Cara Menentukan Harga Jual Rumah Berdasarkan NJOP

Cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP menjadi suatu hal yang penting dalam simulasi perhitungannya. NJOP sendiri sebagai taksiran harga yang digunakan dalam menghitung harga jual tanah ataupun bangunan. Dalam perhitungannya menerapkan kesesuaian dengan zona rumah, luas dan kondisi fisik bangunan.

Cara Menentukan Harga Jual Rumah Berdasarkan NJOP

Terdapat banyak faktor yang memberikan pengaruh utama untuk menentukan nilai dari jual rumah sesuai dengan NJOP. Pada proses transaksi ini harus mengacu pada fasilitas yang ada di lokasi, keberadaan lokasi, kondisi tanah hingga aksesibilitas yang ada.

Banyak di antara masyarakat awam yang menganggap perhitungan menjual rumah sesuai dengan NJOP menjadi salah satu cara yang rumit. Sehingga banyak di antara mereka yang justru mengabaikan prosedur dalam penghitungan harga jual rumah sesuai NJOP.

Baca Juga : 7 Cara Menentukan Harga Jual Rumah Agar Cepat Terjual

Jika sudah diketahui NJOP nantinya bisa memperoleh harga secara maksimal dan meminimalisir terjadinya tingkat kerugian yang berisiko. Contoh yang bisa diterapkan dalam perhitungan harga jual rumah sesuai dengan NJOP berdasarkan harga pasaran sebagai berikut:

Luas tanah : 8 m x 12 m = 96 m2

Luas bangunan : 6 m x 6 m = 36 m2

NJOP bangunan : 2 juta per m2

NJOP : tanah 1 juta per m2

Total keseluruhan untuk harga tanah yaitu 96 x 1 juta = 96 juta

Total untuk harga jual pada bangunan yaitu 36 x 2 juta = 72 juta

Sehingga, untuk nilai jual rumah yang sudah dilakukan perhitungan berdasarkan NJOP adalah 96 juta + 72 juta = 168 juta.

Tips Penentuan Harga Penjualan Hunian dengan Tepat

Menyesuaikan Kondisi Rumah

cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP - Menyesuaikan Kondisi Rumah
Menyesuaikan Kondisi Rumah

Apabila dari kondisi rumah yang akan dijual tersebut masih dalam keadaan bagus. Rumah juga tidak terdapat kerusakan dengan tingkat yang besar, masih rapi dan bersih. Maka, rumah tersebut tetap bisa dijual dengan menyesuaikan harga NJOP ataupun bisa lebih tinggi.

Dari pihak pembeli rumah pun juga akan rela untuk mengeluarkan dana yang lebih besar jika memang kondisi rumah tersebut terpelihara dengan rapi dan bersih. Begitu pun sebaliknya, apabila rumah tersebut ternyata kondisinya kurang baik. Bahkan, dari segi kondisinya sudah membutuhkan perbaikan ataupun renovasi yang cukup besar.

Tentunya untuk harga jual di pasaran harus diturunkan lebih rendah supaya nantinya ada pembeli yang berminat. Hal ini dikarenakan, di pihak pembeli juga akan mempertimbangkan dua kali dalam pembelian rumah. Pertimbangan tersebut dengan melihat dari sisi bangunan yang mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan yang nantinya harus mengeluarkan dana lebih.

Seperti halnya pada kondisi rumah dengan tingkat kelayakan sekitar 70%. Hal ini membuat harga jual rumah juga akan menurun menyesuaikan tingkat kondisi kelayakan.

Menghitung NJOP Tanah Dan Bangunan

Langkah cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP dengan melakukan perhitungan atas tanah dan bangunan. Cara untuk melakukannya bisa melihat bukti dari pembayaran PBB ataupun SPPT PBB.

Melalui surat bukti pembayaran tersebut terdapat NJOP baik itu bumi atau tanah dan NJOP bangunan. Pada penentuan harga rumah berdasarkan NJOP biasanya dari pihak penjual sendiri akan mematok harga cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan NJOP.

Terlebih, pada rumah hunian yang lokasinya berada di kawasan strategis tentunya bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Selain itu, asumsi untuk penentuan harga rumah juga dihitung secara matang dengan melihat kenaikan tingkat inflasi tiap tahunnya. Sehingga dari pihak penjual rumah akan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Tambahkan Biaya Renovasi

cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP - tambahkan biaya renovasi
Tambahkan Biaya Renovasi

Apabila ingin melakukan renovasi rumah sebelum nantinya ditawarkan pada pembeli. Sebaiknya untuk perhitungan harga jual rumah bisa memasukkan biaya yang telah dikeluarkan dalam proses perbaikan tersebut.

Dari perhitungan harga NJOP dapat ditambah dengan total keseluruhan untuk biaya perbaikan. Sehingga harga jual yang ditawarkan dapat menyesuaikan dengan keseluruhan dari harga jual sebelumnya ditambahkan perbaikan atas renovasi rumah.

Dari kegiatan renovasi yang sudah dilakukan tentunya bisa membuat pihak penjual menawarkan harga yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, rumah yang sudah siap untuk dijadikan tempat tinggal tentunya memberikan jaminan bagi pembeli untuk menjadikan rumah hunian.

Dengan begitu, tidak akan keberatan meskipun membeli rumah dengan harga tinggi karena sudah siap dihuni dalam keadaan baik.

Mengecek Situs Properti

Bagaimana cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP bisa melakukan pengecekan pada situs properti. Dalam hal ini, memanfaatkan adanya situs jual beli properti yang dilakukan secara online bisa menjadi referensi yang terpercaya.

Referensi utama ini harus dipilih dengan tepat supaya bisa mendapatkan situs properti online terpercaya. Dari pihak pembeli rumah cukup dengan menyesuaikan spesifikasi dari lokasi dan rumah yang diinginkan.

Dengan demikian, nantinya akan muncul beberapa daftar rumah yang disertai dengan harga lengkap untuk dipertimbangkan dalam membeli. Silakan mencari rumah hunian yang mendekati dengan spesifikasi sesuai keinginan.

Menyesuaikan Harga Rumah di Wilayah Setempat

Jika masih bingung dalam menentukan harga jual rumah dapat melihat harga rumah yang ada di wilayah setempat. Pada beberapa wilayah memang menawarkan harga jual yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan wilayah tersebut.

Kesesuaian dalam harga jual rumah juga harus sama dengan tahun pembangunan, luas rumah, kondisi bangunan serta jumlah kamar. Dalam hal ini, dari pihak pembeli dapat menanyakan secara langsung pada pemilik yang ingin menjual rumahnya.

Sehingga bisa diketahui terkait perhitungan dari harga jual rumah yang ditawarkan oleh pemilik. Akan tetapi, apabila sudah memiliki patokan terhadap harga rumah yang lain.

Sebaiknya untuk proses penjualan rumah ini bisa dilakukan pada waktu 6 bulan terakhir. Cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP yang tepat ini dapat menjadi acuan dalam perhitungan.

Perumahan Casa De Ramos Hunian Dengan Teknologi Canggih

CASA DE RAMOS
CASA DE RAMOS

Dalam mencari rumah yang akan dijadikan tempat tinggal sebagai hunian masa depan memang harus dipertimbangkan secara. Tapi saat ini dalam mendapatkan rumah dengan konsep mewah klasik sudah tidak mudah lagi.

Namun, setelah kehadiran dari developer perumahan PT Multiguna Cipta Mandiri. Membuat setiap masyarakat yang menyukai konsep mewah klasik tetap bisa mendapatkan rumah hunian sesuai keinginannya.

Kehadiran dari perumahan Casa De Ramos sebagai perumahan premium yang menawarkan konsep mewah klasik dan tetap menonjolkan sisi modern. Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini telah didukung dalam penggunaan teknologi canggih yang disematkan pada panel surya dan smart home.

Pilihan menarik untuk perumahan Casa De Ramos lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat dengan keberadaan lokasinya yang strategis. Casa De Ramos berdekatan dengan stasiun MRT dan jalan tol sehingga memiliki aksesibilitas yang mudah untuk menuju ke fasilitas umum.

Casa De Ramos juga banyak dipilih oleh kalangan masyarakat karena menawarkan rumah hunian bebas banjir. Dukungan tersebut juga berasal dari kelengkapan fasilitas memadai yang dapat menunjang setiap kegiatan bagi penghuni rumah.

Dari ketersediaan inilah yang membuat penghuni rumah merasa betah untuk tinggal di perumahan Casa De Ramos. Perumahan premium ini juga telah menyediakan dua tipe unit yang bisa dipilih yaitu tipe Jazmine dan tipe La Rosa.

Itulah beberapa cara menentukan harga jual rumah berdasarkan NJOP yang bisa dilakukan perhitungan sesuai dengan ketentuan. Dalam menghitung harga jual rumah sesuai NJOP bisa meminimalisir tingkat kerugian yang terjadi.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *