Dimana Letak Kamar Mandi Menurut Islam

Dimana letak kamar mandi menurut Islam harus dibuat rancangan supaya memiliki desain yang tidak sembarangan. Dalam penentuan kamar mandi bisa dengan membuat desain yang disesuaikan syariat Islam. Sehingga bisa dijadikan fasilitas terpisah yang berhubungan dengan kebersihan dan ketersediaan air.

Dimana Letak Kamar Mandi Menurut Islam Cari Tahu Lokasi Yang Tepat

Pintu Kamar Mandi Tidak Menghadap ke Dapur

Pintu Kamar Mandi Tidak Menghadap ke Dapur

Cara yang paling tepat untuk menempatkan pintu kamar mandi tidak langsung berhadapan dengan bagian dapur. Pada dasarnya, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang digunakan untuk membuang hajat. Selain itu, dapur dijadikan sebagai tempat untuk mengisi perut.

Jika posisi pintu kamar mandi ini langsung berhadapan dengan bagian dapur. Hal ini bisa membuat pertentangan terhadap hasrat dan selera dari penghuni rumah tersebut. Perlu diperhatikan bahwasanya untuk peletakan pintu kamar mandi juga tidak berhadapan dengan kloset duduk ataupun jongkok.

Baca Juga: (10 Kombinasi Cat Kamar Mandi yang Unik dan Menarik)

Closet Tidak Membelakangi dan Mengarah ke Kiblat

Closet Tidak Membelakangi dan Mengarah ke Kiblat

Penempatan kamar mandi di dalam rumah tentunya akan ada tambahan fasilitas toilet untuk buang hajat. Perlu menjadi perhatian khusus bagi pemilik rumah bahwasanya toilet tersebut sebaiknya tidak membelakangi ataupun mengarah ke kiblat.

Posisi dari WC sesuai dengan aturan syariat Islam sebaiknya tidak menuju ke arah timur ataupun barat. Ketentuan yang satu ini menjadi anjuran tersendiri sebagai syariat Islam ketika akan buang hajat memang tidak diperbolehkan mengarah ataupun membelakangi kiblat.

Aturan ini memang berbeda dalam penerapannya pada saat akan shalat. Sehingga saat akan buang air besar ataupun kencing sebaiknya tidak mengarah ataupun membelakangi kiblat. Akan tetapi, juga terdapat pengecualian ketika memang kondisinya sangat urgent. Terlebih ketika tidak paham terkait arah mata angin di sebuah tempat.

Memberikan Penerangan Maksimal di Kamar Mandi

Dimana letak kamar mandi menurut Islam yang tepat ternyata juga harus memberikan penerangan secara maksimal di bagian ini. Kamar mandi menjadi salah satu ruang di dalam rumah yang menjadi tempat tinggal setan ataupun jin. Dengan demikian, ketika akan masuk ke kamar mandi sebaiknya membaca doa terlebih dahulu. Begitu pun juga saat akan keluar kamar mandi.

Penting bagi pemilik rumah untuk memberikan penerangan secara maksimal di bagian dalam kamar mandi supaya tidak menjadi tempat tinggal bagi setan dan jin. Pada kamar mandi di dalam rumah sebaiknya juga tidak menguatkan kesan kotor dan horor karena pemberian pencahayaan yang cukup buruk.

Cara pemilihan penerangan bisa dengan memanfaatkan lampu warna putih yang ditempatkan di bagian tengah sebuah ruangan. Selain itu, juga bisa menambahkan pencahayaan di kamar mandi dengan warna lampu kuning di bagian pintu dari kamar mandi tersebut.

Menyediakan Keran Wudhu

Menyediakan Keran Wudhu

Dalam setiap pembangunan rumah memang tidak semuanya memiliki lahan yang luas untuk menambahkan keran yang digunakan untuk wudhu. Maka, banyak di antara pemilik rumah yang menambahkan keran untuk wudhu di bagian kamar mandi.

Akan tetapi, perlu diperhatikan dalam pemasangan posisi keran supaya tidak salah dan bertentangan dengan syariat Islam. Pada pembuatan keran wudhu ini harus dibuat secara terpisah dengan bak kamar mandi ataupun shower. Selain itu, juga pastikanlah untuk arah keran wudhu tidak berdekatan dengan bagian kloset.

Tips ini penting untuk diperhatikan supaya bisa menjaga kebersihan dan kesucian ketika wudhu sehingga terbebas dari najis. Pada peletakan keran juga bisa dibuat tidak terlalu jauh dari pintu kamar mandi sehingga memberikan kemudahan ketika akan wudhu.

Melengkapi Sirkulasi Udara Maksimal

Dimana letak kamar mandi menurut Islam dengan benar yaitu memperhatikan sirkulasi udara. Pada saat pembangunan kamar mandi harus mempertimbangkan posisi dari sirkulasi udara.

Dalam hal ini penting untuk mengatur aliran udara yang keluar dan masuk ke bagian kamar mandi supaya tidak terlalu lembap. Adanya sirkulasi udara ini berhubungan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan di dalam kamar mandi seperti halnya ketika akan membuang hajat.

Ketika kamar mandi tersebut tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik bisa menimbulkan bau yang tidak sedap dan menetap. Bahkan, bau tersebut juga bisa menyebar ke seluruh ruangan di dalam rumah yang membuat terasa pengap.

Memisahkan Kamar Mandi Tamu dan Keluarga

Dalam pembuatan aturan desain untuk bagian kamar mandi ini dapat menyesuaikan dengan ketentuan syariat Islam. Pastikan ketika membangun sebuah kamar mandi di dalam rumah terdapat dua kamar mandi yang nantinya dapat digunakan oleh tamu dan keluarga.

Hal ini menjadi suatu hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika memang sering menerima tamu datang ke rumah. Tujuan membuat dua kamar mandi untuk menjaga tingkat privasi adanya orang yang masuk dan keluar. Sehingga tidak akan membuat penghuni rumah merasa repot untuk merapikan bagian kamar mandi utama ketika nantinya ada tamu yang akan datang.

Penggunaan Dinding Keramik

Penggunaan Dinding Keramik

Pemakaian keramik di bagian dinding yang diperuntukkan pada bagian kamar mandi memang membuat anggaran biaya yang harus disediakan cukup besar. Akan tetapi, untuk langkah yang satu ini memang sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu supaya bisa membuat kamar mandi terlihat lebih bersih dan terang.

Hal ini dikarenakan, penggunaan dinding keramik lebih mudah dalam membersihkannya dibandingkan dengan dinding tembok biasa. Sehingga dapat memilih warna serta model dari keramik yang akan dipasangkan dengan warna terang seperti biru muda, putih ataupun pastel.

Jika memang memiliki dana lebih, maka bisa membuat bagian dinding ini menggunakan bahan marmer atau bahan terbaik lainnya. Selain itu, dimana letak kamar mandi menurut Islam sesuai aturan sebaiknya tidak bertentangan dengan syariat, meskipun itu hanya sekedar sebuah kamar mandi.

Baca Juga: (11 Rekomendasi Keramik Lantai Kamar Mandi)

Perumahan Graha Taruma Memberikan Kenyamanan Yang Maksimal

Ayo Download Pricelist Graha Taruma di Sini.

Pilihan menarik untuk mendapatkan perumahan yang memberikan kenyamanan memang cukup sulit mendapatkan di kawasan kota besar. Akan tetapi, sekarang ini tidak perlu khawatir lagi karena sudah tersedia perumahan Graha Taruma dari PT Multiguna Cipta Mandiri.

Perumahan yang ditawarkan ini membawa konsep minimalis yang terlihat lebih modern untuk dijadikan sebagai hunian. Graha Taruma merupakan salah satu perumahan dengan lahan yang luas sekitar 7.100 m2.

Rumah di Jakarta cuman 1 milyaran ini juga tersedia 63 unit dengan membawa konsep serupa. Graha Taruma cenderung mengunggulkan desain khas modern tropic dengan menampilkan desain menarik dan juga tidak melupakan sisi fungsionalitasnya.

Adanya perumahan di kawasan Tangerang Selatan ini telah dilengkapi dengan fasilitas rooftop yang dapat digunakan untuk bersantai bagi penghuninya. Keunggulan dari Graha Taruma menawarkan dua tipe unit yaitu tipe Saga dan tipe Nara. Setiap masing-masing dari unit rumah memiliki keunggulan yang berbeda sehingga bisa menjadi pertimbangan bagi calon pembeli rumah.

Perumahan yang diperuntukkan bagi kaum milenial ini memiliki ketersediaan fasilitas yang sangat lengkap guna menunjang kegiatan sehari-hari. Selain itu, banyak diantara kalangan masyarakat yang sudah memilih Graha Taruma karena lokasinya yang terbilang sangat strategis.

Perumahan elit ini memiliki aksesibilitas yang mudah karena lokasinya berdekatan dengan transportasi umum stasiun MRT dan fasilitas publik jalan tol.

Penting untuk mengetahui dimana letak kamar mandi menurut Islam supaya tidak bertentangan dengan syariat. Pada pembangunan kamar mandi sebaiknya memperhatikan beberapa hal dengan mengacu pada ketentuan syariat Islam.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *