Saluran Air

Perencanaan Pembuatan Saluran Air Dari Awal

Merencanakan membuat saluran air untuk di rumah hendaknya memperhatikan berbagai hal supaya mencegah terjadinya sumbatan atau ketidaklancaran jalannya air. Apabila terjadi kesalahan ketika proses pembuatan maka akan menyebabkan berbagai permasalahan seperti: bau tidak sedap, sarang nyamuk, bahkan kebocoran pipa. Ikuti tips berikut ini!

Referensi awal sebelum mulai membuat saluran air

1. Memperhatikan kualitas pipa yang digunakan

Ada berbagai jenis pipa yang tersedia di pasaran dan dipakai untuk kebutuhan membuat saluran air. Salah satu yang paling populer ialah pipa PVC. Pipa jenis ini lumayan sering digunakan karena harganya yang murah. Selain itu pipa PVC memiliki sejumlah keunggulan sebagai berikut:

  1. Berbobot ringan sehingga memudahkan pada saat proses pemindahan.
  2. Tahan terhadap karat sehingga meski terkena air pipa tidak berubah.
  3. Bersifat lentur yang membuatnya mudah dipasang.
  4. Daya tahan terhadap asam dan basa cukup tinggi.
  5. Memiliki sifat isolator sehingga tidak menghantarkan panas atau pun listrik.
  6. Proses pemasangan mudah karena tinggal disambung dengan soket bentuk tertentu.
  7. Struktur kuat dan mampu menahan beban hingga 10kg/cm2 sehingga meski debit air cukup besar tetap bisa difasilitasi dengan aman.

Ada berbagai macam pipa PVC yang dapat dipilih. Namun yang paling banyak direkomendasikan ialah yang memiliki ukuran 1.6 sampai 6.4mm. Ukuran tersebut kerap dipakai pada pembuatan saluran air bersih dari pengisap hingga ke saluran air keran.

2. Menentukan tingkat kemiringan pipa

Selain melihat dari segi kualitas yang ditawarkan, kemiringan pada saat pemasangan pipa juga hendaknya menjadi perhatian. Biasanya kemiringan 5persen dengan jumlah ketukan banyak bisa dipakai pada pemasangan pipa untuk saluran air cucian, dapur, serta kamar mandi.

Kemiringan ini dipilih dengan pertimbangan bahwa saluran air tersebut juga kerap dilalui oleh zat-zat padat. Adapun perhitungan kemiringan diperoleh dari panjang saluran pipa yang dipasang secara horizontal.

Contohnya pada saluran air kotor yang dipakai hendaknya memiliki panjang hingga 20meter. Jika mengimplementasikan kemiringan 5persen maka perhitungannya ialah 5% x 20m = 1m.

Berikut rumah dengan perencanaan saluran air yang baik

3. Jenis pipa beserta metode sambungannya

Ada berbagai macam ragam pipa sambungan saluran air yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan yakni:

  • Bentuk sambungan elbow

Bentuk sambungan seperti ini kerap disebut sebagai sambungan “L” yang fungsi utamanya ialah untuk membelokkan air. Bagian ulir pipa “L” kerap ditemukan sisi dalam namun ada juga yang menawarkan ulir sisi luar. Sesuai dengan derajat kelengkungannya, pipa “L” tersedia dari kelengkungan 45derajat sampai 90derajat.

  • Bentuk sambungan socket

Socket berbentuk silinder kecil yang berfungsi untuk menyambungkan pipa satu dengan pipa lainnya sehingga menjadi kesatuan pipa yang panjang. Kuncinya ialah pilih socket yang sesuai dengan ukuran pipa sehingga pipa bisa masuk dan terkunci sempurna pada sambungan socket.

  • Bentuk sambungan tee stuck

Tee stuck dimanfaatkan untuk membagi saluran air menjadi dua aliran sehingga bentuknya yang menyerupai huruf “T”. Tapi ada juga beberapa pabrik yang menyediakan sambungan dengan bentuk huruf “Y”. Sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya.

(Baca juga: Desain Atap Rumah Minimalis dan Jenis Bahannya)

Mengatasi saluran pipa air yang mampet

1. Atasi dengan air panas dan garam

Selain mencampurkan garam dengan baking soda, mengombinasikan garam dengan air panas juga bisa dijadikan alternatif. Air panas nantinya akan membantu menumpaskan sisa-sisa kotoran sabun yang masih menempel. Caranya cukup mudah yakni:

  1. Masak 1liter air hingga mendidih.
  2. Taburkan 1sdm garam pada saluran yang tersumbat.
  3. Kemudian siram saluran dengan air panas mendidih.
  4. Diamkan kondisi tersebut selama kurang lebih 10menit, kemudian guyur dengan air biasa.
  5. Ulangi cara tersebut selama beberapa kali sampai saluran kembali lancar.
  6. Jangan menaburi garam sekaligus dalam jumlah banyak, sehingga air panas dapat mengalir dengan lancar.

2. Atasi dengan garam dan baking soda

Garam dapat membantu meluluhkan saluran air dikarenakan sifatnya yang kesat dengan tekstur abrasi. Jadi tidak ada salahnya menghilangkan kotoran tersumbat dengan memanfaatkan campuran garam dan baking soda.

Caranya juga cukup mudah yakni dengan mencampur garam dengan baking soda menggunakan perbandingan 1:1 ke dalam saluran air yang mampat. Lalu guyur air ke sekitarnya. Diamkan sekitar 5menit kemudian guyur kembali menggunakan air bersih.

3. Atasi dengan cuka dan baking soda

Cuka merupakan asam kuat yang dapat dipakai untuk merontokkan kotoran. Dikombinasikan dengan baking soda maka akan diperoleh campuran yang korosif terhadap benda. Baking soda akan diaktifkan oleh asam pada cuka sehingga efektivitasnya sebagai cara membersihkan saluran air mampat akan meningkat.

Campurkan cuka bersama baking soda dengan perbandingan 1:1, lalu tuang campuran tersebut ke dalam saluran air dan diamkan selama 5menit. Setelah itu sekitar saluran dapat disikat untuk mendapat hasil akhir yang lebih bersih.

4. Atasi dengan sabun cuci dan air panas

Sabun cuci memiliki kandungan yang mampu mengikat kotoran dan minyak. Mencampur air panas dengan sabun cuci dapat dipakai mempermudah pekerjaan dalam mengatasi saluran air yang mampat. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan satu liter air panas.
  2. Tuang secukupnya sabun cair cuci piring ke dalam saluran yang tersumbat.
  3. Kemudian siram menggunakan air panas yang telah disiapkan ke dalam saluran air tersebut.
  4. Lakukan penyiraman berkali-kali sehingga seluruh sabun hanyut dan saluran tidak tersumbat lagi.

Perumahan Graha Taruma di Pondok Cabe yang bergaya minimalis

Banner Iklan
GRAHA TARUMA

Walau pun hingga kini tidak sedikit developer yang menawarkan rumah-rumah bergaya minimalis. Tetapi tidak semua mampu memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Memang membutuhkan proses pencarian panjang untuk menemukan hunian yang betul-betul sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Untuk itu cobalah melirik perumahan by Graha Taruma yang memang didesain sesuai kebutuhan para generasi milenial. Graha Taruma merupakan developer yang berada di bawah naungan PT. Multiguna Cipta Mandiri. Menghadirkan hunian terbaik yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan.

Perumahan ini dibangun pada lahan seluas 7.100m2 dengan total unit sebanyak 63rumah yang seluruhnya berkonsep minimalis modern. Kami mengedepankan desain bergaya modern tropic yang minimalis sehingga sangat fungsional namun tetap terlihat menarik.

Hunian terasa lebih efisien dengan dilengkapi rooftop, sehingga bisa digunakan bersantai dengan nyaman selama penghuni di rumah pada masa pandemi. Konstruksinya pun dijamin kuat karenanya Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah keamanan.

Perumahan yang dibangun juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang. Selain itu lokasinya pun sangat strategis karena Graha Taruma terletak persis dekat dengan tol dan stasiun MRT. Kami hadirkan dua tipe unit yang bisa dipilih sesuai selera yakni tipe Nara dan Saga. Kedua tipe ini bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan masing-masing.

Tidak perlu ragu lagi, perumahan Graha Taruma benar-benar sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari rumah minimalis bernuansa modern. Download Pricelist Graha Taruma di Sini.

Berbagai tips dalam pembuatan saluran air tersebut memang menitik beratkan pada pelaksanaan teknisnya. Maka dari itu konsultasikan hal tersebut pada jasa konstruksi yang akan melakukan pekerjaan ini. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tenaga profesional karena merupakan kunci dari suksesnya konstruksi yang dikerjakan.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *