Taman Dalam Rumah

Memiliki taman dalam rumah merupakan salah satu cara menghadirkan kesan outdoor pada ruangan. Kehijauan tanaman akan membuat penghuninya merasa tenang dan mood pun naik. Untuk bisa menghadirkan suasana asri dari berbagai tanaman di dalam sudut hunian, simak tips yang akan dijabarkan berikut!

Ide Desain Taman Dalam Rumah

1. Taman di bawah tangga

Membuat taman minimalis di salah satu pojokan bawah tangga akan menjadi spot point yang menarik dalam ruangan. Sehingga pemilik rumah tetap memiliki ruang hijau meski dengan lahan sempit yang terbatas.

Hanya tinggal menyiapkan lahan dengan bentuk persegi berukuran 1x3meter yang diisi dengan berbagai macam tanaman hias. Biasanya tanaman perdu menjadi favorit orang-orang untuk menghiasi taman indoor yang dimiliki.

2. Dinding vertical garden

Mendekor taman dalam rumah tidak hanya bisa dilakukan pada lahan datar horizontal namun juga dapat memanfaatkan dinding yang vertikal. Metode ini disebut taman vertikultural. Solusi tersebut akan menghemat penggunaan lahan serta menampilkan nilai estetika yang unik.

3. Bambu kuning dalam pot

Sentuhan bambu di dalam rumah mampu memberikan kesan oriental pada ruangan. Tanam rumpun-rumpun bambu tersebut dalam pot berukuran sedang yang sudah diberikan media tanam beserta kompos. Dijamin ruangan akan menjadi semakin asri dengan tampilannya yang minimalis serta elegan.

4. Taman di dekat dapur

Dapur merupakan pojok ruangan yang bisa dimanfaatkan membuat taman di dalam rumah. Tentunya kegiatan masak memasak akan menjadi lebih seru ditemani dedaunan hijau segar serta bunga-bunga.

Biasanya pada rumah minimalis, dapur akan bersinggungan langsung dengan area makan. Maka memberi sentuhan taman hijau di area ini dapat meningkatkan mood menyantap makanan.

5. Hiasi bingkai jendela dengan pot kecil

Jika malas menanam tanaman langsung di area tanah indoor, solusi lainnya ialah menambah pinggiran jendela dengan pot-pot kecil minimalis. Cara ini tidak hanya menghemat pemakaian tempat, namun tanaman juga akan menjadi lebih sehat karena mendapat sinar matahari intens.

6. Pot minimalis pada ambalam tembok

Menghadirkan taman dalam rumah yang simpel berikutnya ialah dengan memasang pot pada ambalam tembok. Hal ini juga sekaligus dapat menjadi dekorasi pada dinding yang polos agar lebih beraksen dan tidak membosankan. Biasanya kebanyakan orang memilih tanaman yang mudah dirawar misalnya kaktus.

7. Tanaman balok tempel

Tanaman yang ditanam pada balok-balok dengan posisi menempel di dinding bisa menjadi solusi praktis untuk menghadirkan kesan hijau dalam ruangan. Untuk jenis tanaman yang cocok ditanam pada area tersebut ialah yang memiliki bentuk yang ramping lurus memanjang seperti lidah mertua.

8. Membuat rak susun untuk tanaman

Apabila memiliki rak yang menganggur di gudang, dari pada disimpan begitu saja rak tersebut dapat dimanfaatkan sebagai wadah bercocok tanam. Pemilik bisa menaruh tanaman hidroponik pada rak tersebut dan menjadikan ruangan dalam rumahnya lebih sehat.

9. Taman gantung dalam rumah

Alternatif lain untuk menyiasati lahan sempit agar tetap bisa bercocok tanam ialah dengan memilih tanaman gantung. Pemilik bisa menggantung pot-pot cantik berisi berbagai tanaman pada plafon atau tiang penyangga.

Pastikan ukuran pot tidak terlalu besar dan penyangga yang dipilih memang telah benar-benar kuat. Selain itu sebaiknya tanam tanaman yang gampang dirawat dan terlihat indah jika digantung misalnya anggrek, paku-pakuan, semar, lili, dan semacamnya.

10. Taman kecil tembok samping

Jika masih tersisa sejengkal tanah pada tembok samping, taman kecil tetap bisa dibuat dengan indah. Berbagai macam tanaman bisa tumbuh di sana, baik yang ditaman dalam pot, gantung, atau pun balok di dinding. Dengan memanfaatkan lahan terbatas dengan maksimal, maka hunian dapat terasa lebih sehat dan sejuk.

Baca Juga: (Perencanaan Pembuatan Saluran Air Dari Awal)

Candela Residence

Perawatan Taman di Dalam Rumah

1. Jaga kebersihan tanaman

Rahasia keasrian taman dalam rumah ialah dengan selalu menjaga kebersihannya. Pungut daun-daun kering yang berguguran di taman serta potong ranting, daun, atau bunga yang telah layu. Dengan begitu taman akan selalu terlihat indah dan terawat.

2. Mencabut gulma dengan rutin

Sering kali akan ada gulma yang tumbuh di sekitar tanaman yang tentunya dapat mengurangi kesan keindahannya. Selain untuk menjaga keasrian taman, mencabut gulma juga akan menyehatkan tanaman karena mereka tidak perlu berebut nutrisi dengan rumput-rumput liar.

3. Menjaga kebersihan kolam

Apabila di dalam area taman terdapat kolam atau air mancur kecil, perhatikan kebersihan airnya. Usahakan air tetap mengalir supaya tidak menjadi sarang nyamuk. Untuk itu perhatikan selalu bagaimana kondisi pompa air yang dipakai. Terakhir, bila tidak memelihara ikan di dalamnya, jangan lupa menaburi kolam dengan bubuk abate.

4. Ganti media tanam secara berkala

Tanaman yang ditanam pada area terbatas seperti pot atau taman dalam rumah harus selalu dilakukan penggantian media tanam dengan yang baru. Hal tersebut untuk menambah nutrisi tanaman yang telah habis dan mencegah tanah jenuh.

5. Menjaga kelembapan tanaman

Meski diletakkan dalam ruangan, kondisi tanaman harus senantiasa terjaga kelembapannya. Siram berkala secara rutin sesuai dengan jenis tanamannya. Setiap tumbuhan memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda. Maka pastikan pemilik mengetahui hal tersebut terlebih dahulu supaya bisa merawat dengan benar.

Miliki Rumah Modern Lokasi Pondok Cabe Candela Residence

Mencari rumah dengan desain mewah namun tetap terlihat minimalis serta memiliki fasilitas dengan fitur lengkap memang bukan hal yang mudah. Namun Anda kini tidak perlu risau. Hadirnya Candela Residence dari PT Multiguna Cipta Mandiri hadirkan perumahan premium dengan konsep mewah klasik yang modern. Rumah minimalis modern ini tentunya cocok dimiliki bagi Anda yang menginginkan hunian yang klasik namun tetap memiliki unsur kemewahan menyatu di dalamnya.

Keunggulannya:

  • Perumahan ini ditunjang oleh lokasinya yang amat strategis karena dekat dengan jalan tol serta stasiun MRT. Sehingga sangat menunjang mobilitas dari para pemilik unit.
  • Hunian Candela Residence dibangun pada lokasi yang bebas banjir dan termasuk ke dalam smarthome. Setiap unitnya sudah dilengkapi panel surya dan pengaturan rumah dapat dilakukan hanya melalui smartphone yang juga telah tersedia.
  • Didukung oleh ragam fasilitas lengkap yang memudahkan aktivitas harian penghuninya. Kami pastikan Anda akan senantiasa betah untuk tinggal di kawasan elite Candela Residence.

Perumahan ini juga telah dilengkapi dengan adanya taman yang menambahkan kesejukan serta keasrian lingkungan yang Anda tinggali. Membuat Candela Residence sangat cocok bagi Anda yang sedang kebingungan mencari hunian yang menawarkan nuansa klasik nan mewah kawasan Jakarta. Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan promo menariknya dan miliki unit Candela Residence sekarang juga.

Dengan hadirnya taman dalam rumah, maka Anda yang tidak memiliki lahan kosong tetap bisa menyalurkan hobi bercocok tanam. Penting diperhatikan bahwa area lantai yang akan ditanami harus memiliki ketinggian yang lebih rendah dibanding sekitar. Hal tersebut untuk menghindari rembesan air ke lantai di sekitarnya ketika tanaman disiram.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *