Candela Residence sangat pas bagi Anda yang menyukai hunian bergaya klasik modern yang premium.

Kelebihan:

  1. Lokasinya sangat strategis dikarenakan terletak berdekatan dengan jalan tol dan stasiun MRT. Dengan begitu ke mana pun jangkauan wilayah yang hendak dituju dari perumahan bisa dicapai dengan mudah.
  2. Rumah minimalis modern ini menawarkan hunian yang bebas banjir sehingga tetap aman meski musim hujan tiba. Penghuni juga akan dimanjakan dengan pemasangan smarthome system. Penggunaan listrik pun juga dapat dihemat melalui penggunaan panel surya yang ramah lingkungan.
  3. Fasilitas yang dimiliki rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini juga tergolong lengkap dan memudahkan berbagai urusan harian. Sehingga akan semakin menjamin betahnya para pemilik unit Candela Residence.

Candela Residence juga memiliki halaman yang indah menghijau. Area ini tentunya bisa dijadikan tempat bersantai hingga berolah raga sore. Benar-benar cocok untuk mereka yang membutuhkan hunian modern klasik di wilayah Jakarta Selatan. Jadi jangan berlama-lama! Segera hubungi kami untuk dapatkan promonya sekarang juga!

Berbagai cara nabung buat beli rumah tentunya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Jika membeli hunian dengan cara kontan terasa berat, maka pertimbangkan untuk memilih KPR dengan masa tenor tertentu. Jadi kreditur hanya perlu menyiapkan sejumlah uang untuk DP dan sisa pelunasannya bisa dicicil.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *