Menghitung Harga Genteng Per Meter

Menghitung harga genteng per meter harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan dalam pembangunan rumah. Perhitungan terkait kebutuhan genteng ini tidak hanya untuk mengetahui harga dari jumlah genteng. Akan tetapi bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pemilihan jenis yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa Cara Untuk Menghitung Harga Genteng Per Meter

1. Perhitungan Kebutuhan Genteng untuk Luas Atap

Cara yang bisa dilakukan untuk menghitung kebutuhan dari genteng di bagian luas atap terbilang sangat mudah. Contohnya untuk melakukan pembangunan rumah yang memiliki luas atap sekitar 10 x 9 meter = 90 m2.

Luas yang didapatkan tersebut, lalu dikalikan pada dua sisi atap sehingga mendapatkan total luas secara keseluruhan yaitu 180 m2. Dari total luas itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan acuan dalam pembelian genteng rumah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

Akan tetapi, meskipun dalam pembelian genteng sudah disesuaikan dengan perhitungan yang cukup akurat. Sebaiknya tetap membeli genteng lebih dari jumlah yang dibutuhkan sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan atau timbul kebocoran.

Baca Juga: (Cara Investasi Rumah Yang Aman Dan Keuntungan Stabil)

2. Cara Menghitung Kebutuhan Genteng untuk Panjang dan Lebar Pondasi

Perhitungan kebutuhan akan genteng tidak hanya berdasarkan dari luas atapnya saja. Dalam hal ini, perhitungan bisa dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan genteng mulai dari panjang hingga lebar fondasi pembangunan rumah.

Jika menggunakan cara yang satu ini, silakan untuk ditambahkan 1 m atau lebih di bagian panjang atau dan lebar bangunan. Hal ini berfungsi sebagai bentuk antisipasi jika terjadi kerusakan.

Contohnya dalam perhitungan rumah yang mempunyai panjang 9 m dan lebar 7 m, sehingga untuk hitungannya yaitu 10 x 8 m = 80 m2. Dari jumlah luas tersebut dikali 35, sehingga menjadi 80 m2 x 35 = 2.800 buah genteng yang dibutuhkan.

Pada perhitungan untuk bangunan rumah tersebut hanya di bagian intinya saja. Jika ada bagian balkon ataupun teras yang akan ditambahkan dengan atap genteng, bisa melakukan perhitungan menyesuaikan panjang dan lebar.

3. Cara Perhitungan Kebutuhan Genteng Per Meter

Menghitung harga genteng per meter yang mudah bisa dilakukan untuk pembelian genteng beton. Apabila memiliki rumah yang panjangnya 9 m dan lebarnya 5 m. Sementara itu, untuk sudut kemiringan bagian atap sekitar 35 derajat. Maka, pada setiap sisi memiliki jarak 50 cm atau 0.5 m.

Adapun untuk cara perhitungan akan kebutuhan genteng jenis beton per meter sebagai berikut:

P x L

9 + (0.5 + 0.5 m) x 5 + (0.5 + 0.5 m)

= 60 m2

Langkah berikutnya untuk perhitungan yaitu dibagi dengan kemiringan, 60 : cos (35= 73 m2

Mengingat dalam hal ini akan memanfaatkan genteng beton untuk di bagian atapnya bisa dengan menggunakan jenis flat. Spesifikasi yang dimiliki oleh genteng beton flat yakni 33 x 42 cm dan isi dari genteng beton per meternya hanya sekitar 10 buah saja. Dengan demikian, total kebutuhan genteng yang nantinya akan digunakan yaitu 73 x 10 pcs = 730 pcs.

4. Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik

Langkah yang satu ini bisa dilakukan guna menghitung kebutuhan genteng keramik per meternya. Rumus yang digunakan sebenarnya tidak jauh berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan rumah.

Jika rumah memiliki luas bagian atap yakni 10 m x 8 m dan mempunyai overstek 0,5 m serta tingkat kemiringan atap yakni 35 derajat. Maka, berikut inilah cara perhitungan yang tepat:

P x L

10 + (0.5 + 0.5) x 8 (0.5 + 0.5 m)

11 x 9

= 99 m2

Setelah itu, bisa dilakukan perhitungan pada tingkat kemiringan atap yakni 99 : cos (35 = 120,8 m2. Jika sudah mengetahui luas, apakah bisa dilakukan penghitungan terhadap jumlah genteng yang nantinya akan dibutuhkan pada pembangunan rumah.

Untuk penggunaan jenis genteng keramik, pada setiap 1 m2 ini mempunyai jumlah genteng sekitar 12 buah. Dengan demikian, untuk menghitung harga genteng per meter dengan benar yakni 120.8 x 12 pcs = 1.449.6 atau jika dibulatkan 1.450 pcs.

Tips Membeli Genteng Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

1. Sesuaikan Dengan Budget

Langkah mudah dalam pembelian genteng untuk rumah bisa disesuaikan pada budget yang dimiliki. Dengan demikian, silakan untuk membeli genteng yang sesuai dengan kebutuhan rumah. Penting juga untuk mempertimbangkan nilai dari estetika terhadap rumah.

2. Mengecek Tingkat Kebocoran

Dalam pemilihan genteng rumah sebaiknya melakukan pengecekan pada tingkat kebocoran genteng. Apabila dari pihak penjual memperkenankan, silakan untuk mengecek kebocoran melalui cara penyiraman air di bagian permukaan genteng. Sehingga bisa diketahui genteng yang digunakan rembes atau tidak.

3. Menyesuaikan Pada Kekuatan Rangka Rumah

Dalam pembelian genteng tidak hanya menggunakan rumus menghitung harga genteng per meter saja. Akan tetapi, juga harus menyesuaikan pembelian genteng pada kekuatan rangka rumah.

Sebab, setiap jenis genteng memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga harus disesuaikan terhadap kebutuhan genteng dan jika mempunyai rangka rumah kekuatan standar, bisa dipertimbangkan penggunaan genteng dengan jenis ringan atau berat.

4. Pilih Genteng yang Tidak Retak

Cara yang tepat dalam pemilihan genteng harus memperhatikan dari kondisi genteng. Pemilihan genteng bisa melihat dari bagian permukaan dan pastikan kondisinya mulus tanpa ada retakan.

5. Melakukan Pengecekan Genteng

Tips mudah dalam membeli genteng yaitu melihat kualitas terbaik dengan cara mengetuk genteng yang dipilih. Akan tetapi, untuk cara yang satu ini bisa dilakukan hanya terhadap jenis genteng yang terbuat dari tanah liat. Pilihlah genteng yang tidak mengeluarkan suara cukup keras ketika di.

Casa De Ramos Dekat Dengan Stasiun MRT Dan Jalan Tol

Casa De Ramos
Casa De Ramos

PT Multiguna Cipta Mandiri menawarkan Perumahan Casa De Ramos dengan konsep mewah klasik yang nyaman untuk dijadikan hunian. Perumahan yang dihadirkan merupakan perumahan premium bergaya mewah klasik, namun tampak terlihat modern.

Rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini sangat cocok untuk tempat tinggal sebagai impian masa depan yang menyukai nuansa klasik dan mewah. Casa De Ramos memberikan penawaran hunian yang berada di lokasi bebas banjir dan telah dilengkapi oleh fitur panel surya hingga smart home.

Menariknya, dari kehadiran perumahan Casa De Ramos ternyata berada di lokasi yang cukup strategis, karena dekat dengan stasiun MRT dan jalan tol. Casa De Ramos juga menyediakan pilihan dua tipe unit rumah yakni tipe Jazmine dan tipe La Rosa. Tipe tersebut menawarkan tambahan halaman yang sangat indah dan nyaman untuk bersantai dengan keluarga.

Adanya pilihan rumah premium ini sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Kelengkapan fasilitas dijamin membuat para penghuni setiap unit betah tinggal di kawasan perumahan Casa De Ramos. Hal ini menjadi keunggulan dari perumahan Casa De Ramos yang sangat cocok bagi Anda yang ingin tinggal di kawasan selatan Jakarta.

Itulah cara yang tepat dalam menghitung harga genteng per meter ketika ingin membeli genteng untuk atap rumah. Pembelian genteng harus disesuaikan dengan beberapa faktor supaya tepat ketika dipasangkan di bagian rangka atap.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *