Maksimalkan Penggunaan Dinding

Tips tata ruang tamu minimalis sangat perlu diketahui oleh penghuni rumah. Pasalnya, penataan yang tepat menentukan indah dan nyamannya sebuah ruangan. Jika hanya meletakkan meja dan kursi memang mudah. Namun, untuk kenyamanan akan lebih baik memperhatikan lagi posisi furniture tersebut agar sesuai dengan bentuk ruangan.

Rumah minimalis biasanya memiliki ruangan terbatas. Hal ini sering membuat pemilik rumah bingung untuk menata ruang tamu agar indah dan nyaman. Pemilihan warna dan furniture tidak boleh sembarangan. Supaya lebih mudah sangat disarankan mengikuti tips berikut ini.

12 Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Cocok Untuk Ruangan Kecil

1. Pilih Warna Terang untuk Dinding Ruang Tamu

Pilih Warna Terang untuk Dinding Ruang Tamu
Pilih Warna Terang untuk Dinding Ruang Tamu

Ruang tamu minimalis biasanya memiliki ukuran ruangan kecil. Supaya tampak luas Anda perlu memilih warna cat terang seperti warna putih, krem dan warna netral lainnya. Pilihan warna ini juga memudahkan penghuni mengatur dan memadupadankan berbagai furniture.

Warna terang lebih mudah dikombinasikan dengan warna berani dan ceria. Hasilnya ruangan lebih hidup, tidak terlalu sesak dan monoton. Akibatnya, pengguna ruangan pun nyaman dan lebih betah memanfaatkan ruangan. Tamu yang datang pun lebih leluasa dengan suasana ruangan.

Baca Juga: (Tips Membangun Rumah Sesuai Budget Untuk Kawula Muda)

2. Memilih Ukuran Sofa yang Sesuai

Memilih Ukuran Sofa yang Sesuai
Memilih Ukuran Sofa yang Sesuai

Sofa sekarang ini banyak pilihan desain dan ukuran, bahkan ada yang multifungsi. Saat belanja ke toko furniture tentu banyak sekali model yang menarik perhatian. Namun, tidak boleh terlena sebab untuk ruangan minimalis tidak sembarangan meletakkan sofa dan meja.

Bentuk dan warna sofa disesuaikan dengan warna ruangan. Pilihlah sofa yang berukuran mungil karena seperti yang sudah disebutkan di atas ruang tamu minimalis memiliki space terbatas. Penting sekali untuk membandingkan ukuran sofa dengan ukuran ruangan agar tidak salah pilih.

3. Letakkan Sofa Bahan Velvet yang Minimalis

Letakkan Sofa Bahan Velvet yang Minimalis
Letakkan Sofa Bahan Velvet yang Minimalis

Bahan kulit untuk penutup sofa sudah ketinggalan zaman. Saat ini sudah hadir bahan terbaru namanya bahan velvet. Kainnya cukup lembut menambah kenyamanan pengguna. Model sofa dan warna cukup simpel artinya cocok untuk ruangan sempit.

Meskipun simpel namun modern sehingga cocok sekali untuk Anda yang ingin lebih kekinian. Bantalan sofa velvet biasanya lebih tebal dengan dudukan yang empuk bahkan tersedia penopang tangan. Tampilannya agak mengkilap membuat sofa tampak mewah dan cukup banyak peminatnya.

4. Tempatkan Perabot Multifungsi

Tempatkan Perabot Multifungsi
Tempatkan Perabot Multifungsi

Tips selanjutnya yang bisa diterapkan adalah menggunakan perabot multifungsi yang menyediakan banyak space penyimpanan. Misalnya menempatkan rak yang sekaligus berfungsi sebagai pembatas ruangan. Boleh juga memilih kursi yang dilengkapi box penyimpanan barang.

Perabot yang digunakan disarankan memiliki desain ringan dan sederhana. Karena model yang terlalu rumit dapat memberikan kesan penuh pada ruangan. Saat ini ada juga meja yang bisa dilipat menyatu ke dinding. Pilihan furniture seperti ini sangat cocok untuk ruang tamu minimalis.

5. Maksimalkan Penggunaan Dinding

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Maksimalkan Penggunaan Dinding
Maksimalkan Penggunaan Dinding

Memiliki ruang tamu terbatas memang mengharuskan otak berpikir lebih, agar ruangan tidak terasa sempit. Setelah menerapkan beberapa tips di atas, cara menata ruang tamu minimalis berikutnya  Anda juga perlu memaksimalkan penggunaan dinding ruangan. Jangan biarkan kosong begitu saja tanpa hiasan.

Dinding vertikal bisa ditambahkan rak dinding atau kotak display berpintu kaca. Furniture ini dapat digunakan untuk memajang buku, majalah ataupun tanaman. Akan lebih menarik lagi menambahkan gambar atau foto menarik. Gunakan pencahayaan yang sesuai supaya ruangan lebih elegan.

6. Manfaatkan Jam Dinding Sebagai Elemen Dekorasi

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Manfaatkan Jam Dinding Sebagai Elemen Dekorasi
Manfaatkan Jam Dinding Sebagai Elemen Dekorasi

Jam dinding biasanya dikenal bentuk petak dan bulat. Tetapi saat ini banyak sekali hadir bentuk jam dinding unik bahkan custom. Jika jam tersebut biasanya ditempel di dinding ruang tamu, sekarang letakkan di atas rak bersama kotak penyimpanan.

Barang-barang unik lainnya seperti hiasan dinding dari ukiran kayu. Mencari barang-barang unik untuk dekorasi sangat mudah melalui marketplace online. Kemudian tentukan pilihan dan pastikan cocok saat dipadukan dengan ruang tamu minimalis Anda.

7. Pajangan Kolase Foto

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Pajangan Kolase Foto
Pajangan Kolase Foto

Pajangan foto dan gambar di dinding seakan tak lekang oleh waktu. Pasalnya, hingga hari ini memajang foto semakin digemari. Agar lebih menarik dan estetik biasanya posisi penataan pajangan lebih kreatif. Agar lebih mudah, pilihlah lokasi dinding lebar dan terbuka.

Jangan lupa pencahayaan juga berpengaruh dalam keindahan pajangan Anda. Boleh gunakan bentuk kolase sesuka hati sesuai imajinasi diri. Jika masih bingung, buatlah percobaan dengan potongan kertas menyerupai bingkai foto, susun di lantai. Jika tampilannya bagus, tinggal memindahkan semua gambar tersebut ke dinding.

8. Penggunaan Cermin Pun Perlu Diperhatikan

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Penggunaan Cermin Pun Perlu Diperhatikan
Penggunaan Cermin Pun Perlu Diperhatikan

Menggunakan cermin mampu memberikan bayangan atau efek ilusi sehingga ruangan tampak sedikit lebih lebar. Karena itu, cobalah siasati dengan menempelkan cermin di dinding ruang tamu Anda. Ukurannya disarankan ¾ dari luas keseluruhan bidang dinding.

Jika area yang akan ditempel cermin terlalu kecil, efek luas ruangan tidak bisa terlihat. Selain itu, pastikan cermin tersebut ditempatkan di bagian dinding yang langsung berhadapan dengan jendela atau terkena pencahayaan alami agar efek ilusi lebih maksimal. Model cermin juga harus disesuaikan dengan gaya ruang tamu supaya lebih serasi.

9. Letakkan Tanaman Hias

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Letakkan Tanaman Hias
Letakkan Tanaman Hias

Meletakkan tanaman hias merupakan salah satu cara untuk mempercantik ruangan dan menjadikan suasana lebih hidup. Paduan warna hijau tanaman dengan warna netral ruangan menghasilkan kombinasi menyegarkan. Idealnya gunakan perabot berbahan alami dan tata tanaman tersebut di sudut ruangan.

Adanya tanaman hias membuat dekorasi ruang tamu minimalis terasa lebih asri, sejuk dan segar.  Hal ini tentu menjadikan Anda lebih betah berada di ruangan karena kenyamanan yang dirasakannya. Keindahan sudah pasti diperoleh dari penataan tanaman hias dengan benar. Fungsi lain untuk menyaring udara secara alami agar oksigen yang terhirup lebih bersih.

10. Tambahkan Karpet

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Tambahkan Karpet
Tambahkan Karpet

Ruang tamu akan lebih indah saat ditambahkan karpet, suasana terasa lebih lembut dan hangat. Selain itu, karpet juga berfungsi sebagai penghalang antara benda tajam dengan lantai. Jika lantai berbahan keramik, karpet dimanfaatkan untuk alas saat ingin duduk lesehan.

Meskipun begitu, memilih karpet pun banyak yang harus diperhatikan. Karena bukan hanya dilihat dari fungsinya namun juga dari segi estetikanya. Pilihan motif semakin beragam dan tersebut karpet bentuk lingkaran, persegi bahkan persegi panjang. Untuk ruangan minimalis sebaiknya ukuran karpet tidak menutupi 50 persen dari area lantai.

11. Boleh Juga Menerapkan Kombinasi Warna Berani

Boleh Juga Menerapkan Kombinasi Warna Berani
Boleh Juga Menerapkan Kombinasi Warna Berani

Ruang tamu kecil memungkinkan pemilik hunian beresperimen memakai pola grafik dan warna yang berani. Warna dinding cerah bisa dipadukan dengan motif unik yang menarik. Sehingga memberikan kesan lebih terbuka dan tidak membosankan selama beraktivitas di ruangan tersebut. Tabrakan warna membuatnya tampak lebih hidup.

Hal ini cocok sekali diterapkan di ruang terbatas tanpa membuat kesan sempit. Meskipun begitu, harus memperhatikan gaya dari keseluruhan ruangan agar lebih selaras. Silakan gunakan daya imajinasi sesuka hati sesuai dengan kepribadian masing-masing. Kreativitas akan melahirkan hal-hal unik untuk mewujudkan ruang tamu menyenangkan.

12. Tambahkan Lampu Gantung

Tips Tata Ruang Tamu Minimalis Tambahkan Lampu Gantung
Tambahkan Lampu Gantung

Dekorasi ruang tamu minimalis estetik bisa diwujudkan dengan penataan dan penggunaan furniture yang tepat. Salah satunya dengan hadirnya lampu gantung, langit-langit ruang tamu semakin menawan. Namun, pastikan lampu yang dipilih sesuai dengan warna dan gaya keseluruhan ruang tamu.

Kombinasi warna antara elemen furniture dengan tema ruangan harus selaras. Apalagi ukuran ruang tamu terbatas, tidak boleh sembarangan untuk mengurangi kesan ramai. Lampu hias warna putih bisa menjadi pilihan. Desain lampu sederhana namun estetik mudah dipadukan dengan dekorasi ruangan.

Miliki Rumah Modern Bersama Case De Ramos

Rumah dengan konsep minimalis biasanya menghadirkan ruang tamu minimalis juga. Ukurannya tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu sempit. Rumah minimalis sebenarnya sudah banyak sekali dikembangkan di Indonesia.

Jika Anda sedang berada di situasi tersebut, maka segera lirik salah satu unit Case De Ramos. Perumahan ini memang sengaja didesain untuk Anda yang membutuhkan hunian nuansa minimalis modern.

Kelebihan:

  • Lokasi rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran ini sangat strategis dekat dengan MRT serta Tol.
  • Bebas banjir, artinya saat hujan deras mengurangi kekhawatiran Anda terhadap masuknya air ke dalam rumah. Mengingat saat ini Jakarta rawan banjir, maka penting sekali memilih Case De Ramos yang bebas dari banjir.
  • Fasilitas yang disediakan ini sangat lengkap bahkan dilengkapi fitur smarthome dan panel surya untuk menghemat penggunaan listrik.

Arsitektur Case De Ramos cukup unit dan mengutamakan kenyamanan penghuni. Terdapat dua tipe yang bisa Anda pilih yaitu tipe Jazmin dan tipe La Rosa. Biasanya desain hunian pun menjadi bahan pertimbangan dalam memilih rumah.

Untungnya, PT Multiguna Cipta Mandiri menyediakan desain mewah dan menawan. Artinya memilih rumah di Case De Ramos membuat Anda tidak menghabiskan banyak waktu hanya untuk memikirkan dan menentukan model desain.

Rumah minimalis tidak sulit dalam menata furniturenya, begitu juga ruang tamunya. Memang benar, pemilihan furniture dan elemen tidak boleh sembarangan agar ruangan tidak tampak sempit.

Namun, warna ruangan didominasi warna cerah sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mendekorasinya. Tinggal mengikuti tips tata ruang tamu minimalis di atas supaya interior ruangan lebih estetik.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *