Tips Membeli Rumah Pertama Pastikan berapa total cicilan tiap bulan

Sebelum menentukan pilihan terhadap hunian yang diincar, sebaiknya pertimbangkan tips membeli rumah pertama kalinya berikut ini. Dengan begitu pembeli tidak akan terburu-buru dalam setiap pengambilan keputusan yang beresiko membuat sesal di kemudian hari. Jangan mudah terjebak bujuk rayu sales dan tetap jadikan kebutuhan sebagai pedoman.

14 Ide dan Tips Membeli Rumah Pertama kalinya Agar Tidak Salah Pilih

  1. Lakukan survey agar tahu harga pasaran area itu
Lakukan survey agar tahu harga pasaran area itu
Lakukan survey agar tahu harga pasaran area itu

Jangan malas untuk mengecek harga-harga lahan di wilayah tersebut. Dengan begitu Anda bisa menentukan rentang anggaran dan dapat menentukan range yang pas ketika terjadi tawar menawar. Banyak-banyaklah bertanya dan melihat referensi dari berbagai pengembang di wilayah tersebut.

Baca Juga: (Perumahan Milenial Terbaik Dan Nyaman di Jakarta Selatan)

  1. Pastikan berapa total cicilan tiap bulan
Tips Membeli Rumah Pertama Pastikan berapa total cicilan tiap bulan
Tips Membeli Rumah Pertama Pastikan berapa total cicilan tiap bulan

Kadang angka cicilan yang tertera di brosur hanya berupa angka pokok kredit, belum termasuk biaya lainnya. Ketahuilah ada berbagai biaya yang mengintai dari transaksi jual beli, misalnya surat-surat. Apabila menggunakan KPR, biasanya kreditur juga biasanya dibebankan biaya asuransi jiwa selama pencicilan.

  1. Tentukan pilihan akan membeli bekas atau baru
Tips Membeli Rumah Pertama Tentukan pilihan akan membeli bekas atau baru
Tips Membeli Rumah Pertama Tentukan pilihan akan membeli bekas atau baru

Tips membeli rumah pertama ialah menentukan hunian apa yang akan dibeli apakah rumah baru atau second. Tentunya kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk rumah baru harga bangunan akan menjadi lebih mahal namun pemilik bisa mendapatkan hunian dengan desain terbaru.

Sementara jika membeli rumah bekas, dari segi model tentu sudah agak ketinggalan zaman. Sehingga membutuhkan tambahan dana untuk melakukan perbaikan di sana sini. Renovasi bisa dilakukan pada lokasi-lokasi yang vital dahulu dan bertahap. Dengan begitu dana bisa dihemat.

  1. Lakukan perhitungan terhadap kesiapan financial diri
Lakukan perhitungan terhadap kesiapan financial diri
Lakukan perhitungan terhadap kesiapan financial diri

Ukur seberapa uang yang dimiliki untuk membeli sebuah rumah. Tentunya tidak semua uang yang ada bisa digunakan. Pastikan Anda telah membagi-bagi ke dalam beberapa pos penting. Dengan begitu bisa dipastikan berapa anggaran yang disiapkan untuk membeli rumah.

5. Tentukan harga yang bisa dibayar untuk angsuran kredit

Tips Membeli Rumah Pertama Tentukan harga yang bisa dibayar untuk angsuran kredit
Tips Membeli Rumah Pertama Tentukan harga yang bisa dibayar untuk angsuran kredit

Tips membeli rumah pertama selanjutnya adalah menentukan berapa kesanggupan cicilan yang akan dibayar tiap bulan. Hal ini berlaku apabila Anda memutuskan membeli rumah dengan sistem kredit dalam jangka waktu tertentu. Biasanya besar cicilan tidak boleh melebihi 40persen pendapatan, sehingga tidak memberatkan.

  1. Jangan ragu untuk banyak bertanya
Jangan ragu untuk banyak bertanya
Jangan ragu untuk banyak bertanya

Banyak-banyaklah bertanya dan mencari informasi mengenai perumahan yang sedang berkembang. Pastikan pula bagaimana lingkungan dan masyarakat di wilayah tersebut. Selain itu memastikan jarak tempuh rumah ke tempat kerja dan sekolah anak juga merupakan pertimbangan penting.

  1. Memahami faktor-faktor risiko dengan baik
Memahami faktor-faktor risiko dengan baik
Memahami faktor-faktor risiko dengan baik

Tentunya setiap keputusan pasti ada risikonya sebagaimana membeli sebuah rumah. Membeli di wilayah pinggiran bisa mendapat harga murah dengan tanah yang luas, namun akses sulit. Selain itu ongkos ke tempat kerja lebih berat. Namun membeli rumah dekat perkotaan memang mudahkan akses hanya saja harga tanahnya mahal.

  1. Lakukan perbaikan terhadap catatan kredit
Lakukan perbaikan terhadap catatan kredit
Lakukan perbaikan terhadap catatan kredit

Membeli rumah apalagi dengan cara kredit membutuhkan komitmen dan konsistensi. Apalagi biasanya jangka tenor cicilan cukup lama dari 10 hingga 20 tahun. Dengan begitu sebelum memulai cicilan tenor panjang, bereskan terlebih dahulu hutang-hutang lainnya. Sehingga beban bulanan jauh berkurang.

  1. Persiapkan seluruh dokumen dengan baik
Tips Membeli Rumah Pertama kalinya Persiapkan seluruh dokumen dengan baik
Tips Membeli Rumah Pertama Persiapkan seluruh dokumen dengan baik

Biasanya proses jual beli rumah membutuhkan kelengkapan dokumen yang harus disetor pada saat pembelian. Jadi pastikan bahwa dokumen-dokumen tersebut sudah disiapkan dengan baik dan lengkap. Dengan begitu pembelian tidak akan mengalami banyak kendala.

10. Jangan sembarangan dalam memilih pengembang

Jangan sembarangan dalam memilih pengembang
Jangan sembarangan dalam memilih pengembang

Lihatlah bagaimana kredibilitas pengembang yang dipilih. Usahakan bekerja sama dengan developer yang memiliki rekam jejak yang baik. Hal tersebut sangat penting karena menyangkut kualitas bangunan dan legalitas yang mereka tawarkan. Anda bisa melihat ragam testimoni klien di laman mereka agar mendapat gambaran.

  1. Menentukan tipe dan desain rumah sesuai kebutuhan
Tips Membeli Rumah Pertama Menentukan tipe dan desain rumah sesuai kebutuhan
Tips Membeli Rumah Pertama Menentukan tipe dan desain rumah sesuai kebutuhan

Belilah rumah yang tipe dan desainnya menjawab kebutuhan penghuninya. Belum tentu desain mahal dengan berbagai ornamen cocok bagi semua orang. Apabila Anda adalah pribadi yang sederhana dan tidak banyak waktu untuk beberes, rumah minimalis yang modern adalah jawaban terbaik.

  1. Mempersiapkan anggaran untuk furnitur dan perabotan
Tips Membeli Rumah Pertama kalinya Mempersiapkan anggaran untuk furnitur dan perabotan
Tips Membeli Rumah Pertama Mempersiapkan anggaran untuk furnitur dan perabotan

Selain memperhitungkan tips membeli rumah pertama, jangan lupa untuk menganggarkan dana dalam pengisian furnitur hunian. Jika anggaran terbatas, pemilik bisa memulainya dengan mengisi perabotan yang penting dahulu. Misalnya kasur, meja kursi, dan peralatan masak minimalis.

  1. Memastikan lingkungan dan rumah yang sehat
Memastikan lingkungan dan rumah yang sehat
Memastikan lingkungan dan rumah yang sehat

Lingkungan sekitar juga harus menjadi perhatian pemilik dalam mencari hunian yang sesuai. Misalnya jika Anda membutuhkan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk jalan umum, pilih perumahan yang menawarkan one gate system. Dengan begitu kawasan tersebut akan lebih lega tanpa kendaraan umum lalu-lalang.

  1. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat
Tips Membeli Rumah Pertama kalinya Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat
Tips Membeli Rumah Pertama Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat

Membeli rumah tidak bisa serta-merta menghabiskan seluruh tabungan yang dimiliki. Apalagi jika pembelian dilakukan dengan cicilan jangka panjang. Anda wajib menyiapkan dana darurat yang cukup sebagai cadangan atas kejadian-kejadian yang tidak terduga.

Tentunya Anda tidak akan tahu kapan dana tersebut akan sangat menolong ditengah-tengah pelunasan cicilan rumah. Maka jadikan dana cadangan ini adalah wajib untuk dimiliki sebelum melakukan transaksi jual beli. Selain itu pastikan bahwa Anda telah berkomitmen untuk melunasinya secara penuh.

Candela Residence Hunian Terbaik Bergaya Klasik di Pondok Cabe

Bukan perkara mudah dalam menemukan hunian berkonsep mewah dengan gaya minimalis namun tetap terlihat klasik. Namun kini Anda sudah tidak perlu merasa khawatir. Hal tersebut lantaran PT Multiguna Cipta Mandiri mempersembahkan Candela Residence. Sebuah perumahan premium dengan konsep rumah minimalis modern namun tetap klasik.

Candela Residence adalah jawaban yang pas bagi mereka yang mendambakan memiliki hunian yang mewah modern namun tetap mewah dan elegan. Dibangun dengan konsep yang menarik dan sangat layak dijadikan hunian masa depan.

Keunggulan:

  • Mendapat dukungan lokasi yang begitu strategis yakni dekat dengan jalan tol dan stasiun MRT. Menjadikan mobilisasi pengguna menjadi mudah dengan banyaknya pilihan transportasi publik yang tersedia.
  • Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini berada pada kawasan bebas banjir, sehingga pemilik tidak perlu khawatir meski musim hujan tiba. Selain itu setiap unit telah diberikan teknologi smarthome yang terintegrasi dengan panel surya. Hal ini tentu menjadikan hunian tidak hanya menawan tapi juga hemat energi.
  • Perumahan ini memiliki berbagai fasilitas lengkap yang akan sangat memanjakan penghuninya. Dengan begitu bisa dipastikan para pemilik unit akan sangat betah dan nyaman selama menempati runah ini.

Candela Residence dilengkapi pula dengan halaman yang begitu nyaman dan indah untuk digunakan berbagai aktivitas. Hal ini semakin membuat Candela Residence merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang ingin puny properti di kawasan Jakarta Selatan. Jadi tidak usah berlama-lama! Miliki segera hunian indah berkonsep minimalis modern ini sekarang!

Setelah memahami berbagai tips membeli rumah pertama kalinya, maka lakukan pertimbangan apakah properti yang sudah diincar benar-benar mampu memenuhi semua kebutuhan. Jangan lupa siapkan dana tambahan untuk pembayaran pengurusan surat-surat yang tidak terduga selama transaksi jual beli berlangsung.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *