Contoh surat referensi kerja merupakan surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh perusahaan pada seorang mantan karyawannya. Pada umumnya, surat referensi kerja ini memuat informasi terkait jabatan terakhir karyawan, penilaian atas perilaku selama di perusahaan hingga performa ketika bekerja. Surat referensi kerja ini akan dibuat oleh manajer langsung, rekan dari tim kerja sampai HRD perusahaan.
10 Contoh Surat Referensi Kerja Untuk Berbagai Keperluan
Surat referensi kerja akan dibutuhkan oleh karyawan untuk berbagai macam keperluannya. Maka dari itu, apabila karyawan yang bersangkutan membutuhkan surat referensi kerja bisa mengajukan permohonan pada HRD ataupun manajer yang bersangkutan. Adapun untuk contoh dari surat referensi kerja yang bisa diketahui sebagai berikut:
Untuk melamar pekerjaan baru
Dari perusahaan swasta
Surat untuk bank
Referensi untuk guru
Surat untuk manajer
Referensi untuk karyawan tetap
Surat untuk freelancer
Referensi untuk staf
Surat Bahasa Inggris
Surat dari instansi pemerintah
Baca Juga: (Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk berbagai Keperluan)
Fungsi Membuat Referensi Kerja
- Keperluan di Perbankan
Surat referensi kerja ini memiliki peranan yang sangat penting bagi karyawan. Sehingga apabila membutuhkan surat ini bisa langsung mengajukan permohonan pada pihak HRD perusahaan. Surat ini akan dibutuhkan oleh karyawan ketika melakukan pembuatan rekening baru yang memang kebetulan tidak berdomisili di lingkungan kerja tersebut.
Selain itu, adanya surat referensi kerja menjadi salah satu syarat yang akan diminta oleh pihak bank ketika akan membuat kartu kredit. Surat referensi kerja juga dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman bank seperti halnya KTA, KKB dan KPR.
- Untuk Melamar Pekerjaan Baru
Adanya surat referensi kerja ini dapat dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan baru setelah sudah resign atau habis masa kontrak di perusahaan lama. Dengan begitu, surat referensi kerja guna melengkapi keperluan lamaran kerja yang bisa memberikan kepercayaan bagi perusahaan baru.
Surat referensi kerja ini memiliki peranan sebagai syarat administrasi dan bisa dijadikan sebagai bahan bukti telah memiliki pengalaman bekerja. Selain itu, informasi yang termuat di surat referensi kerja memberikan keuntungan bagi karyawan.
Keuntungan tersebut sebagai bukti kinerja dengan penilaian positif selama bekerja serta menunjukkan bahwa karyawan tersebut sudah arisan secara baik-baik
Struktur Yang Ada Dalam Referensi Kerja
Dalam proses pembuatan contoh surat referensi kerja yang baik tentunya harus memuat sejumlah informasi penting di dalamnya. Terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan guna memberikan informasi secara jelas di dalam surat referensi kerja. Adapun untuk poin yang harus tercantum sebagai berikut:
- Kop surat yang berisikan nama, alamat hingga nomor telepon perusahaan tempat bekerja
- Perihal surat sesuai dengan tujuan dari karyawan yang mengajukan permohonan
- Isi surat yang memuat:
Biodata dari karyawan yang bersangkutan diantaranya nama, jabatan terakhir yang diemban, nomor KTP pihak pembuat surat serta karyawan yang diterangkan
- Lamanya waktu bekerja pada jabatan terakhir di perusahaan
- Penilaian yang diberikan oleh HRD ataupun atasan perusahaan
- Bagian penutup
- Pengesahan yang memuat tempat dan tanggal pembuatan surat referensi kerja, tanda tangan dan nama yang menandatangani.
Cara untuk Membuat Referensi Kerja
- Mengumpulkan Informasi
Pada saat membuat surat referensi kerja, pastinya akan dibutuhkan salinan resume ataupun CV dari mantan karyawan perusahaan. Dengan demikian, pihak perusahaan dapat memberikan pernyataan terkait pengalaman kerja dari karyawan yang bersangkutan. Informasi yang termuat pada surat referensi kerja bisa dengan memberikan keterangan penting dari mantan karyawan tersebut.
- Fokus Pada Deskripsi Pekerjaan
Cara dalam membuat contoh surat referensi kerja yang benar, maka harus memfokuskan terhadap deskripsi pekerjaan. Pihak HRD biasanya akan meminta salinan terkait deskripsi pekerjaan, jenis posisi hingga industri yang nantinya ingin diraih oleh mantan karyawannya.
Selain itu, pihak HRD juga harus melakukan peninjauan terkait tujuan pembuatan surat referensi kerja tersebut. Dengan begitu, bisa menuliskan bahwasanya mantan dari karyawan perusahaan tersebut cocok terhadap posisi yang menjadi tanggung jawabnya selama ini.
- Menuliskan Deskripsi Pekerjaan
HRD harus menuliskan deskripsi pekerjaan dari mantan karyawan yang bersangkutan ketika sudah resign atau memang habis kontrak. Deskripsi yang harus termuat pada surat referensi kerja di antaranya tanggung jawab. Perlu juga mencantumkan kegiatan yang pernah dilakukan oleh mantan karyawan dalam periode waktu tertentu.
Dalam hal ini, pihak HRD bisa mendapatkan sejumlah informasi dari SOP perusahaan. Selain itu, juga bisa langsung menanyakan pada mantan karyawan.
4. Mengatakan Hal Positif
Pembuatan surat referensi kerja, sebaiknya juga memberikan pernyataan bahwasanya mantan karyawan tersebut merupakan kandidat terbaik yang bisa dipilih. Terutama untuk menduduki posisi serupa di perusahaan baru. Beberapa hal yang dapat dikatakan oleh HRD untuk memberikan penilaian positif seperti halnya mereka merekomendasikan karyawan tanpa syarat.
Selain itu, pihak HRD juga bisa mengatakan bahwasanya karyawan yang bersangkutan sangat profesional selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Pemberian penilaian positif ini tentunya akan membantu mantan karyawan supaya terlihat lebih kredibel dalam menjalankan posisi jabatan di perusahaan.
- Memberikan Contoh Keterampilan Lebih Spesifik
Dalam pembuatan surat referensi kerja, maka sangat penting untuk memberikan contoh spesifik terhadap mantan karyawan perusahaan. Hal ini tentunya bisa menunjukkan karyawan terhadap keterampilannya di dalam perusahaan.
- Membagikan Informasi Kontak Pembuat Surat
Contoh surat referensi kerja yang profesional sebaiknya juga membagikan informasi kontak dari HRD atau pembuat surat. Hal ini bertujuan supaya perusahaan yang nanti dilamar oleh mantan karyawan bisa langsung menghubungi perusahaan yang bersangkutan dengan mudah.
Langkah ini tentunya bisa mempercepat pada proses verifikasi terhadap sejumlah poin yang termuat di dalam surat referensi kerja. Biasanya, perusahaan baru tetap melakukan verifikasi pada perusahaan lama, meskipun sudah ada surat ngan referensi kerja yang dibawa oleh karyawan.
Casa De Ramos Hunian Impian Di Masa Depan
Menemukan rumah hunian yang mengusung konsep mewah klasik memang bukan suatu hal yang mudah. Akan tetapi, saat ini tidak perlu bingung lagi karena PT Multiguna Cipta Mandiri telah menghadirkan perumahan Casa De Ramos sebagai pilihan yang tepat.
Perumahan Casa De Ramos merupakan salah satu perumahan premium yang menawarkan konsep mewah klasik dan modern. Perumahan elit ini sangat cocok untuk dijadikan hunian impian di masa depan bagi Anda yang suka dengan nuansa klasik dan modern.
Casa De Ramos menawarkan rumah hunian bebas banjir yang telah dilengkapi dengan adanya fitur panel surya dan smart home. Perumahan Casa De Ramos menawarkan dua tipe unit rumah yaitu tipe Jazmine dan tipe La Rosa. perumahan Casa De Ramos telah didukung dengan lokasi yang sangat strategis karena berdekatan langsung dengan stasiun MRT dan jalan tol.
Casa De Ramos menjadi rumah nempel Jakarta hanya 1 milyaran yang telah dilengkapi fasilitas memadai untuk memudahkan kegiatan sehari-hari. Perumahan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari rumah mewah klasik di kawasan selatan Jakarta. Download Pricelist Casa De Ramos di Sini.
Itulah contoh surat referensi kerja yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Dalam pembuatan surat referensi kerja harus memperhatikan poin-poin penting supaya bisa menghadirkan informasi jelas di dalamnya.